PELATIHAN MANAJAMEN DAN ADMINISTRASI KEUANGAN SEKOLAH DI TK ‘AISYIYAH TANGERANG SELATAN

Authors

  • Roosita Meilani Dewi Keuangan dan Perbankan, STIE Ahmad Dahlan Jakarta
  • Aam Aminah Akuntasni, STIE Ahmad Dahlan Jakarta

Keywords:

manajemen keuangan, lembaga Pendidikan, amal usaha

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil laporan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di sekolah TK ‘Aisyiyah di Tangerang Selatan yaitu melalui pelatihan manajemen dan administrasi keuangan sekolah. Pelatihan ini diselenggarakan kerjasama antara STIE Ahmad Dahlan Jakarta dan mengetahui pengelolaan keuangan lembaga pendidikan/sekolah. Secara majelis Dikdasmen Pengurus ‘Aisyiyah Tangrerang Selatan.Kegitan ini merupakan sinergi antar amal usaha Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di satu wilayah kerja. Pelatihan yang dilakukan dengan metode pemaparan, dan feedback timbal balik dengan peserta kemudian praktek pelaksanaan administrasi keuangan pada masing-masing sekolah.Melalui pelatihan ini, peserta berhasil memahami pentingnya pengelolaan keuangan di sekolah dan pentingnya pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien menggunakan akuntansi dasar untuk menunjang pengembangan sekolah.

References

Lembaga Pengembangan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. 2014. Panduan Pengabdian Masyarakat STIE Ahmad Dahlan Jakarta.

Gunter, Helen, M.2002 Educational Management & Administration.Journal of The British Educational Leadership,management & Administratio Society.SAGE publication.

Arikunto Suharsimi.1988. Pengelolan Kelas dan Siswa.CV Rajawali.Jakarta

Andiawati. Etty. 2017.Jurnal FKIP UNS:Pengelolaan Keuangan Lembaga Pendidikan/Sekolah. Vol 3No 1. Surakarta

Downloads