ANALISIS PROMOSI DAN BRANDING UNTUK PENGUATAN EKSISTENSI KAMPUNG WAYANG KEPUHSARI, MANYARAN

Authors

  • Mulyadi Mulyadi

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.826

Keywords:

Analisis SWOT, Eksistensi, Pemasaran ukir wayang kulit

Abstract

Upaya pemasaran online dan branding sudah dilakukan oleh pengrajin wayang di Kepuhsari Manyaran Wonogiri. Hanya saja upaya tersebut belum mampu meningkatkan penjualan produk seni wayang. Kunjungan ke Kampung Kepuhsari yang juga sudah dideklarasikan sebagai sebuah desa wisata juga tidak begitu banyak. Kegiatan pengabdian ini di samping untuk memberikan pelatihan penggunaan media sosial untuk kepentingan pemasaran online juga dimaksudkan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran dan branding yang sudah dilakukan selama ini. Analisis SWOT digunakan untuk mencermati situasi dan kondisi yang ada sebelum kemudian diputuskan untuk diambil langkah lebih lanjut. Pemberian pelatihan pemasaran online dan branding dengan pendekatan teori dan praktik dilaksanakan dengan dipadukan dengan FGD. Hasil pengabdian yang penting yakni bahwa upaya pemasaran dan branding yang sudah dilakukan selama ini bersifat sporadis dan banyak mengalami kendala. FGD yang dilakukan menghasilkan analisis SWOT yang menunjukkan posisi kerajinan ukir wayang di Kepuhsari berada di kuadran 3, yang berarti bahwa untuk eksistensi pengrajin wayang Kepuhsari perlu melakukan perubahan strategi pemasaran dan branding.

Downloads

Published

2020-03-16

How to Cite

Mulyadi, M. (2020). ANALISIS PROMOSI DAN BRANDING UNTUK PENGUATAN EKSISTENSI KAMPUNG WAYANG KEPUHSARI, MANYARAN. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.826

Issue

Section

Articles