‘Bakulan’ Marketing Strategy and Marketing Mix in Community Somodaran Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.993Keywords:
strategi pemasaran, Bauran PemasaranAbstract
‘Bakulan’ (pedagang) Dusun Somodaran Yogyakarta memanfaatkan keahlian mereka seperti membuat kue donat dan lain-lain belum mengaplikasikan strategi pemasaran dengan sempurna, yang dikarenakan kekurangan pengetahuan di bidang tersebut. Dusun Somodaran adalah salah satu wilayah yang berada di kelurahan Banyuraden Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman Propinsi Yogyakarta, dimana masyarakatnya yang kebanyakan adalah petani dan ‘bakulan’ kecil-kecilan. Metode yang digunakan berupa ekspositori yaitu penyampaian materi secara verbal dan inquiry, pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis terkait keilmuan strategi pemasaran. Kegiatan Pengabdian Masyarakat menghasilkan bertambahnya keilmuan strategi pemasaran bagi para pedagang ‘bakulan’, Bagaimana cara mengimplementasikan 7P (Product, Price, Place, Promotion, Process, People, physical evidence) dalam mengembangkan ‘bakulan’ kecil-kecilan tersebut. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para dosen/peneliti selanjutnya yang akan melakukan kegiatan yang sama dan berkelanjutan, ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat, akademisi dan penulis selanjutnya.Â
Â
Kata Kunci: strategi pemasaran, Bauran PemasaranDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.