IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEUANGAN DALAM RANGKA MENGEMBANGKAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH PADA UMKM CENTER OLT (OLAHAN LAUT TUNGKAL ) DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Authors

  • Fitriaty Fitriaty Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Shofia Amin Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Idham Khalik Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Keywords:

Manajemen Keuangan, UMKM

Abstract

UMKM merupakan usaha yang ramah terhadap lingkungan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat sehingga dengan berkembangnya UMKM di harapkan dapat menyerap tenaga kerja secara langsung dan memebrikan dampak terhadap sektor rumah tangga . Namun dalam pelaksanaannya usaha ini kurang berkembang sesuai dengan yang di harapkan karena tingkat pertumbuhan , penjualan dan asset serta hutang piutang tidak terdata dengan baik . Seringkali usaha ini menggerus modal sendiri dan tidak mengetahui dengan pasti berapa keuntungan dan kebutuhan modal yang harus di siapkan sehingga keberlangsungan usaha tidak terjamin dengan baik . Tanjung Jabung Barat merupakan Kabupaten dengan wilayah laut yang cukup luas yang memiliki hasil laut yang cukup beraneka ragam, sehingga ini menjadi potensi untuk di kembangkan . Melihat kondisi dan letak geografis Kabupaten Tanjung Jabung Barat , ini merupakan sumber daya yang tergolong unik ( unique resources) yang tidak di miliki oleh setiap daerah. Banyak potensi yang dapat dikembangkan, khususnya di bidang industri makanan melalui usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang diharapkan dapat menampung kegiatan ekonomi, menambah lapangan kerja dan memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Bertolak dari potensi dan permasalahan mendasar ini maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan memberikan bimbingan terhadap implementasi manajemen keuangan .
Dalam kegiatan ini dilakukan pembinaan tentang buku kas, hutang, piutamg , dan persediaan melalui metode ceramah, simulasi dan diskusi.

References

Bank Indonesia (2015) Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Emrizal (2012).Pembinaan Manajemen Usaha dalam Rangka Mengembangkan Industri Kecil dan Menengah di Sumatera Barat. Polibisnis olume 4 Nomor 2 .

Fitriaty(2017). Laporan Penelitian Dosen Senior, Model Integrasi Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Meningkatkan Daya saing Daerah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Hasyim, Diana (2013) . Kualitas Manajemen Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) studi kasus pada Distro di Kota Medan. JUPIIS Volume 5 Nomor 2 Desmber 2013

Hasyim, Santoso (2014) Pelatihan Manajemen Keuangan pada Pelaku Usaha Toko Kelontong Dusun Puluhan, Desa Banyusidi, Pakis, Magelang JawaTengah., Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan No 2, Mei 2014.

Jogiyanto, H.M. (2010). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketujuh. BPFE. Yogyakarta.

Jogiyanto, H.M.(2011). Metodologi Penelitian Bisnis.Edisi Keempat. BPFE. Yogyakarta.

Kasmir. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Ketujuh. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Kristianti, Mariyana (2012). Peran Strategis Usaha Kecil Menengah (UKM) Dalam Pembangunan Nasional. Jurnal Informarika Vol 3 No 1 Januari 2012

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Tanjung Jabung Barat 2016

Riyanto, Bambang (2011) Dasar – Dasar Pembelanjaan Perusahaan Edisi ke empat, Penerbit BPFE Yogyakarta.

Zimmerer. 2005. Pengantar kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Surabaya Univ. Kristen Petra Publisher

Downloads