PENGUATAN KAPASITAS PEMERINTAH DAERAH DENGAN PEMERIKSAAN PAJAK

Authors

  • Benny Gunawan Ardiansyah Jurusan Pajak, Politeknik Keuangan Negara STAN
  • Rachmad Utomo Jurusan Pajak, Politeknik Keuangan Negara STAN

Keywords:

Pajak Daerah, Pemeriksaan Pajak, Pemerintah Daerah

Abstract

Berbagai hasil penelitian menunjukkan adanya indikasi bahwa desentralisasi, dilihat dari perspektif pengelolaan keuangan, belum berhasil dilaksanakan di Indonesia. Fenomena flypaper effect terjadi di hampir seluruh Pemerintah Daerah. Mereka melakukan belanja daerah yang jauh lebih banyak dibandingkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Desentraisasi adalah suatu realita politik sehingga yang dibutuhkan oleh Pemerintah Darah adalah peningkatan PAD salah satunya dengan pelaksanaan pemeriksaan pajak. Penelitian ini akan mencoba untuk melakukan asersi atas kemampuan dan kapasitas daerah dalam melakukan pemeriksaan pajak. Penelitian tentang pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu hasil wawancara dengan informan pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Hasil penelitian atas pelaksanaan pemeriksaaan pajak daerah yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah bersifat tidak optimal yang diakibatkan tiga permasalahan mendasar, yakni tentang regulasi khusus, masalah kelembagaan dan Sumber Daya Manusia serta masalah koordinasi internal dan eksternal.

References

Cornia, G.C, Sjoquist, D.L. and. Walters, L.C. 2004. Sales and Use Tax Simplification and Voluntary Compliance. Public Budgeting & Finance / Spring 2004 Kang, Y. and Setyawan, D., 2012. Intergovernmental Transfer And The Flypaper Effect–Evidence From Municipalities/Regencies In Indonesia.

Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah. 2014, diambil dari https://www.kppod.org/berita/view? id=286 tanggal 5 ovember 2019 Kuncoro, H., 2007. Fenomena Flypaper Effect pada kinerja keuangan pemerintah daerah kota dan Kabupaten di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi X, pp.1-29. Kusumadewi, D.A. and Rahman, A., 2007. Flypaper effect pada dana alokasi umum (DAU) dan pendapatan asli daerah (PAD) terhadap belanja daerah pada kabupaten/kota di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 11(1).

Mikesell , John L. 2014 Misconceptions about Value-Added and Retail Sales Taxes: Are They Barriers to Sensible Tax Policy? Public Financial PublicationsPublic Budgeting & Finance / Summer 2014 Nugroho, P., 2017. Analisis atas kemandirian Pemerintah Daerah dalam mengelola keuangannya. Info Artha, 5(1), pp .93-106. Nugroho, P., 2017. Analisis atas kapasitas keuangan pemda untuk mempertahankan kesinambungan penyelenggaraan layanan publik. Info artha, 5(1), pp. 55-76. Riduansyah, M., 2010. Kontribusi pajak daerah dan retribusi daerah terhadap pendapatan asli daerah (PAD) dan anggaran Pendapatan dan belanja daerah (APBD) guna mendukung Pelaksanaan Otonomi Daerah (Studi Kasus Pemerintah Daerah Kota Bogor). Hubs-Asia, 9(2). Sidik, M. 2002. Optimalisasi pajak daerah dan retribusi daerah dalam rangka meningkatkan kemampuan keuangan daerah. Makalah disampaikan Acara Orasi Ilmiah. Bandung, 10. Widarjono, A., 2006. Does Intergovernmental Transfers Cause Flypaper effect on Local Spending?. Economic

Downloads