PATJI.COM: DIGITAL MARKETING KOMUNIKASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN TEGAL
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v1i3.626Keywords:
Industri Logam, Digital marketing communication, Website, internet of things, Ekonomi, Kearifan lokalAbstract
Ungkapan Tegal (dalam hal ini Kabupaten Tegal) sebagai Jepangnya Indonesia, bermula dari industri pengolahan logam yang menjadi salah satu potensi unggulan daerah sejak puluhan tahun yang lalu dan bahkan hingga kini konsisten menjadi penyumbang lebih dari 25 persen setiap tahunnya pada Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Tegal. Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menjawab tantangan Pemerintah Indonesia dengan merilis Potji.com sebagai salah satu mimpi besar Kabupaten Tegal untuk bisa merevolusi perekonomian Kabupaten Tegal di era digital dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan menggeliatkan bisnis Industri Kecil Menengah (IKM), khususnya sentra logam melalui digital marketing communication. Hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa hingga saat ini industri logam di Kabupaten Tegal masih mengalami kendala utama dalam pemasaran, penguasaan IT dan kualitas SDM. Berkaitan dengan masalah tersebut, Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) ini berusaha untuk mengajak mitra memanfaatkan potji.com dengan memberikan workshop dan intensive coaching clinic mengenai digital marketing communication berbasis kearifan lokal. Tujuan dari kegiatan Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) ini adalah (1) meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap positioning Kabupaten Tegal sebagai Jepangnya Indonesia atau Tegal sebagai Kota Industri (pengolahan) khususnya logam, (2) termanfaatkannya situs potji.com milik disperindag Kab Tegal oleh mitra dalam melakukan digital marketing communication berbasis kearifan local, (3) jaringan pemasaran IKM sentra logam mitra bertambah luas, (4) interaktivitas operator dari mitra di website potji.com meningkat serta terupdatenya content yang ada di potji.com secara regular. Inti dari program ini adalah peningkatan kapasitas dari para mitra yang menjadi pelaku IKM sentra logamReferences
Alfian, Magdalia, 2013, Potensi Kearifan Lokal Dalam Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa, Prosiding The 5th International Conference on Indonesia Studies: Ethnicity and Globalization, Jakarta. Budiman, Andi S. 2015. Empat Optimistic View di Industri Digital. Majalah Marketing Mix Marcomm Edisi November 2016 Caffhey, Dave and PR Smith. 2008. eMarketing excellences : Planning and Optimizing Your Digital Marketing 3rd Edition. Oxford : ButterworthHeinemann Fajarini, Ulfah, 2014, Peranan KearifanLokal Dalam Pendidikan Karakter SosioDidaktika: Social Science EducationJournal, Vol 1 No. 2, 2014, UniversitasIslam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta Istiawati, Novia F., 2016. Pendidikan karakter berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi, Cendikia, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 10, No.1., PusatKajian Bahasa dan Budaya, Surakarta,Indonesia Kotler, Phillip and Kevin Lane Keller. 2012 Marketing Management. New Jersey : Prentice Hall Mc Cabe, Scott. 2009. Marketing Communication in Tourism and Hospitality: Concept, Strategis, and Cases. Oxford :Elsevier Pickton, David and Amanda Broderick. (2005). Integrated Marketing Communication. Essex: Pearson Education Limited Ratna, N. K., 2011. Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Shirky, Clay. 2008. Here Comes Everybody : The Power of Organizing Without Organizations. New York : Penguin Pres
Stockdale, R., Ahmed, A., & Scheepers, H. 2012. Identifying Business Value From The Use Of Social Media: An Sme Perspective. In PACIS (p. 169). Wardhana, A. 2015. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. http://disperindag.tegalkab.go.id/ http://kpm.tegalkab.go.id/potensi-kabupatentegal/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.