AUTHOR GUIDELINES

AUTHOR GUIDELINE
JURNAL KEUANGAN UMUM dan AKUNTANSI TERAPAN

POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN

Jurnal Keuangan dan Akuntansi Terapan (KUAT) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Maret dan November oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Keuangan Negara STAN. Jumlah artikel dalam jurnal ini minimal 10 artikel per tahun.

Artikel yang dimuat meliputi artikel-artikel dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Artikel berupa laporan hasil pengabdian kepada masyarakat baik dalam Bahasa Indonesia
  2. Kajian atau topik yang dimuat dalam Jurnal KUAT difokuskan pada penerapan ilmu pengetahuan (Pertanian, Perikanan, Kelautan, Lingkungan Hidup, Manajemen Bencana, Kesehatan, Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Sosial, dan Budaya, Teknologi Terapan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Pendidikan) dalam memberdayakan masyarakat.
  3. Artikel yang dikirim ke jurnal tidak sedang dikirimkan ke jurnal/terbitan lain dan belum dipublikasikan dalam jurnal/terbitan lain.
  4. Artikel dikirim dalam bentuk softcopy dengan format Microsoft Word.
  5. Redaksi berhak mengedit tata bahasa dan ejaan naskah yang dimuat tanpa mengurangi atau mengubah maksud tulisan.

Sistematika Penulisan:

  1. Judul: Ditulis singkat dan padat (max 12 kata)
  2. Nama Penulis: Nama penulis ditulis tanpa gelar, asal lembaga, negara, dan alamat email, dan nomor kontak yang bisa dihubungi (Whatsap).
  3. Abstrak: Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris. Abstrak memuat uraian mengenai tujuan pengabdian kepada masyarakat, metode yang digunakan, dan hasil pengabdian kepada masyarakat. Abstrak ditulis secara ringkas, padat dan ditulis dalam satu alinea (maksimal 150-300 kata).
  4. Kata Kunci: Kata kunci berisi 3-5 kata kunci di sini, pisahkan dengan koma di antaranya, menegnai ide-ide atau konsep dasar yang mewakili bidang yang diteliti.
  5. Pendahuluan: Bagian ini berisi tentang analisis situasi, perumusan masalah, tujuan, referansi, dan manfaat pengabdian kepada masyarakat.
  6. Materi dan Metode: Bagian ini berisi kerangka pemecahan masalah, realisasi pemecahan masalah, khalayak sasaran dan metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat.
  7. Hasil dan Pembahasan: Bagian ini memuat hasil apa saja yang telah diperolah dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dan kemudian dibahas dengan berbagai acuan yang ada.
  8. Kesimpulan dan Saran: Menyajikan kesimpulan dan saran berdasarkan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  9. Daftar Pustaka: Memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan artikel, hanya sumber-sumber yang digunakan yang dimuat dalam daftar pustaka.

Format Penulisan:

  1. Artikel disajikan dalam bahasa Indonesia.
  2. Artikel dikirim dalam bentuk soft copy dengan melakukan submit langsung pada
  3. link: http://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/KUAT , selanjutnya ikuti prosedur pendaftarannya. Artikel yang tidak dimuat tidak dikembalikan.
  4. Panjang tulisan antara 4 sampai 20 halaman dan ditulis dalam kertas ukuran A4 dengan spasi 1 (single).
  5. Jenis huruf yang digunakan: Century Gothic ukuran 9
  6. Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut, judul, yang sesuai dengan isi tabel dan gambar, dan sumber kutipan (jika ada). Sumber kutipan ditulis di bawah gambar atau tabel. Judul tabel ditulis di atas tabel dan judul gambar ditulis di bawah gambar.
  7. Semua halaman termasuk tabel, lampiran dan daftar pustaka diberi nomor urut halaman.
  8. Sumber kutipan dalam teks ditulis di antara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun, dan nomor halaman jika dipandang perlu. Contoh: Apabila kutipan berasal dari satu sumber: (Agus Wibowo, 2012), (Dedi Purwana, 2015:131), (Gurry & Yulk, 2006:72), (Case, et.al., 2012) atau (Agus Wibowo, dkk., 2015). Apabila kutipan berasal dari dua sumber dengan penulis yang berbeda: (Bush, 2009:163; Choleman & Tracy, 2010: 254)
  9. Daftar pustaka ditulis alphabetis sesuai dengan nama akhir (tanpa gelar akademik), baik penulis asing maupun penulis Indonesia dengan contoh sebagai berikut:

Anderson, D.W., Vault, V.D. dan Dickson, C.E., 1999, Problems and Prospects for the Decades Ahead: Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCutchan Publishing Co.

Ary, D., Jacobs, L.C. dan Razavieh, A., 1976, Pengantar Penelitian Pendidikan, Terjemahan oleh Arief Furchan, 1982, Surabaya: Usaha Nasional.

Hitchcock, S., Carr, L. dan Hall, W., 1996, A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Strom, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html, diakses 12 juni 1996).

Jawa Pos, 22 April, 1995, Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3.

Kansil, C.L., 2002, Orientasi Baru Penyelenggara Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri, Transpor, XX (4): 57-61.

Kumaidi, 1998, Pengukuran Bekal Awal belajar dan Pengembangan Tesnya, Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id, diakses 20 Januari 2000).

Kuncoro, T., 1996, Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Malang Jurusan Bangunan, Program Studi Bangunan Gedung: Suatu Studi Berdasarkan Kebutuhan Dunia Usaha Jasa Konstruksi, Thesis tidak diterbitkan, Malang: PPS IKIP MALANG.

Pitunov, B., 13 Desember, 2002, Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, Hlm. 4 dan 11.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1978, Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Russel, T., 1999, An Alternative Conception: Representing Representation, Dalam P.J. Black dan A. Lukas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science (hlm. 62-84). London: Routledge.

Saukah, A. dan Waseso, M.G. (Eds.)., 2002, Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.

Waseso, M.G., 2001, Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin, 9-11 Agustus.

Wilson, D., 20 November 1995, Summary of Citing Internet Sites, NETTRAIN Discussion List, (Online), (NETTRAIN@ubvm.cc.buffalo.edu, diakses 22 November 1995)