Peningkatan Kesadaran Masyarakat Mengenai Potensi Desa Wisata Halal Melalui Program Sosialisasi dan Pemanfaatan Aplikasi ADIBA MSME
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.666Keywords:
Adiba MSME, Indeks Literasi, Wisata HalalAbstract
Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta partisipasi masyarakat dalam mewujudkan percontohan objek wisata halal di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul melalui intervensi aplikasi Adiba MSME. Dari konsiderasi faktor geografis dan demografis, Desa Parangtritis memiliki probabilitas yang tinggi untuk menjadi representasi Wisata Halal di Daerah Istimewa Yogyakarta. Persebaran lokasi wisata yang heterogen disertai dengan nilai tambah historis yang unik menjadi keunggulan Desa Parangtritis sebagai objek studi program PKM ini. Metode PKM yang digunakan fokus pada dua skim yakni pelaksanaan sosialisasi Desa Wisata Halal dan diseminasi aplikasi Adiba MSME sebagai media konseling serta alat penghubung dengan Industri Keuangan Syariah. Dari kegiatan PKM ini dapat disimpulkan bahwa rata-rata masyarakat Desa Parangtritis memiliki indeks literasi yang tergolong rendah mengenai konsep wisata halal dan terdapat impak positif penggunaan aplikasi Adiba MSME dalam mendorong peningkatan pemahaman masyarakat mengenai desa wisata halal. Berdasarkan hasil penelusuran di lapangan diketahui program PKM juga efektif dalam membentuk pola pikir masyarakat yang responsif dengan upaya mewujudkan sektor wisata halal di Kecamatan Kretek.
References
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 2018. Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024. Jakarta: Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional. Hal:23-24.
Eid, R dan El-Gohary, H. 2015. Muslim Tourist Perceived Value In The Hospitality and Tourism Industry. Journal of Travel Research, Vol 54 No. 6. Hal: 774-787.
Garg, P. dan Joshi, R. 2018. Purchase Intention of “Halal†brands in India: The Mediating Effect of Attitude. Journal of Islamic Marketing, Vol. 9. Issue 3. Hal: 683-694
Isa, M.S., Chin, N.P., dan Mohammad, U.N. 2018. Muslim Tourist Perceived Value: A Study on Malaysia Halal Tourism. Journal of Islamic Marketing. Hal: 1-19.
Jafari, J. dan Scott, N. 2014. Muslim World and Its Tourisms. Annuals of Tourism Research, Vol. 44 No. 1. Hal: 1-19. Kementrian Hukum dan HAM RI, Undangundang Nomor 28 Tahun 2014 Pasal 72 Mengenai Hak Cipta.
Mastercard-CrescentRating. 2019. Global Muslim Travel Index. Hal: 10
Parangtritis Geomaritime Science Park, https://pgsp.big.go.id//deskripsi-peta-desaparangtritis//
World Travel Market. 2007. The World Travel Market Global Trend Reports. London
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.