EDUKASI PEMBUATAN PEMBERSIH LANTAI DARI MINYAK JELANTAH PADA SMK AL MAHSOEM DESA SINDANG HEULA KABUPATEN SERANG

Authors

  • Harsiti Harsiti Program Studi Sistem Informasi, FTIUNSERA
  • Vidila Rosalina Program Studi Sistem Informasi, FTIUNSERA
  • Tb. Ai Munandar Program Studi Sistem Informasi, FTIUNSERA
  • Abdul Bahits Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.463

Keywords:

minyak jelantah, daur ulang, edukasi, enterpreuner

Abstract

keterampilan siswa dan siswi SMK Al Mashoem untuk mengolah limbah yang berasal dari rumah tangga yaitu minyak jelantah, minyak yang sudah berulang kali dipakai menggoreng atau mengolah makanan. Pengolahan minyak jelantah menjadi pembersih lantai memiliki manfaat dalam hal kesehatan, kebersihan lingkungan dan ekonomi. Keterampilan mendaur ulang minyak jelantah ini menjadi alternatif untuk mencegah pemakaian minyak jelantah dalam memasak sehingga salah satu penyebab penyakit kanker dapat dihindari. Keterampilan ini juga akan mencegah polusi pada tanah dan air karena minyak jelantah tidak dibuang sembarangan. Terlebih lagi, hasil daur ulang yang berupa cairan pembersih lantai mempunyai nilai ekonomi lebih banyak dari minyak jelantah. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMK Al Mashoem, sekolah perintis yang ada di Desa Sindang Heula Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang. Jumlah kelas dan muridnya yang belum banyak mempermudah memberikan edukasi melalui kegiatan pengabdian ini. Edukasi pengelolaan minyak jelantah menjadi pembersih lantai ini diharapkan mampu memberikan motivasi besar baik untuk siswa-siswi dan pihak sekolah karena misi sekolah adalah menghasilkan siswa-siswi memiliki jiwa enterpreuner. Produk yang dihasilkan dapat dipasarkan ke masyarakat sekitar dengan harga yang terjangkau dan penghasilannya dapat dimanfaatkan untuk mendukung operasional sekolah dalam menciptakan siswa-siswi yang berjiwa wirausaha dan mandiri.

References

Profil SMK AL Mashoem Banten

Profil Permadani Serang

Prabowo, Sigit Ari, Januari 2016, Pemberdayaan Masyarakat Desa Mojopurno Melalui Pelatihan Pembuatan Sabun dari Limbah Minyak Jelantah, Jurnal Terapan Abdimas Vol. 1 No. 1 Januari 2016

Ahmadi, dkk, Oktober 2016, Ipteks bagi Masyarakat (ibm) Pengolahan Minyak Jelantah Menjadi Biodiesel di Tanjung Karang Kota Mataram, Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, e-ISSN: 2541-626X Volume 1 Nomor 1, Oktober 2016.

Mariani, Tika Fabel, 2017, Pembuatan Sabun Cair dari Minyak Jelantah Yang Telah Diolah Menggunakan Abu Sekam Padi Dengan Mempelajari Variasi Konsentrasi KOH, Skripsi Sarjana Kimia, Fakultas MIPA Universitas Andalas, 2017.

https://www.greeners.co/berita/minyak-jelantahberpotensi-cemari-air-dan-tanah/ Tanggal akses 4 Oktober 2018

Downloads

Published

2018-03-05

How to Cite

Harsiti, H., Rosalina, V., Munandar, T. A., & Bahits, A. (2018). EDUKASI PEMBUATAN PEMBERSIH LANTAI DARI MINYAK JELANTAH PADA SMK AL MAHSOEM DESA SINDANG HEULA KABUPATEN SERANG. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(1), 57–61. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.463

Issue

Section

Articles