PENGENALAN APLIKASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DESA HARJATANI

Authors

  • Vidila Rosalina
  • Hamdan Hamdan Sistem Informasi, Universitas Serang Raya
  • Harsiti Harsiti Ekonomi, Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v1i2.465

Keywords:

Aplikasi E-CRM UMKM, Desa Harjatani, Retensi Pelanggan, UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa Harjatani sebagian besar masih dikelola dengan metode konvensional karena sentuhan teknologi informasi belum dilakukan secara optimal. Salah satu pendekatan bisnis modern adalah dengan memperhatikan faktor pelanggan, bukan saja sebelum transaksi, tapi tidak kalah penting adalah setelah transaksi. Sistem Teknologi Informasi yang digunakan untuk mengelola pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan retensi pelanggan ini disebut dengan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM). Perangkat lunak E-CRM yang sekarang ada lebih berorientasi ke perusahaan besar yang sudah mapan, sehingga manfaatnya belum bias menyentuh UMKM. Pengabdian ini mencoba melakukan pengenalan aplikasi E-CRM pada para pelaku UMKM di Desa Harjatani Kecamatan Kramatwatu kabupaten serang Provinsi Banten dalam upaya untuk meningkatkan retensi pelanggan UMKM. Aplikasi E-CRM ini akan membantu UMKM dalam pengelolaan hubungan dengan pelanggan sehingga dapat meningkatkan daya saingnya dengan perusahaan lain dalam mempertahankan bisnis yang dijalankan dan sebagai sarana untuk memperoleh pasar baru yang lebih luas. Hasil pengabdian ini diharapkan mampu memperkenalkan aplikasi E-CRM UMKM dan pentingnya E-CRM dalam upaya meningkatkan retensi pelanggan UMKM.

References

Danardatu, Aloysius Heru. 2003, Pengenalan Customer Relationship Management, Ilmu Komputer.com.

Rifa’i, B. 2013. Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Kebijakan dan Manajemen Publik, 130-136.

Rosalina, Vidila., dkk. 2017. Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Modeling on Micro, Small & Medium Enterprises (MSMEs) Banten, IJCA October 2017 Edition, New York, USA.

Rosalina, Vidila, dkk. 2017. Model Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Menggunakan Adaptasi Bahasa Lokal Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Banten, Prosiding SENASSET 2017 (Seminar Nasional Riset Terapan) ISBN 978-602-73672-0-3 : 12, November 2017.

Rosalina, Vidila, dkk. 2017. Sosialisasi Manfaat E-CRM dalam Upaya Meningkatkan Retensi Pelanggan UMKM Cilegon. Jurnal Pengabdian Masyarakat Wikrama Parahita Vol 1 No 1, November 2017.

Rosalina, Vidila, dkk. 2018. Implementasi ISO/IEC 9126 pada Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Informasi 2018 (SNARTISI 2018) tanggal 01-03 November 2018. Fakultas Teknologi Informasi Universitas Serang Raya.

Sawitri,P., Wulandari, L., Simri, L.I.W. 2012. CRM untuk UKM, Konferensi Nasional Sistem Informasi 2012, STMIK - STIKOM Bali 23-25 Pebruari 2012.

Downloads

Published

2019-06-19

How to Cite

Rosalina, V., Hamdan, H., & Harsiti, H. (2019). PENGENALAN APLIKASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DESA HARJATANI. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(2), 71–75. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i2.465

Issue

Section

Articles