PELATIHAN FINANCIAL LIFE SKILLS (FLS) UNTUK MEMBANGUN KEMANDIRIAN PEMUDA TARUNA POLITEKNIK PIKSI GANESHA

Authors

  • Rita Zulbetti Komputerisasi Akuntansi, Politeknik Piksi Ganesha Bandung
  • Perwito Perwito Komputerisasi Akuntansi, Politeknik Piksi Ganesha Bandung
  • Yunyun Ratna Administrasi Keuangan, Politeknik Piksi Ganesha Bandung

Keywords:

Keterampilan Hidup Berbasis Keuangan, Literasi Keuangan, Soft Skills, Andragogi

Abstract

Keterampilan Hidup Berbasis Keuangan atau Financial Life Skills Training merupakan salah satu program Youthwin Through Economic Participation (YEP) Project, bagian dari United States Agency for International Development (USAID). FLS training adalah pelatihan bagi kaum muda Indonesia pada usia rentan dengan tujuan agar mereka dapat terampil dalam mengelola keuangan dan dapat meraih keuntungan dari pertumbuhan ekonomi Indonesia. Politeknik Piksi Ganesha Bandung merupakan salah satu institusi pendidikan yang telah menandatangani MOU dengan pihak USAID YEP Project. Politeknik Piksi Ganesha Bandung sudah melaksanakan Pelatihan FLS yang mencakup 14 topik pelatihan soft skills dan literasi keuangan bagi 28 pemuda taruna. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pemuda dalam membuat keputusan keuangan yang sehat yang pada akhirnya mencapai kesejahteraan finansial individu dan menguatkan kompetensi pribadi pemuda untuk kesiapsiagaan kerja. Berdasarkan hasil kuesioner yang disebar oleh Trainer, kepuasan peserta pelatihan FLS pemuda adalah sebesar 95,85%. Kepuasan peserta pelatihan FLS yang tinggi ini dikarenakan oleh proses pembelajaran yang digunakan dalam FLS Training adalah metode yang dapat menciptakan suatu proses belajar yang dapat mengeksplorasi wawasan pengetahuan peserta dan dapat mengembangkan makna sehingga akan memberikan kesan yang mendalam terhadap apa yang telah dipelajarinya. Alternatif model pembelajaran ini yaitu metode adult learning atau andragogi.

References

Emma Dwi Ariyani. Deskriptif Mengenai Soft Skills pada Mahasiswa Di Polman Bandung. Jurnal Sosiohumaniora, Volume 15 no. 2 Juli 2013: 151 –,157.

Margaretha, Pambudhi. Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. JMK , VOL. 17, NO. 1, MARET 2015, 76–85. ISSN 1411- 1438 print,/ ISSN 2338-8234 online

Malcolm S. Knowles, Adult Learning: dalam Robert L. Craig (ed.), The ASTD Training and Development Handbook: A Guide to Human Resources and Development, fourth edition, Mc Graw Hill Inc., New York, 1987

Mansour Fakih et all., Belajar dari Pengalaman, P3M, Jakarta, 1989

Meutia Karunia Dewi. Telaah Financial Literasi Mahasiswa Feb Universitas Jenderal Soedirman: Suatu Implikasi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca- 1/article/download/720/753.

Panduan Pelatih dan Master Trainer, YEP, USAID, 2017.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 76,/POJK.07/2016. Peningkatan Literasi Dan Inklusi Keuangan Di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen Dan/Atau Masyarakat.

Rencana Pembelajaran FLS, YEP, USAID, 2017.,,Rita Zulbetti, Perwito. Financial Literacy for Micro, Small and Medium Enterprises (SMEs) on the Industrial Centers in Bandung Indonesia, https://osf.io/

Downloads