PELATIHAN PENYUSUNAN JOBSHEET MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA/ INSTANSI PEMERINTAHAN BAGI TIM MGMP AKUNTANSI PROVINSI SUMATERA BARAT

Authors

  • Vita Fitria Sari Akuntansi, Universitas Negeri Padang
  • Mayar Afriyenti Akuntansi, Universitas Negeri Padang
  • Fefri Indra Arza Akuntansi, Universitas Negeri Padang
  • Mia Angelina Setiawan Akuntansi, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.457

Keywords:

drill learning, jobsheet, kurikulum 2017, praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahan

Abstract

Sejak diterbitkan SK Dirjen Dikdasmen No.130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum SMK Terbaru pada awal tahun 2017 dan yang mulai diberlakukan sejak tanggal 10 Februari 2017 telah membawa banyak perubahan dalam struktur kurikulum SMK. Perubahan yang terjadi adalah munculnya mata pelajaran “praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahan†yang akan diajarkan pada kelas XI dan XII. Permasalahan yang dihadapi adalah akuntansi pemerintahan adalah bidang yang baru bagi tim MGMP Akuntansi Provinsi Sumatera Barat sehingga pemahaman dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah masih terbatas dan sampai saat ini tim MGMP Provinsi Sumatera Barat belum memiliki dan belum mempersiapkan jobsheet untuk mata pelajaran “praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahanâ€, padahal mata pelajaran ini akan mulai diajarkan pada tahun ajaran 2018/2019 untuk kelas XI. Drill learning adalah metode pengajaran yang tepat untuk mata pelajaran “praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahanâ€. Untuk memperlancar metode drill learning maka dibutuhkan media pembelajaran yang berisi latihan-latihan yang dapat dikerjakan oleh siswa berupa jobsheet. Kegiatan ini telah dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mempersiapkan dan menyelesaikan jobsheet mata pelajaran “praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahanâ€, ini dibuktikan pada akhir kegiatan peserta telah dapat menyelesaikan latihan kasus penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah dengan nilai rata-rata 97.72 melebihi target dari kegiatan ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru-guru akuntansi peserta dalam kegiatan ini telah siap untuk mengajar mata pelajaran “praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahan†dengan menggunakan metode drill learning.

References

Abdillah, M.Aris. 2013. Kelengkapan JobSheet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Pada Siswa. Gardan. Vol. 3 No.1, Mei 2013

Candra, Basukisna Setya dan Sudarso. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Drill and Practice Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Pada Permainan Bola Basket (Studi Pada Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Mojokerto. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 02 Nomor 01 Tahun 2014, Halaman 141-145

Susilowati, Erny, Sigit Santoso dan Nurhasan Hamidi. 2013. Penggunaan Metode Pembelajaran Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi. Jupe UNS, Vol.1 No.3 Hal 1 s/d 10

Tanang, Hasan dan Baharin Abu. 2014. Teacher Professionalism and Professional Development Practices in South Sulawesi, Indonesia. Journalof Curriculum and Teaching Vol. 3, No. 2;2014.

www.sciedu.ca/jct

Yusuf, Mohammad Efendi, Agus Suharmanto, Murdani. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Standar Kompetensi Mengukur dengan Menggunakan Alat Ukur. Journal of Mechanical Engineering Learning. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jmel

Downloads

Published

2018-03-05

How to Cite

Sari, V. F., Afriyenti, M., Arza, F. I., & Setiawan, M. A. (2018). PELATIHAN PENYUSUNAN JOBSHEET MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA/ INSTANSI PEMERINTAHAN BAGI TIM MGMP AKUNTANSI PROVINSI SUMATERA BARAT. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.457

Issue

Section

Articles