Pembinaan Usaha Aneka Snack di Kampung Simangu, Pagar Agung, Walantaka

Authors

  • Wahyu Nugroho Teknik Industri, Universitas Serang Raya
  • Fikri Habibi Teknik Industri, Universitas Serang Raya
  • Abdul Fatah Administrasi Negara, Universitas Serang Raya
  • Supriyadi Supriyadi Manajemen, Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.460

Keywords:

Media Sosial, Penjualan, Promosi, Usaha Kecil

Abstract

Usaha kecil menengah merupakan penyangga perekononian Indonesia. Pada prakteknya keberadaan usaha kecil mampu meningkatkan perekonomian desa setempat. Usaha aneka snack di kampung Simangu Pagar Agung merupakan salah satu usaha kecil yang dikelola masyarakat. Pada perkembangannya usaha ini mengalami kendala dalam perluasan pemasaran dan peningkatan penjualan yang disebabkan kemampuan sumber daya yang terbatas dan masih dikelola secara tradisional. Kegiatan pembinaan usaha kecil ini bertujuan untuk meningkatkan promosi dan menciptakan merk dagang dengan pemanfaatan teknologi sehingga penjualan diharapkan meningkat. Hasil kegiatan ini antara lain mendesign logo produk untuk menciptakan brand merk produk, penggunaan media sosial facebook dan instagram sebagai sarana promosi dan pembuatan spanduk dan banner sebagai media promosi langsung ke masyarakat.

References

Jauhari, J. 2010. Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159–168.

Kristiyanti, M. 2012. Peran strategis usaha kecil menengah (UKM) dalam pembangunan nasional. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1), 63–89.

Kuncoro, M. 2000. Usaha Kecil di Indonesia: Profil, Masalah dan Strategi Pemberdayaan. Sumber, 7, 6–8.

Resalawati, A. 2012. Pengaruh perkembangan usaha kecil menengah terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor UKM di Indonesia. Fak. Ekonomi dan Bisnis UIN Syrif Hidayatullah Jakarta.

Siswanto, T. 2013. Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Jurnal Liquidity, 2(1), 80–86.

Sya’roni, D. A. W., & Sudirham, J. J. 2012. Kreativitas dan Inovasi Penentu Kompetensi Pelaku Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Teknologi, 11(01), 1–17.

Downloads

Published

2018-03-05

How to Cite

Nugroho, W., Habibi, F., Fatah, A., & Supriyadi, S. (2018). Pembinaan Usaha Aneka Snack di Kampung Simangu, Pagar Agung, Walantaka. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(1), 35–39. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.460

Issue

Section

Articles