PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI PELATIHAN PENGOLAHAN SUKUN MENJADI PRODUK YANG MEMILIKI NILAI JUAL TINGGI

Authors

  • Angga Aditya Permana Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nurdiana Handayani Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Rohmat Taufiq Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v1i2.470

Keywords:

Daya Minat Kewirausahaan, Teknologi Informasi, Home Industri, Keripik Sukun

Abstract

Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang adalah desa yang terbentuk dari pemecahan Desa Kedaung Barat. Berdasarkan data yang diperoleh dari kegiatan KKN Universitas Muhammadiyah Tangerang adalah rata-rata mata pencarian warga Desa Lebak Wangi adalah buruh maka dalam membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarga, ibu rumah tangga membantu untuk mencukupi kebutuhan keluarga dengan melakukan wirausaha. Salah satu cara dengan memanfaatkan potensi ibu rumah tangga dalam memproduksi keripik sukun yang kompetitif dalam nilai jual dan bagaimana teknologi informasi mendukung kegiatan wirausaha yang mempunyai nillai ekonomis. Tujuan dari kegiatan ini adalah memanfaatkan sumber daya alam yang dipunyai oleh Desa Lebak Wangi, meningkatkan daya minat kewirausahaan bagi para ibu rumah tangga, pemahaman tentang teknologi informasi dan sistem informasi dalam menunjang wirausaha, menerapkan konsep kegiatan wirausaha sosial dalam kelompok-kelompok usaha masyarakat yang tergabung dalam kelompok home industri, menguranggi tingkat pengganguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

References

Baso Saleh & Yayat D. Hadiyat, 2016, Penggunaan Teknologi Informasi di Kalangan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Daerah Perbatasan (Studi di Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur), Jurnal Pekommas, Volume 01 – No. 02 Oktober 2016 (141- 152)

Jain, Monika, 2012, Social Entrepreneurship – Using Business Methods to Solve Sosial Problems: The Case of Kotwara, Decision, Vol.39, No.3, Desember 2012.

Meredith, G. G. (2005). Kewirausahaan: Teori dan praktek. Jakarta: PPM.

Thomas W. Zimmerer & Norman M. Scarborough. 2005. Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil, Jakarta: Indeks

Downloads

Published

2018-03-05

How to Cite

Permana, A. A., Handayani, N., & Taufiq, R. (2018). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI PELATIHAN PENGOLAHAN SUKUN MENJADI PRODUK YANG MEMILIKI NILAI JUAL TINGGI. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(2), 105–110. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i2.470

Issue

Section

Articles