PERAN RPTRA DAN UNIVERSITAS DALAM MENDUKUNG UMK MENGEMBANGKAN USAHA

Authors

  • Johannes H. Siregar Program Studi Sistem Informasi, Universitas Pembangunan Jaya
  • Teddy M. Dradjat Program Studi Desain Produk, Universitas Pembangunan Jaya

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v1i2.473

Keywords:

produk kreatif, UMK, komunitas lokal, ekonomi urban

Abstract

Berjalannya kehidupan ekonomi dan sosial pada sektor usaha skala mikro, kecil dan menengah penting untuk mendapat perhatian dan dukungan dari berbagai pihak dalam hal pengembangannya yang a. Walaupun sudah ada dukungan Pemerintah untuk sektor usaha ini dari berbagai aspek seperti peraturan dan keuangan sudah ada, namun masih banyak pelaku usaha yang sulit mengembangkan usahanya. Kesulitan ini juga terjadi di daerah perkotaan seperti Jakarta dengan populasi penduduk yang padat dan mempunyai banyak pelaku usaha pada sektor usaha mikro ini. Hal khusus pada aspek-aspek yang berhubungan dengan masalah pengembangan usaha mikro menjadi hal penting untuk diperhatikan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan jasa konsultasi dan pelatihan yang diperlukan dalam menunjang pengembangan usaha mikro. Kegiatan ini dari Universitas Pembangunan Jaya ditujukan untuk pelaku usaha yang terkait dengan program RPTRA pada kelurahan Cideng di Jakarta. Tahapan kegiatan diawali dengan mengevaluasi keterbatasan usaha mikro yang membutuhkan bantuan. Sejalan dengan PT Pembanguan Jaya yang memberikan pinjaman bantuan modal bagi pelaku usaha mikro, maka Universitas memberikan jasa konsultasi dan pelatihan, dengan pengawasan dilakukan oleh pengelola RPTRA. Program bantuan untuk pelaku usaha mikro telah berjalan selama satu tahun. Kerjasama pengelola RPTRA dan antar pelaku usaha mikro berhasil mengembalikan bantuan modal dengan baik. Hasil yang didapatkan pelaku usaha yang bergabung dalam kelompok usaha berhasil menambah omzet penjualan dan beberapa pelaku berhasil menambah komiditi baru untuk usaha penjualannya. Memberdayakan komunitas dengan dukungan pemerintah lokal setempat dan melibatkan partisipasi Universitas dengan pihak yang terkaitnya, dapat mendukung usaha mikro kecil untuk melakukan pengembangan usahanya.

References

Beugelsdijk, S., 2010, Entrepreneurial Culture, Regional

Innovatives and Economic Growth. Dalam A.

Freytags and R. Thurik (Eds.), Entreprenuership

and Culture, Berlin: Springer

Churchman, A. dan Sadan, E., 2004. Public

participation in environmental design

and planning. Dalam C. Spielberger (Ed.).

Encyclopedia of applied psychology. Oxford:

Elsevier

Folmer, 2017, Plt Gubernur Resmikan Pusat

Pengembangan Usaha Kecil RPTRA, (Online),

(http://www.beritajakarta.id/ diakses April 09,

Sadan, E., 2004, Empowerment and Community

Planning, Translated from Hebrew by Richard

Flantz. Ebook. [online][cited: 2014-02-20]

Saviolo, S., 2016, Managing Creativity and Creative

Processes in Symbol-intensive Companies,

Milano:EGEA

Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI,

, Panduan Optimalisasi Media Sosial

untuk Kementerian Perdagangan RI, Jakarta:

Kementerian Perdagangan RI

Tobing, A.G.L., 2017, RPTRA Multifungsi untuk

Kegiatan Masyarakat, (Online), (http://www.

beritajakarta.id/ diakses 5 Juni 2017)

Downloads

Published

2018-03-05

How to Cite

H. Siregar, J., & Dradjat, T. M. (2018). PERAN RPTRA DAN UNIVERSITAS DALAM MENDUKUNG UMK MENGEMBANGKAN USAHA. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(2), 123–129. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i2.473

Issue

Section

Articles