KEKUATAN VISI MISI DALAM MEMANDU ARAH STRATEGIS UMKM LEBON

  • M. Setiawan Kusmulyono Universitas Prasetiya Mulya
  • Teguh Endaryono Universitas Prasetiya Mulya
Keywords: visi, misi, stratejik, UMKM, keberlanjutan

Abstract

Visi dan misi merupakan komponen stratejik dalam mendukung formulasi strategi perusahaan. Ketiadaan visi dan misi membuat perusahaan tidak mampu untuk melihat potensi masa depan dan cenderung mendorong pemikiran jangka pendek. Bagi UMKM, pemikiran stratejik belum menjadi kebutuhan utama. Ketiadaan visi dan misi dianggap hal biasa sebelum munculnya masalah-masalah yang mengancam keberlanjutan usaha. UMKM Lebon yang terletak di Kecamatan Cisauk menghadapi hal serupa. Eksistensi melalui pengolahan ikan lele dan kemudian melakukan diversifikasi produk yang beragam ternyata bukan merupakan strategi jitu bertahan di pasar. Berkat dukungan Program Hibah Kemitraan Masyarakat Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, UMKM Lebon sedang berupaya menentukan ulang arah strategis melalui perumusan visi dan misi usaha secara terstruktur untuk bertahan dan bertumbuh di masa depan.

References

Alwi, Syafaruddin (2006). Penguasaan terhadap Visi, Misi dan Nilai-nilai Organisasi serta Implikasinya terhadap Kinerja Individu: Diagnosis Organisasi Kelompok Restoran Pringsewu. Jurnal Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen. Vol 8 No 2, Hal 99-112.

David, Fred R. 2011. Strategic Management; Concept and Cases 13th ed. Prentice Hall.

Fassin, Yves; Rossem, Annick Van, dan Buelens, Marc (2011). Small-Business Owner-Managers’ Perceptions of Business Ethics and CSR-related Concepts. Journal of Business Ethics. 98; 425-453.

Gunawan, Sandy dan Kusmulyono, MS (2016). Aksesibilitas dan Modal Sosial dalam Menunjang Kinerja Individual Pengusaha Mikro Pedesaan. Jurnal Kewirausahaan dan Usaha Kecil Menengah. Vol 1 No 2, Hal 68 – 77.

Henry, A. Understanding Strategic Management, Oxford, UK: Oxford University Press, 2008, ch. 1, pp. 11-12.

Papula, J dan Papulova, Z. StrategickýManažment. Teoretické Východiská Alebo Jadro Vedomostí, 1st. ed. Bratislava, SR: Kartprint, 2009, ch. 4, pp. 50-51

Papulova, Z. 2014. The Significance of Vision and Mission Development for Enterprises in Slovak Republic. Journal of Economics, Business and Management. Vol 2 No 1. 12 - 16

Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 2015. Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia.

Ritson, Neil. Strategic Management. Bookboon.com. 2013.

T. L. Wheelen and J. D. Hunger, Strategic Management and Business Policy, 3rd ed., MA: Addison-Wesley Publishing Company, 1989, ch. 1, pp. 10-17.

CROSSMARK
DIMENSIONS