‘Bakulan’ Marketing Strategy and Marketing Mix in Community Somodaran Yogyakarta

Authors

  • Sri Nitta Crissiana Wirya Atmaja Universitas Pamulang
  • Listya Sugiyarti Universitas Pamulang
  • Nur Asmilia Universitas Pamulang
  • Siti Hanah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.993

Keywords:

strategi pemasaran, Bauran Pemasaran

Abstract

‘Bakulan’ (pedagang) Dusun Somodaran Yogyakarta memanfaatkan keahlian mereka seperti membuat kue donat dan lain-lain belum mengaplikasikan strategi pemasaran dengan sempurna, yang dikarenakan kekurangan pengetahuan di bidang tersebut. Dusun Somodaran adalah salah satu wilayah yang berada di kelurahan Banyuraden Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman Propinsi Yogyakarta, dimana masyarakatnya yang kebanyakan adalah petani dan ‘bakulan’ kecil-kecilan. Metode yang digunakan berupa ekspositori yaitu penyampaian materi secara verbal dan inquiry, pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis terkait keilmuan strategi pemasaran. Kegiatan Pengabdian Masyarakat menghasilkan bertambahnya keilmuan strategi pemasaran bagi para pedagang ‘bakulan’, Bagaimana cara mengimplementasikan 7P (Product, Price, Place, Promotion, Process, People, physical evidence) dalam mengembangkan ‘bakulan’ kecil-kecilan tersebut. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para dosen/peneliti selanjutnya yang akan melakukan kegiatan yang sama dan berkelanjutan, ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat, akademisi dan penulis selanjutnya. 

 

Kata Kunci: strategi pemasaran, Bauran Pemasaran

Downloads

Published

2020-11-26

How to Cite

Atmaja, S. N. C. W., Sugiyarti, L. ., Asmilia, N., & Hanah, S. (2020). ‘Bakulan’ Marketing Strategy and Marketing Mix in Community Somodaran Yogyakarta. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 100–104. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.993