DIGITAL BRANDING DAN DESAIN OPTIMALISASI PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM MAKANAN TRADISIONAL DI KABUPATEN SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.1068Keywords:
digital branding, UMKM, MarketingAbstract
Usaha Kecil Menengah (UMKM) Peyek oleh Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dijadikan salah satu produk unggulan makanan tradisional. Sebagai permulaan UKM tersebut dibantu akses permodalan dari Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah/BMT (Baitul Maal wa Tamwil). Lembaga ini berkewajiban untuk ikut membina dan mendampingi agar tidak terjadi penyalahgunaan penggunaan modal. Kegiatan pengabdian ini dirancang untuk memperkuat merk peyek sebagai produk unggulan Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan ini merupakan sinergi antara akademisi bekerjasama dengan BMT Fadhilah Sentosa untuk melakukan pendampingan UMKM Peyek agar lebih optimal dalam penjualan produknya. Upaya digital branding perlu dilakukan mengingat kemajuan teknologi informasi sudah sedemikian pesat. Pengabdian ini telah telaksana 4 kegiatan yaitu pelabelan dan packaging, rebranding, inovasi pada pengambilan gambar produk, dan pembuatan akun media sosial serta marketplace. Hasil Pengabdian adalah upaya digital branding belum bisa optimal dikarenkan fokus para pelaku UMKM terbatas pada proses produksi, sehingga dibutuhkan bantuan dari putra-putrinya atau generasi milenial di sekitar UMKM agar bisa mendukung upaya tersebut.References
BPS. Sukoharjo dalam Angka 2019
Grzesiak, M. (2015). E-BRANDING vs . TRADITIONAL BRANDING. Modern Management Review, XX(22), 89–100.
Kotler, Philip and Gary Amstrong.2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. PT. Ikrar Mandiriabadi. Jakarta
Ramadhan, B. (2020). Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020. Teknoia. https://teknoia.com/data-Internet-di indonesia-dan-perilakunya 880c7bc7cd19
Susanto dan Yunus (2019). The Role Of Food Bloggers In Branding Activities For Traditional Food. International Journal Of Scientific & Technology Research. Volume 8, Issue 08.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.