PELATIHAN PENYUSUNAN JOBSHEET MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA/ INSTANSI PEMERINTAHAN BAGI TIM MGMP AKUNTANSI PROVINSI SUMATERA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.457Keywords:
drill learning, jobsheet, kurikulum 2017, praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahanAbstract
Sejak diterbitkan SK Dirjen Dikdasmen No.130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum SMK Terbaru pada awal tahun 2017 dan yang mulai diberlakukan sejak tanggal 10 Februari 2017 telah membawa banyak perubahan dalam struktur kurikulum SMK. Perubahan yang terjadi adalah munculnya mata pelajaran “praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahan†yang akan diajarkan pada kelas XI dan XII. Permasalahan yang dihadapi adalah akuntansi pemerintahan adalah bidang yang baru bagi tim MGMP Akuntansi Provinsi Sumatera Barat sehingga pemahaman dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah masih terbatas dan sampai saat ini tim MGMP Provinsi Sumatera Barat belum memiliki dan belum mempersiapkan jobsheet untuk mata pelajaran “praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahanâ€, padahal mata pelajaran ini akan mulai diajarkan pada tahun ajaran 2018/2019 untuk kelas XI. Drill learning adalah metode pengajaran yang tepat untuk mata pelajaran “praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahanâ€. Untuk memperlancar metode drill learning maka dibutuhkan media pembelajaran yang berisi latihan-latihan yang dapat dikerjakan oleh siswa berupa jobsheet. Kegiatan ini telah dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mempersiapkan dan menyelesaikan jobsheet mata pelajaran “praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahanâ€, ini dibuktikan pada akhir kegiatan peserta telah dapat menyelesaikan latihan kasus penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah dengan nilai rata-rata 97.72 melebihi target dari kegiatan ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru-guru akuntansi peserta dalam kegiatan ini telah siap untuk mengajar mata pelajaran “praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahan†dengan menggunakan metode drill learning.
References
Abdillah, M.Aris. 2013. Kelengkapan JobSheet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Pada Siswa. Gardan. Vol. 3 No.1, Mei 2013
Candra, Basukisna Setya dan Sudarso. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Drill and Practice Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Pada Permainan Bola Basket (Studi Pada Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Mojokerto. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 02 Nomor 01 Tahun 2014, Halaman 141-145
Susilowati, Erny, Sigit Santoso dan Nurhasan Hamidi. 2013. Penggunaan Metode Pembelajaran Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi. Jupe UNS, Vol.1 No.3 Hal 1 s/d 10
Tanang, Hasan dan Baharin Abu. 2014. Teacher Professionalism and Professional Development Practices in South Sulawesi, Indonesia. Journalof Curriculum and Teaching Vol. 3, No. 2;2014.
www.sciedu.ca/jct
Yusuf, Mohammad Efendi, Agus Suharmanto, Murdani. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Standar Kompetensi Mengukur dengan Menggunakan Alat Ukur. Journal of Mechanical Engineering Learning. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jmel
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.