PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI PELATIHAN PACKAGING PRODUK MAKANAN TRADISIONAL YANG BERDAYA JUAL GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN WILAYAH

Authors

  • Harsiti Harsiti Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Serang Raya
  • Yani Sugiyani Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Serang Raya
  • Tb. Ai Munandar Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Serang Raya
  • Erma Perwitasari Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Serang Raya

Keywords:

Kuliah Kerja Nyata, Pemberdayaan Masyarakat, Packaging, Wirausaha

Abstract

Permasalahan yang sering timbul di masyarakat kita adalah masalah pengangguran yang semakin hari semakin meningkat jumlahnya. Hal ini disebabkan ketimpangan antara jumlah penduduk yang mengganggur (tidak bekerja) dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia. Salah faktor penyebabnya adalah masih lemahnya pemberdayaan potensi lokal penduduk khususnya di pedesaan untuk turut serta menciptakan kemandirian perekonomian wilayah. Selain itu keterbatasan keahlian yang dimiliki masyarakat desa tidak mampu bersaing dengan para pencari kerja yang tersebar di berbagai pelosok kota. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan diselenggarakannya Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Program Pemberdayaan Masyarakat yang rutin diselenggarakan oleh Universitas Serang Raya. Kegiatan yang dilakukan di Desa Cening Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat khususnya ibu rumah tangga dan masyarakat usia produktif melalui kegiatan pembuatan produk makanan lokal yang memiliki daya jual tinggi disertai dengan pelatihan packaging guna membantu masyarakat memasarkan produk-produk makanan tersebut serta memberikan motivasi kepada masyarakat agar mampu bersaing dengan produk –produk makanan yang dihasilkan oleh daerah lain. Hasil dari kegiatan ini adalah terbentuknya tim usaha kecil masyarakat (home industry) yang mandiri dan berjiwa wiraswasta dengan berbagai macam produk makanan lokal yang dihasilkan dengan memiliki kekhas-an tersendiri.

References

Muhammad Askari Zakariah, 2016, optimalisasi pemberdayaan masyarakat desa melalui pengembangan ekonomi dan agrowisata berbasis integrated farming system di Kecamatan Mowewe Kabupaten Kolaka Timur, Jurnal Ilmiah Al Mawaddah Vol 2(1). 2016. hal. 31-43.

Uyu Wahyudin, 2012, Pemberdayaan Masyarakat miskin pedesaan melalui pelatihan kewirausahaan berlatar ekokultur, MIMBAR, Vol. XXVIII, No. 1 (Juni, 2012): 55-64

Andi Maya Purnamasari, 2011, Pengembangan Masyarakat untuk pariwisata di Kampung Wisata Toddabojo Provinsi Sulawesi Selatan, Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 22 No. 1, April 2011, hlm.49 – 64.

Web Resmi Kabupaten Pandeglang

Downloads