MEMBANGUN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI EDUKASI DAN PELATIHAN WIRAUSAHA KREATIF
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v1i2.467Keywords:
kewirausahaan, pemasaran, pengembangan produk, empingAbstract
Desa Sangiang merupakan suatu wilayah yang berada di Kecamatan Mancak Kabupaten Serang dengan salah satu potensi usaha yang dimilikinya yaitu produk emping. Dalam usaha produk emping tersebut, masyarakat setempat menjalankannya secara perorangan, menjual emping yang masih dalam kondisi mentah, dan hanya memasarkan di pasar-pasar sekitar wilayah tersebut. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat dan wawasan kewirausahaan serta pengelolaan usaha yang masih bersifat konvensional. Kegiatan pendidikan kewirausahaan ini bertujuan untuk meningkatkan minat kewirausahaan masyarakat setempat, meningkatkan nilai jual produk, dan mengembangkan sistem pemasaran yang ada, sehingga diharapkan kualitas dan penjualan produk meningkat. Hasil dari kegiatan ini adalah membentuk Kelompok Usaha Masyarakat agar pengelolaan usaha lebih terarah dan terorganisasi dengan lebih baik, mengembangkan produk emping mentah menjadi emping balado dengan kemasan yang menarik, serta menjalin kerja sama dengan pihak lain dan memanfaatkan media online sebagai sarana pemasaran produk.
References
Alimudin, A. (2015). Strategi pengembangan minat wirausaha melalui proses pembelajaran. E-Jurnal Manajemen Kinerja, 1(1), 1-13.
Frinces, Z. H. (2010). Pentingnya profesi wirausaha di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 7(1), 34-57.
Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(1), 8-16.
Hapsari, P. P., Hakim, A., dan Soeaidy, S. (2014). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi di Pemerintah Kota Batu). WACANA, Jurnal Sosial dan Humaniora, 17(2), 88-96.
Jauhari, J. (2010). Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159-168.
Putra, R. A. (2013). Faktor-Faktor Penentu Minat Mahasiswa Manajemen Untuk Berwirausaha (Studi Mahasiswa Manajemen FE Universitas Negeri Padang). Jurnal Manajemen, 1(1), 1-15.
Rahmana, A. (2009). Peranan teknologi informasi dalam peningkatan daya saing usaha kecil menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi lnformasi 2009 (SNATI 2009), 11-15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.