PEMANFAATAN PRODUK PRELOVED UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v1i2.471Keywords:
preloved, experiential learning, matematikaAbstract
Pada saat sekarang ini, sudah banyak kita lihat pemanfaatan preloved atau barang bekas yang menghasilkan barang baru yang sangat memiliki nilai dan berdaya guna, hal inilah yang mendasari penulis menggunakan media produk preloved dalam proses pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 kota Serang pada materi pengukuran, sudut dan garis serta bangun datar. Dengan berbasis experiential learning yang menekankan pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru tetapi juga pada siswa, sehingga siswa mendapatkan pengalaman karena membuat sendiri media pembelajarannya, maka terlihat hasil pembelajaran siswa menunjukkan adanya peningkatan antara hasil pretes dengan hasil post-test. Sebelum pembelajaran experiential learning dengan pemanfaatan produk preloved rata – rata kemampuan awal matematis siswa sebesar 32,45 namun setelah pembelajaran experiential learning dengan pemanfaat produk preloved terdapat peningkatan rata – rata kemampuan justifikasi sebesar 42,31. Dengan demikian terdapatnya efektivitas yang posistif dalam pembelajaran matematika melalui pemanfaatan produk barang bekas.
References
Fathurrahman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kolb David. (1984). Experiential Learnng, Experiential as the Source of Learning and development. New York. International Inc Publishing.
Sheffield, L. J. (2003). Extending the challenge in mathematics: Developing mathematical promise in K-8 students. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
Shadiq, F. (2004). Kemampuan hipotesis, Berpikir kritis dan Komunikasi. Yogyakarta: Depdiknas, P4TK Matematika Yogyakarta.
Sudjana, nana.(2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algsindo.
Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah: Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: JICA-UPI Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.