LITERASI AKUNTANSI DAN PEMASARAN ONLINE BAGI UMKM DESA TIRTONIRMOLO KABUPATEN BANTUL

Authors

  • Vissia Dewi Haptari Politeknik Keuangan Negara STAN
  • Rahadi Nugroho Politeknik Keuangan Negara STAN

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v1i3.632

Keywords:

UMKM, modal, pembiayaan, akuntansi, pemasaran, pembukuan

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memberikan kontribusi yang cukup siginifikan dalam perekonomian Indonesia. Namun demikian, tidak sedikit UMKM yang mengalami kesulitan untuk mengembangkan bisnisnya karena kesulitan permodalan dan pemasaran yang masih tradisional. Kesulitan permodalan disebabkan karena sulitnya akses pembiayaan ke lembaga pembiayaan karena pembukuan yang tidak memadai. Oleh karena itu, salah satu tema Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) PKN STAN 2019 adalah literasi akuntansi dan pemasaran online UMKM. Setelah KKM beberapa  UMKM mengimplementasikan aplikasi akuntansi UMKM. Namun demikian, masih diperlukan pemantauan implementasi pembukuan UMKM dan variasi pemasaran UMKM pada periode-periode mendatang untuk melihat dampak hal tersebut terhadap pembiayaan dan bisnis UMKUM.

Downloads

Published

2019-11-11

How to Cite

Haptari, V. D., & Nugroho, R. (2019). LITERASI AKUNTANSI DAN PEMASARAN ONLINE BAGI UMKM DESA TIRTONIRMOLO KABUPATEN BANTUL. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(3), 190–193. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i3.632