WORKSHOP PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASAR SAK EMKM KEPADA UMKM DI KECAMATAN KARANGPAWITAN KABUPATEN GARUT

Dini Wahjoe Hapsari, Dudi Pratomo, Khairunnisa Khairunnisa

Abstract


merupakan salah satu pelaku bisnis yang disorot oleh pemerintah. Rata-rata mereka adalah pebisnis baru yang memulai usahanya. Munculnya mereka sedikitnya membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran. UMKM sebagai pelaku bisnis diwajibkan melaporkan aktivitas bisnis dalam bentuk Laporan Keuangan. Para pelaku UMKM saat ini banyak yang belum melakukan pembukuan secara baik, sehingga mereka tidak memiliki laporan keuangan yang dibutuhkan. Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) telah mengeluarkan standar akuntansi penyusunan laporan keuangan bagi para pelaku UMKM yang disebut Standar Akuntansi Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM). SAK EMKM ini diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pelaporan keuangan pelaku UMKM. Dengan adanya SAK EMKM ini para pelaku UMKM di Indonesia dapat menyusun laporan keuangannya dengan tepat tanpa harus terjebak dalam kerumitan standar akuntansi keuangan yang ada saat ini. Standar Akuntansi EMKM ini merupakan standar akuntansi keuangan yang jauh lebih sederhana bila dibandingkan dengan SAK ETAP. Pada program pengabdian ini akan diberikan pelatihan bagi para pelaku UMKM di Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut. Maka, diharapkan kegiatan pengabdian ini dapat menambah pengetahuan bagi para pelaku UMKM untuk penyusunan laporan keuangan.


Keywords


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM); SAK EMKM; Laporan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Ikatan Akuntan Indonesia. 2016. Standar Akuntansi Keuangan per 1 Juli 2017. Jakarta : Salemba Empat

Ikatan Akuntantan Indonesia, 2016. Standar Akuntansi Keuangan Enitas Mikro Kecil dan Menengah per 1 Januari 2018, Jakarta :

Salemba Empat

Kieso, D.D., Weygandt, J. J., Warfield, T.D. 2014. Intermediate Accounting, IFRS Edition, 2nd ed., Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons

Martani, Dwi et all. 2016. Akuntansi Keuangan 1, Jakarta, Salemba Empat

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor. 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah




DOI: http://dx.doi.org/10.31092/kuat.v1i2.468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KUAT : Keuangan dan Akuntansi Terapan



Indexed by

Creative Commons License

Jurnal KUAT by Unit Penerbitan PKN STAN is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2020, Politeknik Keuangan Negara STAN. All Rights Reserved.