MENGEMBANGKAN UKM MELALUI PELATIHAN INTERNET MARKETING DI KECAMATAN LENGKONG KOTA BANDUNG

Authors

  • Mira Veranita Administrasi Bisnis, Politeknik Piksi Ganesha
  • Yuda Syahidin Sistem Informasi, Politeknik Piksi Ganesha
  • Gunardi Gunardi Komputer Akuntansi, Politeknik Piksi Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.461

Keywords:

Internet Marketing, UKM, blog, medsos

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia, memiliki peran penting dalam pertumbuhan eknomi dan penyerapan tenaga kerja. Selain itu, UKM juga memiliki keunggulan lain yaitu memiliki kecepatan inovasi, memiliki fleksibilitas dan biaya operasional yang rendah. Namun dalam perkembangannya, UKM di Indonesia juga mengalami berbagai permasalahan, antara lain hambatan dalam pemasaran yaitu kesulitan memperkenalkan produk-produknya dan memperluas area pemasaran, khususnya dengan memanfaatkan teknologi Internet Marketing. Untuk mengatasi masalah tersebut, telah diselenggarakan Pelatihan Internet Marketing bagi UKM di Kecamatan Lengkong Kota Bandung, yang memperkenalkan peserta pada pengertian, manfaat, metode, strategi, teknik dan lingkungan Internet marketing dengan memanfaatkan Medsos, Blog, Mesin Pencari, Market Place dan Video marketing. Setelah Pelatihan ini dilaksanakan, diharapkan UKM meningkat pengetahuan dan kesadarannya tentang pentingnya Internet Marketing, dan memanfaatkannya dalam pengembangan pemasaran produknya.

References

Asriani, 2011. “Pemanfaatan Internet Marketing Dalam Pemasaran Produk Unggulan Pertanian Provinsi Gorontalo†Jurnal Komunikasi Kareba,no.3 Vol.1

Hapsari, Ira Maya. 2014. “Identifikasi Berbagai Permasalahan Yang Dihadapi Oleh Ukm Dan Peninjauan Kembali Regulasi Ukm Sebagai Langkah Awal Revitalisasi Ukm.†Permana 5 V:43–47. Retrieved

(https://media.neliti.com/media/publications/15

-ID-identifikasi-berbagai-permasalahanyang.

pdf).

Hapsari, Pradnya Paramita, Abdul Hakim, and Saleh Soeaidy. 2014. “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah ( UKM ) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi Di Pemerintah Kota Batu).†Wacana 17(2):88–96.

Syahidin, Yuda, 2014. Penerapan Teknologi ECommerce dalam Bisnis Penjualan Produk secara On Line (Studi Kasus di PT Sakura Bandung), Jurnal Bisnis Wirausaha ISSN 1693-234X Volume 9 No.1 Februari 2014

Veranita, Mira, 2018. Pelatihan Fotografi Dasar bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kecamatan Lengkong Kota Bandung, Jurnal Dharma bakti Ekuitas, P3M STIE Ekuitas

Yanuar, Yudhi, 2016. Aplikasi Berbasis Web Untuk Pengelolaan Beban Dan Penyusunan Laporan Arus Kas (Studi Kasus Di Hotel Sofyan Inn Specia Bandung), e-Proceeding of Applied Science:

Vol.2, No.3 December 2016

Downloads

Published

2018-03-05

How to Cite

Veranita, M., Syahidin, Y., & Gunardi, G. (2018). MENGEMBANGKAN UKM MELALUI PELATIHAN INTERNET MARKETING DI KECAMATAN LENGKONG KOTA BANDUNG. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(1), 41–48. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.461

Issue

Section

Articles