PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI PELATIHAN PENGOLAHAN SUKUN MENJADI PRODUK YANG MEMILIKI NILAI JUAL TINGGI

Angga Aditya Permana, Nurdiana Handayani, Rohmat Taufiq

Abstract


Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang adalah desa yang terbentuk dari pemecahan Desa Kedaung Barat. Berdasarkan data yang diperoleh dari kegiatan KKN Universitas Muhammadiyah Tangerang adalah rata-rata mata pencarian warga Desa Lebak Wangi adalah buruh maka dalam membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarga, ibu rumah tangga membantu untuk mencukupi kebutuhan keluarga dengan melakukan wirausaha. Salah satu cara dengan memanfaatkan potensi ibu rumah tangga dalam memproduksi keripik sukun yang kompetitif dalam nilai jual dan bagaimana teknologi informasi mendukung kegiatan wirausaha yang mempunyai nillai ekonomis. Tujuan dari kegiatan ini adalah memanfaatkan sumber daya alam yang dipunyai oleh Desa Lebak Wangi, meningkatkan daya minat kewirausahaan bagi para ibu rumah tangga, pemahaman tentang teknologi informasi dan sistem informasi dalam menunjang wirausaha, menerapkan konsep kegiatan wirausaha sosial dalam kelompok-kelompok usaha masyarakat yang tergabung dalam kelompok home industri, menguranggi tingkat pengganguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat.


Keywords


Daya Minat Kewirausahaan; Teknologi Informasi; Home Industri; Keripik Sukun

Full Text:

PDF

References


Baso Saleh & Yayat D. Hadiyat, 2016, Penggunaan Teknologi Informasi di Kalangan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Daerah Perbatasan (Studi di Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur), Jurnal Pekommas, Volume 01 – No. 02 Oktober 2016 (141- 152)

Jain, Monika, 2012, Social Entrepreneurship – Using Business Methods to Solve Sosial Problems: The Case of Kotwara, Decision, Vol.39, No.3, Desember 2012.

Meredith, G. G. (2005). Kewirausahaan: Teori dan praktek. Jakarta: PPM.

Thomas W. Zimmerer & Norman M. Scarborough. 2005. Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil, Jakarta: Indeks




DOI: http://dx.doi.org/10.31092/kuat.v1i2.470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KUAT : Keuangan dan Akuntansi Terapan



Indexed by

Creative Commons License

Jurnal KUAT by Unit Penerbitan PKN STAN is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2020, Politeknik Keuangan Negara STAN. All Rights Reserved.