LITERASI AKUNTANSI DAN PEMASARAN ONLINE BAGI UMKM DESA TIRTONIRMOLO KABUPATEN BANTUL

Vissia Dewi Haptari, Rahadi Nugroho

Abstract


Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memberikan kontribusi yang cukup siginifikan dalam perekonomian Indonesia. Namun demikian, tidak sedikit UMKM yang mengalami kesulitan untuk mengembangkan bisnisnya karena kesulitan permodalan dan pemasaran yang masih tradisional. Kesulitan permodalan disebabkan karena sulitnya akses pembiayaan ke lembaga pembiayaan karena pembukuan yang tidak memadai. Oleh karena itu, salah satu tema Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) PKN STAN 2019 adalah literasi akuntansi dan pemasaran online UMKM. Setelah KKM beberapa  UMKM mengimplementasikan aplikasi akuntansi UMKM. Namun demikian, masih diperlukan pemantauan implementasi pembukuan UMKM dan variasi pemasaran UMKM pada periode-periode mendatang untuk melihat dampak hal tersebut terhadap pembiayaan dan bisnis UMKUM.

Keywords


UMKM, modal, pembiayaan, akuntansi, pemasaran, pembukuan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31092/kuat.v1i3.632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan



Indexed by

Creative Commons License

Jurnal KUAT by Unit Penerbitan PKN STAN is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2020, Politeknik Keuangan Negara STAN. All Rights Reserved.