MEDIA PROMOSI “CAKERY MAMAH HANI†DI ERA DIGITAL, JANGAN LUPAKAN PROMOSI OFFLINE
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.464Keywords:
Cipendawa, community development, cupcake, pengembangan usaha, Desa PacetAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat di desa Cipendawa, Pacet, Jawa Barat adalah melakukan pengembangan usaha baik dalam bidang operasi, tenaga kerja, promosi, keuangan, dan distribusi. Pemilik usaha atau yang disebut mitra merupakan produsen kue cupcake yang sudah berjualan sejak 2014. Produk cupcake ini terbentuk dari kue yang dihias sedemikian rupa dengan perpaduan krim kue berwarna yang tentunya digemari oleh para konsumennya. Mulanya, konsumen fokus ditargetkan pada anak kecil namun sekarang sudah meluas menjadi masyarakat sekitar daerah Cianjur. Tim peneliti menggunakan analisis SWOT serta melakukan riset dalam pasar melalui observasi langsung dan wawancara. Hasil kegiatan community development terhadap usaha mitra tim peneliti adalah meningkatnya penjualan produk usaha cupcake melalui promosi offline, wilayah pendistribusian lebih luas, serta pengembangan jenis cupcake menjadi bisa di-custom sesuai keinginan dari para konsumen.
References
Rangkuti, Freddy., 2011., SWOT Balanced Scorecard Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.