Peningkatan Kesadaran Masyarakat Mengenai Potensi Desa Wisata Halal Melalui Program Sosialisasi dan Pemanfaatan Aplikasi ADIBA MSME

Authors

  • Ragil Satria Wicaksana Universitas Alma Ata
  • Dadang Heksaputra Universitas Alma Ata
  • Muhammad Joko Umbaran Haris Bahrudin Universitas Alma Ata
  • Dhidhin Noer Ady Rahmanto Universitas Alma Ata http://orcid.org/0000-0002-3029-7912
  • Syaiful Muhamad Irsyad Universitas Alma Ata
  • Ageng Asmara Sani Universitas Alma Ata

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.666

Keywords:

Adiba MSME, Indeks Literasi, Wisata Halal

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta partisipasi masyarakat dalam mewujudkan percontohan objek wisata halal di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul melalui intervensi aplikasi Adiba MSME. Dari konsiderasi faktor geografis dan demografis, Desa Parangtritis memiliki probabilitas yang tinggi untuk menjadi representasi Wisata Halal di Daerah Istimewa Yogyakarta. Persebaran lokasi wisata yang heterogen disertai dengan nilai tambah historis yang unik menjadi keunggulan Desa Parangtritis sebagai objek studi program PKM ini. Metode PKM yang digunakan fokus pada dua skim yakni pelaksanaan sosialisasi Desa Wisata Halal dan diseminasi aplikasi Adiba MSME sebagai media konseling serta alat penghubung dengan Industri Keuangan Syariah. Dari kegiatan PKM ini dapat disimpulkan bahwa rata-rata masyarakat Desa Parangtritis memiliki indeks literasi yang tergolong rendah mengenai konsep wisata halal dan terdapat impak positif penggunaan aplikasi Adiba MSME dalam mendorong peningkatan pemahaman masyarakat mengenai desa wisata halal. Berdasarkan hasil penelusuran di lapangan diketahui program PKM juga efektif dalam membentuk pola pikir masyarakat yang responsif dengan upaya mewujudkan sektor wisata halal di Kecamatan Kretek.

References

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 2018. Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024. Jakarta: Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional. Hal:23-24.

Eid, R dan El-Gohary, H. 2015. Muslim Tourist Perceived Value In The Hospitality and Tourism Industry. Journal of Travel Research, Vol 54 No. 6. Hal: 774-787.

Garg, P. dan Joshi, R. 2018. Purchase Intention of “Halal” brands in India: The Mediating Effect of Attitude. Journal of Islamic Marketing, Vol. 9. Issue 3. Hal: 683-694

Isa, M.S., Chin, N.P., dan Mohammad, U.N. 2018. Muslim Tourist Perceived Value: A Study on Malaysia Halal Tourism. Journal of Islamic Marketing. Hal: 1-19.

Jafari, J. dan Scott, N. 2014. Muslim World and Its Tourisms. Annuals of Tourism Research, Vol. 44 No. 1. Hal: 1-19. Kementrian Hukum dan HAM RI, Undangundang Nomor 28 Tahun 2014 Pasal 72 Mengenai Hak Cipta.

Mastercard-CrescentRating. 2019. Global Muslim Travel Index. Hal: 10

Parangtritis Geomaritime Science Park, https://pgsp.big.go.id//deskripsi-peta-desaparangtritis//

World Travel Market. 2007. The World Travel Market Global Trend Reports. London

Downloads

Published

2020-11-26