EDUKASI PEMBUATAN PEMBERSIH LANTAI DARI MINYAK JELANTAH PADA SMK AL MAHSOEM DESA SINDANG HEULA KABUPATEN SERANG

Harsiti Harsiti, Vidila Rosalina, Tb. Ai Munandar, Abdul Bahits

Abstract


keterampilan siswa dan siswi SMK Al Mashoem untuk mengolah limbah yang berasal dari rumah tangga yaitu minyak jelantah, minyak yang sudah berulang kali dipakai menggoreng atau mengolah makanan. Pengolahan minyak jelantah menjadi pembersih lantai memiliki manfaat dalam hal kesehatan, kebersihan lingkungan dan ekonomi. Keterampilan mendaur ulang minyak jelantah ini menjadi alternatif untuk mencegah pemakaian minyak jelantah dalam memasak sehingga salah satu penyebab penyakit kanker dapat dihindari. Keterampilan ini juga akan mencegah polusi pada tanah dan air karena minyak jelantah tidak dibuang sembarangan. Terlebih lagi, hasil daur ulang yang berupa cairan pembersih lantai mempunyai nilai ekonomi lebih banyak dari minyak jelantah. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMK Al Mashoem, sekolah perintis yang ada di Desa Sindang Heula Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang. Jumlah kelas dan muridnya yang belum banyak mempermudah memberikan edukasi melalui kegiatan pengabdian ini. Edukasi pengelolaan minyak jelantah menjadi pembersih lantai ini diharapkan mampu memberikan motivasi besar baik untuk siswa-siswi dan pihak sekolah karena misi sekolah adalah menghasilkan siswa-siswi memiliki jiwa enterpreuner. Produk yang dihasilkan dapat dipasarkan ke masyarakat sekitar dengan harga yang terjangkau dan penghasilannya dapat dimanfaatkan untuk mendukung operasional sekolah dalam menciptakan siswa-siswi yang berjiwa wirausaha dan mandiri.


Keywords


minyak jelantah; daur ulang; edukasi; enterpreuner

Full Text:

PDF

References


Profil SMK AL Mashoem Banten

Profil Permadani Serang

Prabowo, Sigit Ari, Januari 2016, Pemberdayaan Masyarakat Desa Mojopurno Melalui Pelatihan Pembuatan Sabun dari Limbah Minyak Jelantah, Jurnal Terapan Abdimas Vol. 1 No. 1 Januari 2016

Ahmadi, dkk, Oktober 2016, Ipteks bagi Masyarakat (ibm) Pengolahan Minyak Jelantah Menjadi Biodiesel di Tanjung Karang Kota Mataram, Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, e-ISSN: 2541-626X Volume 1 Nomor 1, Oktober 2016.

Mariani, Tika Fabel, 2017, Pembuatan Sabun Cair dari Minyak Jelantah Yang Telah Diolah Menggunakan Abu Sekam Padi Dengan Mempelajari Variasi Konsentrasi KOH, Skripsi Sarjana Kimia, Fakultas MIPA Universitas Andalas, 2017.

https://www.greeners.co/berita/minyak-jelantahberpotensi-cemari-air-dan-tanah/ Tanggal akses 4 Oktober 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.31092/kuat.v1i1.463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KUAT : Keuangan dan Akuntansi Terapan



Indexed by

Creative Commons License

Jurnal KUAT by Unit Penerbitan PKN STAN is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2020, Politeknik Keuangan Negara STAN. All Rights Reserved.