Archives

  • Pengelolaan Keuangan Negara yang Sustainable
    Vol. 2 No. 1 (2018)

    Ketidakpastian ekonomi secara global turut mempengaruhi pertumbuhan perekonomian di Indonesia.  APBN sebagai instrumen kebijakan fiskal diharapkan dapat mempertahankan target pertumbuhan ekonomi tahun 2018. pada sisi lain pengetatan pasar melalui kebijakan moneter yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia diharapkan tidak memengaruhi investor dalam menanamkan invetasinya di Indoneisa. Pengelolaan Keuangan Negara yang sustainable adalah sebuah keharusan agar Indonesia dapat bertahan dari ancaman ketidakpastian perekonomian global.
  • Menjadi Pengelola Keuangan Negara yang Unggul
    Vol. 1 No. 1 (2017)

    Reformasi Pengelolaan Keuangan Negara menuntut perubahan di berbagai lini. Transformasi Kelembagaan yang telah dicanangkan oleh Kementerian Keuangan sejak tahun 2008 telah membawa perubahan besar dalam pengelolaan keuangan negara. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi perkembangan pengelolaan keuangan di negara-negara lain yang mengarah kepada satu platforms. Disisi lain reformasi dilakukan untuk mengantisipasi perubahan yang diakibatkan oleh perkembangan ekonomi di dalam negeri.

    Pada edisi pertama ini, Jurnal Manajemen Keuangan Publik mengambil tema :" Menjadi Pengelola Keuangan Negara yang Unggul dan Profesional" sebagai refleksi dari hal-hal yang telah dilakukan di lingkungan Kementerian Keuangan. Edisi pertama ini akan dibagi ke dalam 2 (dua) penerbitan dengan 2 sub tema. Khusus untuk Edisi Pertama nomor 1 ini mengambil sub tema : " Menjadi Pengelola Keuangan Negara yang Unggul". Semoga artikel yang dimuat dalam edisi  1 Tahun 2017 memberikan sumbangsih penting dalam pengetahuan keuangan negara.

  • Menjadi Pengelola Keuangan Negara yang Profesional
    Vol. 1 No. 2 (2017)

    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pertumbuhan ekonomi kuartal 1 Tahun 2017 mencapai 5,01 persen atau lebih tinggi dibandingkan kuartal 1 dan kuartal 4 Tahun 2016 masing-masing sebesar 4,92 dan 4,94 persen. Meskipun demikian pemerintah mentargetkan pertumbuhan ekonomi Tahun 2017 sebesar 5,2 persen. Tantangan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sesuai dengan target APBN-P 2017 menuntut kesiapan pengelola keuangan negara untuk lebih profesional dalam menjalanjan tugas dan fungsinya. 

    Jurnal Manajemen Keuangan Publik volume 2 tahun 2017 mengangkat topik tentang kesiapan untuk menjadi pengelola keuangan negara yang profesional melalui berbagai terobosan yang dapat diidentifikasi secara ilmiah. Berbagai hal yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan dapat kita temukan dalam edisi kali ini yang memberikan gambaran kepada kita tentang profesionalitas pengelolaan keuangan negara serta inovasi yang dilakukan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi tahun 2017