PEMANFAATAN PRODUK PRELOVED UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING

Authors

  • Yani Supriani Pendidikan Matematika, UNSERA
  • Giyanti Giyanti Pendidikan Matematika, UNSERA
  • Usep Sholahudin Pendidikan Matematika, UNSERA

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v1i2.471

Keywords:

preloved, experiential learning, matematika

Abstract

Pada saat sekarang ini, sudah banyak kita lihat pemanfaatan preloved atau barang bekas yang menghasilkan barang baru yang sangat memiliki nilai dan berdaya guna, hal inilah yang mendasari penulis menggunakan media produk preloved dalam proses pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 kota Serang pada materi pengukuran, sudut dan garis serta bangun datar. Dengan berbasis experiential learning yang menekankan pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru tetapi juga pada siswa, sehingga siswa mendapatkan pengalaman karena membuat sendiri media pembelajarannya, maka terlihat hasil pembelajaran siswa menunjukkan adanya peningkatan antara hasil pretes dengan hasil post-test. Sebelum pembelajaran experiential learning dengan pemanfaatan produk preloved rata – rata kemampuan awal matematis siswa sebesar 32,45 namun setelah pembelajaran experiential learning dengan pemanfaat produk preloved terdapat peningkatan rata – rata kemampuan justifikasi sebesar 42,31. Dengan demikian terdapatnya efektivitas yang posistif dalam pembelajaran matematika melalui pemanfaatan produk barang bekas.

References

Fathurrahman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kolb David. (1984). Experiential Learnng, Experiential as the Source of Learning and development. New York. International Inc Publishing.

Sheffield, L. J. (2003). Extending the challenge in mathematics: Developing mathematical promise in K-8 students. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Shadiq, F. (2004). Kemampuan hipotesis, Berpikir kritis dan Komunikasi. Yogyakarta: Depdiknas, P4TK Matematika Yogyakarta.

Sudjana, nana.(2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algsindo.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah: Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: JICA-UPI Bandung.

Downloads

Published

2018-03-05

How to Cite

Supriani, Y., Giyanti, G., & Sholahudin, U. (2018). PEMANFAATAN PRODUK PRELOVED UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(2), 111–115. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i2.471

Issue

Section

Articles