PEMBERDAYAAN IBU-IBU RUMAH TANGGA MELALUI MODIFIKASI JILBAB ANAK UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DI DESA ROCEK

  • Tri Harjawati Pendidikan IPS, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Jeni Andriani Manajemen, Universitas Pamulang
  • Hamsinah B. Manajemen, Universitas Pamulang
Keywords: Pemberdayaan Ibu-ibu Rumah Tangga, Modifikasi Jilbab Anak, Ekonomi Keluarga

Abstract

Penelitian ini mengenai kegiatan pemberdayaan bagi ibu-ibu rumah tangga melalui pelatihan keterampilan berupa modifikasi jilbab anak. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat di Desa Rocek dalam bentuk pelatihan usaha modifikasi jilbab. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian Evaluasi yang dikembangkan oleh Stuffle beam yaitu CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini sebanyak 40 orang yang terdiri dari informan utama yaitu para peserta pelatihan serta informan pendukung yaitu pengurus yayasan, Ibu rw dan kader PKK di Desa Rocek Kampung Citeureup Pandeglang Banten. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dengan teknik credibility (validitas internal), transferability (validitaseksternal), dependability (reliabilitas), dan confirmability (obyektivitas). Sedangkan Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat berjalan dengan baik, hal ini terlihat dari antusiasnya para peserta mengikuti pelatihan dari satu tahap ke tahap berikutnya. Kreasi Jilbab Anak bisa merupakan peluang usaha yang baik untuk meningkatkan ekonomi keluarga, hal ini dikarenakan masih banyaknya sekolah Islam (PAUD/TK) di lingkungan Pandeglang Banten yang belum memiliki ciri khas kerudung dan belum ada penjual yang menjual kerudung anak dengan kreasi yang unik. Harapan para ibu-ibu tentang kegiatan pelatihan ini yaitu di adakan kegiatan lagi dalam meningkatkan keterampilan dan kreatifitas dalam untuk mencapai kualitas ekonomi keluarga disertai dengan tambahan modal.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Edi Suharto. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung : PT Reefika Aditama

Elfi Susanti VH dan Endang Susilowati. 2016. Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Produksi Sabun Dan Deterjen. Alamat : https://jurnal.uns.ac.id/jurnal-semar/article/download/4570/3978. Di akses pada tanggal 8 Agustus 2018

Isbandi Rukminto Adi. 2001. Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas (Pengantar pada Pemikiran dan Pendekatan Praktis). Depok : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Mongid, A. 1995. Gerakan Pembangunan Keluarga Sejahtera. Jakarta: BKKBN.

Patilima, Hamid. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Pujosuwarno, Sayekti. 1994. Bimbingan Dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: Menara Mas Offset.

Ulumil Istifaiyah dan Dr. Widodo M.Pd.2017. Pengelolan Program Pelatihan Kerajinan Batik Bagi Ibu-ibu PKK di Desa Betoyo Guci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Alamat : https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar/19847. Di Akses pada tanggal 8 Agustus 2018.

CROSSMARK
DIMENSIONS