DIGITAL BRANDING DAN DESAIN OPTIMALISASI PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM MAKANAN TRADISIONAL DI KABUPATEN SUKOHARJO

Authors

  • Arif Rahman Hakim Universitas Sebelas Maret
  • Tri Mulyaningsih, Lely Ratwianingsih, Mulyadi

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.1068

Keywords:

digital branding, UMKM, Marketing

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UMKM) Peyek oleh Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dijadikan salah satu produk unggulan makanan tradisional. Sebagai permulaan UKM tersebut dibantu akses permodalan dari Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah/BMT (Baitul Maal wa Tamwil). Lembaga ini berkewajiban untuk ikut membina dan mendampingi agar tidak terjadi penyalahgunaan penggunaan modal. Kegiatan pengabdian ini dirancang untuk memperkuat merk peyek sebagai produk unggulan Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan ini merupakan sinergi antara akademisi bekerjasama dengan BMT Fadhilah Sentosa untuk melakukan pendampingan UMKM Peyek agar lebih optimal dalam penjualan produknya. Upaya digital branding perlu dilakukan mengingat kemajuan teknologi informasi sudah sedemikian pesat. Pengabdian ini telah telaksana 4 kegiatan yaitu pelabelan dan packaging, rebranding, inovasi pada pengambilan gambar produk, dan pembuatan akun media sosial serta marketplace. Hasil Pengabdian adalah upaya digital branding belum bisa optimal dikarenkan fokus para pelaku UMKM terbatas pada proses produksi, sehingga dibutuhkan bantuan dari putra-putrinya atau generasi milenial di sekitar UMKM agar bisa mendukung upaya tersebut.

References

BPS. Sukoharjo dalam Angka 2019

Grzesiak, M. (2015). E-BRANDING vs . TRADITIONAL BRANDING. Modern Management Review, XX(22), 89–100.

Kotler, Philip and Gary Amstrong.2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. PT. Ikrar Mandiriabadi. Jakarta

Ramadhan, B. (2020). Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020. Teknoia. https://teknoia.com/data-Internet-di indonesia-dan-perilakunya 880c7bc7cd19

Susanto dan Yunus (2019). The Role Of Food Bloggers In Branding Activities For Traditional Food. International Journal Of Scientific & Technology Research. Volume 8, Issue 08.

Downloads

Published

2020-11-26