Pelatihan Digitalisasi dan Pengelolaan Produk UMKM Makanan Halal Tradisional di Sukoharjo

Authors

  • Tri Mulyaningsih Universitas Sebelas Maret
  • Lely Ratwianingsih Universitas Sebelas Maret
  • Arif Rahman Hakim Universitas Sebelas Maret
  • Mulyadi Mulyadi Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v3i2.1401

Keywords:

Go digital, Halal, UMKM

Abstract

Pelatihan ini bertujuan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar mempunyai kemampuan dalam peningkatan penjualan dan jangkauan pasar melalui media digital.  UMKM yang dipilih sebagai obyek pelatihan adalah anggota yang mendapatkan pembiayaan dari Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Fadhilah Sentosa. Tujuan lain yang diharapkan dari pelatihan ini adalah UMKM mampu mengelola produk makanan tradisional sehingga menjadi ekosistem produk unggulan halal di Kabupaten Sukoharjo. Metode yang digunakan adalah Pelatihan tatap muka dengan materi Teknik foto produk, pencatatan keuangan secara digital, optimalisasi pemasaran melalui marketplace dan beberapa persiapan untuk perijinan produk makanan halal. Hasil yang didapatkan adalah Peserta mampu mengikuti dan melaksanakan materi pelatihan dengan baik. Hambatan-hambatan yang muncul pada saat monitoring adalah kekurangan sumber daya yang mengurus khususnya pemasaran online dan pencatatan keuangan.

References

Amarul, A., Suryaman, S., & Azis, A. 2018. Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Yang Kreaktif Dan Inovatif Melalui Pemasaran Berbasis Online. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(1), 21–25. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.458

Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo. 2021. DPKUKM Dalam Angka. https://dpkukm.sukoharjokab.go.id/dpkukm-dalam-angka/umkm

Djuari, M. N., & Yuwono, C. J. 2018. Media Promosi “Cakery Mamah Hani†di Era Digital, Jangan Lupakan Promosi Offline. Kuat: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(1), 63–69. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.464

Febriandirza, A. 2020. Perancangan Aplikasi Absensi Online Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Kotlin. Pseudocode, (2), 123-133, https://doi.org/10.33369/pseudocode.7.2.123-133

Handika, F., & Azhara, S. 2018. Membangun Ekonomi Masyarakat Melalui Edukasi Dan Pelatihan Wirausaha Kreatif. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(2), 83–88. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i2.467

Haptari, V. D., & Nugroho, R. 2019. Literasi Akuntansi Dan Pemasaran Online Bagi Umkm Desa Tirtonirmolo Kabupaten Bantul. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(3), 190–193. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i3.632

Ingratubun, M. A., Fahly, A. P., Cahyadie, B., Nizara, N. I., & Rantini, R. R. 2021. Dutch Curse on Indonesia: Unemployment by Asian Development Bank (ADB) Loan Projects. Gadjah Mada International Journal of Business, 23(2), 113-136. https://doi.org/10.22146/gamaijb.63409

Irawan, P. L. T., & Prilianti, K. R. 2020. Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Melalui Implementasi

E-Commerce Di Kelurahan Tlogomas. Jurnal Solma, 9(1), 33-44. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4347

Mulyadi, M. 2020. Analisis Promosi Dan Branding Untuk Penguatan Eksistensi Kampung Wayang Kepuhsari, Manyaran. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.826

Sudaryanto, R., & Wijayanti, R. R. 2013. Strategi pemberdayaan UMKM menghadapi pasar bebas Asean. Pusat Kebijakan Ekonomi Makro. Badan Kebijakan Fiskal. Kementerian Keuangan, Jakarta. https://kemenkeu.go.id/sites/default/files/strategi%20pemberdayaan%20umkm.pdf

Suprayogi, B., & Razak, A. 2019. Implementasi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku UMKM Pamokolan Ciamis. Produktif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 16-24. https://umtas.ac.id/journal/index.php/produktif/article/view/669

Tambunan, T. 2020. Pasar Tradisional dan Peran UMKM. PT Penerbit IPB Press. https://books.google.co.id/books?id=P6_1DwAAQBAJ&dq

Zulpahmi, Z., Sumardi, S., & Setiawan, E. 2018. Pembekalan Bisnis Digital Bagi Angkatan Muda

Muhammadiyah Kabupaten Bogor. Syukur (Jurnal Inovasi Sosial Dan Pengabdian Masyarakat), 1(1), 90-97, https://doi.org/10.22236/syukur_vol1/is1pp90-97

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Mulyaningsih, T., Ratwianingsih, L., Hakim, A. R., & Mulyadi, M. (2021). Pelatihan Digitalisasi dan Pengelolaan Produk UMKM Makanan Halal Tradisional di Sukoharjo . KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 3(2), 83–88. https://doi.org/10.31092/kuat.v3i2.1401