Pembinaan Usaha Aneka Snack di Kampung Simangu, Pagar Agung, Walantaka
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.460Keywords:
Media Sosial, Penjualan, Promosi, Usaha KecilAbstract
Usaha kecil menengah merupakan penyangga perekononian Indonesia. Pada prakteknya keberadaan usaha kecil mampu meningkatkan perekonomian desa setempat. Usaha aneka snack di kampung Simangu Pagar Agung merupakan salah satu usaha kecil yang dikelola masyarakat. Pada perkembangannya usaha ini mengalami kendala dalam perluasan pemasaran dan peningkatan penjualan yang disebabkan kemampuan sumber daya yang terbatas dan masih dikelola secara tradisional. Kegiatan pembinaan usaha kecil ini bertujuan untuk meningkatkan promosi dan menciptakan merk dagang dengan pemanfaatan teknologi sehingga penjualan diharapkan meningkat. Hasil kegiatan ini antara lain mendesign logo produk untuk menciptakan brand merk produk, penggunaan media sosial facebook dan instagram sebagai sarana promosi dan pembuatan spanduk dan banner sebagai media promosi langsung ke masyarakat.
References
Jauhari, J. 2010. Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159–168.
Kristiyanti, M. 2012. Peran strategis usaha kecil menengah (UKM) dalam pembangunan nasional. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1), 63–89.
Kuncoro, M. 2000. Usaha Kecil di Indonesia: Profil, Masalah dan Strategi Pemberdayaan. Sumber, 7, 6–8.
Resalawati, A. 2012. Pengaruh perkembangan usaha kecil menengah terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor UKM di Indonesia. Fak. Ekonomi dan Bisnis UIN Syrif Hidayatullah Jakarta.
Siswanto, T. 2013. Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Jurnal Liquidity, 2(1), 80–86.
Sya’roni, D. A. W., & Sudirham, J. J. 2012. Kreativitas dan Inovasi Penentu Kompetensi Pelaku Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Teknologi, 11(01), 1–17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 KUAT : Keuangan dan Akuntansi Terapan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.