MEMBANGUN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI EDUKASI DAN PELATIHAN WIRAUSAHA KREATIF

F.S. Handika, S.U. Azhara

Abstract


Desa Sangiang merupakan suatu wilayah yang berada di Kecamatan Mancak Kabupaten Serang dengan salah satu potensi usaha yang dimilikinya yaitu produk emping. Dalam usaha produk emping tersebut, masyarakat setempat menjalankannya secara perorangan, menjual emping yang masih dalam kondisi mentah, dan hanya memasarkan di pasar-pasar sekitar wilayah tersebut. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat dan wawasan kewirausahaan serta pengelolaan usaha yang masih bersifat konvensional. Kegiatan pendidikan kewirausahaan ini bertujuan untuk meningkatkan minat kewirausahaan masyarakat setempat, meningkatkan nilai jual produk, dan mengembangkan sistem pemasaran yang ada, sehingga diharapkan kualitas dan penjualan produk meningkat. Hasil dari kegiatan ini adalah membentuk Kelompok Usaha Masyarakat agar pengelolaan usaha lebih terarah dan terorganisasi dengan lebih baik, mengembangkan produk emping mentah menjadi emping balado dengan kemasan yang menarik, serta menjalin kerja sama dengan pihak lain dan memanfaatkan media online sebagai sarana pemasaran produk.


Keywords


kewirausahaan; pemasaran; pengembangan produk; emping

Full Text:

PDF

References


Alimudin, A. (2015). Strategi pengembangan minat wirausaha melalui proses pembelajaran. E-Jurnal Manajemen Kinerja, 1(1), 1-13.

Frinces, Z. H. (2010). Pentingnya profesi wirausaha di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 7(1), 34-57.

Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(1), 8-16.

Hapsari, P. P., Hakim, A., dan Soeaidy, S. (2014). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi di Pemerintah Kota Batu). WACANA, Jurnal Sosial dan Humaniora, 17(2), 88-96.

Jauhari, J. (2010). Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159-168.

Putra, R. A. (2013). Faktor-Faktor Penentu Minat Mahasiswa Manajemen Untuk Berwirausaha (Studi Mahasiswa Manajemen FE Universitas Negeri Padang). Jurnal Manajemen, 1(1), 1-15.

Rahmana, A. (2009). Peranan teknologi informasi dalam peningkatan daya saing usaha kecil menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi lnformasi 2009 (SNATI 2009), 11-15.




DOI: http://dx.doi.org/10.31092/kuat.v1i2.467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KUAT : Keuangan dan Akuntansi Terapan



Indexed by

Creative Commons License

Jurnal KUAT by Unit Penerbitan PKN STAN is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2020, Politeknik Keuangan Negara STAN. All Rights Reserved.