PENGARUH CSR DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Studi pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2018

Authors

  • Audy Tri Saputra Meha Jurusan Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
  • Sugeng Hariadi STIE Malangkucecwara

DOI:

https://doi.org/10.31092/jpkn.v2i2.1119

Keywords:

Corporate Social Responsibility, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan, Kepemilikan Manajerial

Abstract

The purpose of this study is to examine the impact of corporate social responsibility and financial performance on firm value with managerial ownership as an intermediary variable. Corporate social responsibility and financial performance are used as independent variables. Meanwhile, firm value is used as the dependent variable. Managerial ownership is used as a moderating variable in this study. Manufacturing companies in the consumer goods industry sector listed on the Indonesia Stock Exchange in the 2017-2018 period are the population in this study. Purposive sampling method is a sampling method used in this study by producing 27 companies with 2 observations to produce a sample of 54. Multiple linear regression and moderation regression analysis are the analytical methods used in this study. This research shows that corporate social responsibility and financial performance have a positive and significant effect on firm value. Managerial ownership has a negative and significant effect on firm value. Then corporate social responsibility and financial performance with managerial ownership as the moderating variable have a positive and significant effect on firm value.

 

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dampak corporate social responsibility dan kinerja keuangan pada nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel perantara. Corporate social responsibility dan kinerja keuangan digunakan sebagai variable Independen. Sedangkan nilai perusahaan digunakan sebagai variable dependen. Kepemilikan manajerial yang digunakan sebagai variabel moderating dalam penelitian ini. Perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2018 merupakan populasi dalam penelitian ini. Metode purposive sampling merupakan metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menghasilkan sebanyak 27 perusahaan dengan pengamatan selama 2 sehingga menghasilkan sampel sebanyak 54. Regresi linier berganda dan analisis regresi moderasi merupakan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Dari penelitian ini menghasilkan bahwa corporate social responsibility dan kinerja keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan manajerial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Kemudian corporate social responsibility dan kinerja keuangan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.

References

Anggitasari, N. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan CSR dan Struktur Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Ermayanti, D. (2009). Kinerja Keuangan Perusahaan. www.wordpress.com

Fahmi, I. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Gantino, R. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2014. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis. https://doi.org/10.24815/jdab.v3i2.5384

Heder, & Priyadi, M. P. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6, 1–25.

Heri. (2013). Akuntansi dan Rahasia Dibaliknya untuk Para Manajer Non Akuntansi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Noerirawan, M. R. (2012). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, 1(2).

Nurlela, R., & Islahuddin. (2008). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi (SNA) Ke XI.

Purwanto, A. (2011). Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Terhadap Corporate Social Responsiblity. Universitas Diponegoro.

Putri, H. C. M. P., & Raharja, S. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderating. Diponegoro Journal Of Accounting, 2, 1–15.

Putri, Z. B., & Budiyanto. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 361–375.

Ramadhani, A. R., Purnamawati, I. G. A., & Sujana, E. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1).

Sari. (2013). Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5(3).

Sofyaningsih, S. (2011). Struktur Kepemilikan, Kebijakan Deviden, Kebijakan Perusahaan, Ownership Structure, Deviden Policy and Debt Policy. Dinamika Keuangan Dan Perbankan, 3(1).

Sukirni, D. (2012). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividen Dan Kebijakan Hutang. Accounting Analysis Journal.

Sutedi, A. (2012). Good Corporate Governance. Jakarta: Sinar Grafika.

Sutopoyudo. (2009). Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas Perusahaan. http://www.wordpress.com

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Audy Tri Saputra Meha, & Hariadi, S. (2021). PENGARUH CSR DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING: Studi pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2018. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara (PKN), 2(2), 17–22. https://doi.org/10.31092/jpkn.v2i2.1119