KESALAHAN PENETAPAN SPTNP PADA KPPBC ABC BERDASARKAN TINJAUAN TEORI ORGANISASI PEMBELAJARAN

Authors

  • Indra Asmadewa POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN
  • Renny Sukmono

DOI:

https://doi.org/10.31092/jpbc.v4i2.969

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang terjadi di internal  Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC)  ABC dalam  melakukan penetapan  Surat Penetapan Tarif dan/atau Nilai Pabean (SPTNP). Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan melaksanakan observasi dan wawancara kepada pihak-pihak terkait dengan kerangka teori oganisasi pembelajaran sebagi instrumen penelitian untuk mengidentifikasi permasalahan dalam penetapan SPTNP. 

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa proses penetapan SPTNP di KPPBC ABC sudah dijalankan sesuai peraturan yang berlaku. Namun penulis menemukan permasalahan dalam proses penetapan SPTNP yaitu terdapat kesalahan penetapan yang dilakukan secara berulang sehingga berdampak pada diterimanya keberatan SPTNP berulang kali. Faktor utama penyebab permasalahan ini yaitu tidak adanya perspektif sistem antar bidang dalam menyelesaikan permasalahan terkait SPTNP sebagai permasalahan organisasi.

 

Kata kunci: SPTNP, organisasi pembelajaran, perspektif sistem

Author Biography

Indra Asmadewa, POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN

Jurusan Kepabeanan dan Cukai

Published

2020-12-07

How to Cite

Asmadewa, I., & Sukmono, R. (2020). KESALAHAN PENETAPAN SPTNP PADA KPPBC ABC BERDASARKAN TINJAUAN TEORI ORGANISASI PEMBELAJARAN. JURNAL PERSPEKTIF BEA DAN CUKAI, 4(2). https://doi.org/10.31092/jpbc.v4i2.969

Issue

Section

Articles