PATJI.COM: DIGITAL MARKETING KOMUNIKASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN TEGAL

Authors

  • Intan Putri Cahnyani UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v1i3.626

Keywords:

Industri Logam, Digital marketing communication, Website, internet of things, Ekonomi, Kearifan lokal

Abstract

Ungkapan Tegal (dalam hal ini Kabupaten Tegal) sebagai Jepangnya Indonesia, bermula dari industri pengolahan logam yang menjadi salah satu potensi unggulan daerah sejak puluhan tahun yang lalu dan bahkan hingga kini konsisten menjadi penyumbang lebih dari 25 persen setiap tahunnya pada Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Tegal.  Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menjawab tantangan Pemerintah Indonesia dengan merilis Potji.com sebagai salah satu mimpi besar Kabupaten Tegal untuk bisa merevolusi perekonomian Kabupaten Tegal di era digital dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan menggeliatkan bisnis Industri Kecil Menengah (IKM), khususnya sentra logam melalui digital marketing communication. Hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa hingga saat ini industri logam di Kabupaten Tegal masih mengalami kendala utama dalam pemasaran, penguasaan IT dan kualitas SDM. Berkaitan dengan masalah tersebut, Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) ini berusaha untuk mengajak mitra memanfaatkan potji.com dengan memberikan workshop dan intensive coaching clinic mengenai digital marketing communication berbasis kearifan lokal. Tujuan dari kegiatan Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) ini adalah (1) meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap positioning Kabupaten Tegal sebagai Jepangnya Indonesia atau Tegal sebagai Kota Industri (pengolahan) khususnya logam, (2) termanfaatkannya situs potji.com milik disperindag Kab Tegal oleh mitra dalam melakukan digital marketing communication berbasis kearifan local, (3) jaringan pemasaran IKM sentra logam mitra bertambah luas, (4) interaktivitas operator dari mitra di website potji.com meningkat serta terupdatenya content yang ada di potji.com secara regular. Inti dari program ini adalah peningkatan kapasitas dari para mitra yang menjadi pelaku IKM sentra logam

References

Alfian, Magdalia, 2013, Potensi Kearifan Lokal Dalam Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa, Prosiding The 5th International Conference on Indonesia Studies: Ethnicity and Globalization, Jakarta. Budiman, Andi S. 2015. Empat Optimistic View di Industri Digital. Majalah Marketing Mix Marcomm Edisi November 2016 Caffhey, Dave and PR Smith. 2008. eMarketing excellences : Planning and Optimizing Your Digital Marketing 3rd Edition. Oxford : ButterworthHeinemann Fajarini, Ulfah, 2014, Peranan KearifanLokal Dalam Pendidikan Karakter SosioDidaktika: Social Science EducationJournal, Vol 1 No. 2, 2014, UniversitasIslam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta Istiawati, Novia F., 2016. Pendidikan karakter berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi, Cendikia, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 10, No.1., PusatKajian Bahasa dan Budaya, Surakarta,Indonesia Kotler, Phillip and Kevin Lane Keller. 2012 Marketing Management. New Jersey : Prentice Hall Mc Cabe, Scott. 2009. Marketing Communication in Tourism and Hospitality: Concept, Strategis, and Cases. Oxford :Elsevier Pickton, David and Amanda Broderick. (2005). Integrated Marketing Communication. Essex: Pearson Education Limited Ratna, N. K., 2011. Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Shirky, Clay. 2008. Here Comes Everybody : The Power of Organizing Without Organizations. New York : Penguin Pres

Stockdale, R., Ahmed, A., & Scheepers, H. 2012. Identifying Business Value From The Use Of Social Media: An Sme Perspective. In PACIS (p. 169). Wardhana, A. 2015. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. http://disperindag.tegalkab.go.id/ http://kpm.tegalkab.go.id/potensi-kabupatentegal/

Downloads

Published

2019-11-11

How to Cite

Cahnyani, I. P. (2019). PATJI.COM: DIGITAL MARKETING KOMUNIKASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN TEGAL. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(3), 155–163. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i3.626