ANALISIS PROMOSI DAN BRANDING UNTUK PENGUATAN EKSISTENSI KAMPUNG WAYANG KEPUHSARI, MANYARAN
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.826Keywords:
Analisis SWOT, Eksistensi, Pemasaran ukir wayang kulitAbstract
Upaya pemasaran online dan branding sudah dilakukan oleh pengrajin wayang di Kepuhsari Manyaran Wonogiri. Hanya saja upaya tersebut belum mampu meningkatkan penjualan produk seni wayang. Kunjungan ke Kampung Kepuhsari yang juga sudah dideklarasikan sebagai sebuah desa wisata juga tidak begitu banyak. Kegiatan pengabdian ini di samping untuk memberikan pelatihan penggunaan media sosial untuk kepentingan pemasaran online juga dimaksudkan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran dan branding yang sudah dilakukan selama ini. Analisis SWOT digunakan untuk mencermati situasi dan kondisi yang ada sebelum kemudian diputuskan untuk diambil langkah lebih lanjut. Pemberian pelatihan pemasaran online dan branding dengan pendekatan teori dan praktik dilaksanakan dengan dipadukan dengan FGD. Hasil pengabdian yang penting yakni bahwa upaya pemasaran dan branding yang sudah dilakukan selama ini bersifat sporadis dan banyak mengalami kendala. FGD yang dilakukan menghasilkan analisis SWOT yang menunjukkan posisi kerajinan ukir wayang di Kepuhsari berada di kuadran 3, yang berarti bahwa untuk eksistensi pengrajin wayang Kepuhsari perlu melakukan perubahan strategi pemasaran dan branding.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.