PELATIHAN PEMBUATAN PACKAGING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI KOTA TANGERANG SELATAN

  • Siti Maryama STIE Ahmad Dahlan Jakarta
  • Pitri Yandri STIE Ahmad Dahlan Jakarta
  • Imal Istimal STIE Ahmad Dahlan Jakarta
Keywords: Pelatihan, Kemasan, UMKM

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan pembuatan kemasan produk mulai daripembuatan desain, pemindahan pola/desain, membentuk, hingga finishing, pada pelaku usaha UMKM di Kota Tangerang Tangerang Selatan. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi ceramah, diskusi, demonstrasi, praktek, dan observasi. Kegiatan ini telah diaksanakan sesuai dengan metode yang telah ditentukan sebelumnya. Selain adanya peningkatan pengetahuan peserta terhadap kemasan produk, peserta juga memiliki kemasan yang baru dan menarik. Hasil survey terhadap kemasan baru menujukkan bahwa rata-rata responden menyukai kemasan baru peserta. Dengan kata lain kemasan baru dapat menarik konsumen.

References

Wells, L. E., Farley, H., & Armstrong, G. A. 2007. The importance of packaging design for own-label foodbrands. International Journal of Retail and Distribution Management, 35 (9), 677-690.

Wirya, I. 1999. Kemasan yang Menjual. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Gonzalez, M.P., Thorhsbury S., & Twede D. 2007. Packaging as a tool for product development: Communicatingvalue to consumers. Journal of Food Distribution Research, 38 (1): 61-66.

Rundh, B. 2005. The multi-faceted dimension of packaging. British Food Journal, 107 (9), 670-684.

Resmi, N., dan Wismiarsi, T., 2015. Pengaruh Kemasan Dan Harga Pada Keputusan Pembelian Minuman Isotonik. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol.13 No.1 Maret 2015

Wahyuni, C.,. 2017. Studi tentang pengaruh daya tarik desain kemasan terhadap minat konsumen (studi kasus coklat full cream produksi PT. Welco, Surabaya), https://tinyurl.com/y9hw7wlh(diakses November 2017)

CROSSMARK
DIMENSIONS