PEMANTAPAN MATERI AKUNTANSI DESA SEBAGAI UPAYA PERSIAPAN GURU SMK MENGAJAR MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI DESA

Authors

  • Vita Fitria Sari Universitas Negeri Padang
  • Dewi Pebriyani Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang
  • Mayar Afriyenti Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.662

Keywords:

akuntansi desa, guru, kurikulum 2013, praktikum akuntansi desa, profesionalisme

Abstract

Sejak dikeluarkannya Undang-Undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa diiringi dengan Permen 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, akuntansi desa mendapat perhatian dari publik. Mengingat besarnya dana yang diberikan pemerintah pusat secara langsung kepada desa yakni 10% dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, maka tentu saja membutuhkan pertanggungjawaban yang jelas. Ini ternyata juga menarik perhatian dunia pendidikan khususnya sekolah menengah kejuruan yang memasukkan komponen materi akuntansi desa dalam kurikulum 2013 revisi 2018. Walaupun pada tahun ajaran 2018/2019 mereka telah mulai mengajarkan mata pelajaran “praktikum akuntansi instansi/lembaga pemerintahanâ€, namun ini tidak memadai untuk bisa mengajarkan mata pelajaran “praktikum akuntansi desa†karena keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Oleh karena itu dibutuhkan pelatihan khusus untuk materi akuntansi desa, mempertimbangkan bahwa mata pelajaran “praktikum akuntansi desa†akan mulai diajarkan pada tahun ajaran 2019/2010. Kegiatan PKM ini dilaksanakan dalam 3 tahapan yakni, tatap muka, monitoring dan evaluasi, tugas mandiri. Pada akhir kegiatan terlihatnya adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap materi akuntansi desa yang ditunjukkan oleh skor post test yang mencapai 79.87%. Ini didukung dengan hasil monitoring dan evaluasi juga menunjukkan kesiapan guru dalam mengajar mata pelajaran “praktikum akuntansi desa†dengan kesiapan RPS, bahan ajar dan media pembelajaran sederhana. Sehingga dapat disimpulkan bahwa PKM ini telah dapat meningkatkan pemahaman, persiapan serta profesionalisme guru dalam mengajar mata pelajaran “praktikum akuntansi desaâ€.

References

Brown, Bettina Lankard. 2000. Vocational Teacher Professional Development Practice Application Berif No.11.

Republik Indonesia. 2010. Peraturan Pemerintah No.71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah

Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Dalam Negeri No.113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa

Sari, Vita Fitria, Mayar Afriyenti dan Mia Angelina Setiawan. 2017. Improving Teachers’ Profesionalism Appropriate to New Curriculum 2017 for Vocational Schools by Capacity Building and Workshop About Preparing Local Governmnet Financial Statement: An Experimental Study on Accounting Teachers’ from Vocational Schools in West Sumatera Province. Proceedings 4th International Confererence on Technical and Vocation Education and Training

Sari, Vita Fitria, Mayar Afriyenti, Fefri Indra Arza dan Mia Angelina Setiawan. 2018. Improving Vocational Teachers’ Readiness in Teaching New Subject “Accounting Practice of the Institution and Local Government Agenciesâ€. Proceedings 2nd Padang International Conference on Education, Economics, Business, and Accounting

Sari, Vita Fitria, Mayar Afriyenti, Fefri Indra Arza, Mia Angelina Setiawan. 2019. Pelatihan Penyusunan Jobsheet Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintahan bagi Tim MGMP Akuntansi Provinsi Sumatera Barat. JURNAL KUAT : KEUANGAN DAN AKUNTANSI TERAPAN Volume 1, Nomor 1, Maret 2019 : Hal 15-20

Tanang, Hasan dan Baharin Abu. 2014. Teacher Professionalism and Professional Development Practices in South Sulawesi, Indonesia. Journal of Curriculum and Teaching Vol. 3, No. 2; 2014. www.sciedu.ca/jct

Downloads

Published

2020-11-26

How to Cite

Sari, V. F., Pebriyani, D., & Afriyenti, M. (2020). PEMANTAPAN MATERI AKUNTANSI DESA SEBAGAI UPAYA PERSIAPAN GURU SMK MENGAJAR MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI DESA. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 64–70. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.662