PENGEMBANGAN UKM MELALUI DESAIN PRODUK DAN KEMAMPUAN BERSAING

Authors

  • Nana Umdiana Akuntansi, Universitas Serang Raya
  • Neneng Sri Suprihatin Akuntansi, Universitas Serang Raya
  • Kodriyah Kodriyah Akuntansi, Universitas Serang Raya

Keywords:

UKM, Desain Produk

Abstract

Perkembangan suatu unit usaha dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal perusahaan maupun eksternal perusahaan. Tujuan pembuatan laporan ini adalah untuk menganalisis apakah desain produk dan kemampuan bersaing menjadi salah atu faktor untuk meningkatkan perkembangan UKM di Kota Serang. Metode laporan ini adalah explanatoryresearch. Populasinya adalah UKM di yang berada di wilayah Kecamatan Serang yang diambil menggunakan Teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi dan kuisioner. Analisis data menggunakan analisis linier berganda. Hasil dari pengamatan menunjukkan Desain Produk berpengaruh dan signifikan terhadap Perkembangan UKM di Kota Serang, hasil ini sangat menggambarkan bahwa desain produk yang menarik bisa menjadi salah satu dasar dalam mengembangan usaha. sedangkan Kemampuan Bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perkembangan UKM di Kota Serang. Berarti para pelaku UMKM di kota Serang bisa bersaing dengan kota-kota lain di seluruh Indonesia. Peneliti menyarankan agar UKM senantiasa meningkatkan pemilihan desain produk yang diminati oleh masyarakat dan meningkatkan kemampuan bersaing untuk mengembangkan usahanya sehingga dapat terus berkembang di tengah persaingan yang sangat ketat.

References

Haryadi, Dedi. Erna Ermawati Chotim, Maspiyati. 1998. Tahap Perkembangan Usaha Kecil: Dinamika dan Peta Potensi Pertumbuhan. Bandung: Yayasan AKATIGA.

Hikmat, Mahi M. 2011. Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Singarimbun, Masri& Sofyan Effendi.2006.Metode Penelitian Survei (Editor). LP3ES: Jakarta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Lestari, Citra. Nawazirul Lubis, Widayanto. 2015. Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk Dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Universitas Diponegoro.

Ling, Ay. 2013. Pengelolaan Dan Pengembangan Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Menengah. AGORA Vol. 1, No. 1. Setiawan, Heri. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil di Kota Palembang. ORASI BISNIS 8.2 (2012).

Aminudin, Asep. 2016. Pengaruh Desain Produk dan Lokasi Usaha Terhadap Keunggulan Bersaing pada Toko Tas Baleno Kabupaten Garut. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Komputer Indonesia. Bandung.

Haq, Annisa Diana. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Daya Saing Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Di Kabupaten Bantul. Tesis. Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Supranoto, Meike. 2009. Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar, Inovasi, Dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Tesis. Magister Manajemen, Universitas Diponegoro.

Admin Website. 2017. (Online). UMKM Belum Tersentuh, Bank Banten Harus Sasar Kalangan Bawah. (http://www.warbisukmlebak.com/detail/ukm-belum-tersentuh-bank-banten-harus-sasar-kalangan-bawah/). Diakses 23 November 2017

Downloads