MEMBANGUN TINGKAT KEPEDULIAN MASYARAKAT DESA AKAN PENTINGNYA KESEHATAN MELALUI PROGRAM LOKAKARYA MINI

Rachmat Destriana, Angga Aditya Permana, Syepry Maulana Husain

Abstract


Kesehatan pada sebuah desa sangatlah penting untuk selalu menjadi perhatian utama bagi masyarakat setempat maupun luas terutama di desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang dimana desa Lebak Wangi  adalah desa yang terbentuk dari pemecahan Desa Kedaung Barat. Berdasarkan data yang diperoleh dari kegiatan KKN Universitas Muhammadiyah Tangerang mengenai kepedulian tentang kesehatan adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, Kurangnya sarana prasarana untuk mendukung program kesehatan, Kurangnya tenaga ahli dari posdaya kesehatan dan kurangnya penunjang bantuan kesehatan dari puskesmas. Tujuan dari kegiatan ini adalah Ikut berpartisipasi dalam menumbuhkan kesadaran keluarga tentang fungsi-fungsi utama keluarga terutama fungsi kesehatan dalam membantu program pemerintah dibidang kesehatan dengan cara meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan (pencegahan DBD dengan cara membagikan serbuk ABATE, pemeriksaan gula darah dan tensi), membantu pola fikir hidup sehat kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan bagi tubuh, Membantu mengarahkan masyarakat untuk menerapkan cara hidup sehat dan bersih agar kesehatan tetap terjaga.

Keywords


Pelayanan Kesehatan, Dukungan Kesehatan, Program Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Nuidja, N., Sudarmanto, G. dan Hadi, C.M. 1997. Pengaruh Jenis Tempat Penyimpanan Air untuk Tirta terhadap Kepadatan Larva Aedes aegypti. Dep.Kes. Pendidikan Ahli Madya Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan. Denpasar. Sumekar, D.W. 2007. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keberadaan Jentik Nyamuk. Seminar Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, Unila. Available from : http://lemlit.unila.ac.id. Sunaryo, S. 1988. Demam Berdarah Dengue Pada Anak, Jakarta: UI Saniambara, N., Effendi, A., dan Ndoen, E. 2003. Penyakit yang Ditularkan oleh Nyamuk di NTT. Available from : http://www.indomedia.com. Nasution (1995). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Kementerian Kesehatan dan JICA (Japan International Cooperation Agency). Didownload dari http://www.depkes.go.id/resources/download/in fo-terkini/BUKU%20KIA%2020_03%202016.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31092/kuat.v1i3.629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan



Indexed by

Creative Commons License

Jurnal KUAT by Unit Penerbitan PKN STAN is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2020, Politeknik Keuangan Negara STAN. All Rights Reserved.