Pelatihan Digitalisasi dan Pengelolaan Produk UMKM Makanan Halal Tradisional di Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v3i2.1401Keywords:
Go digital, Halal, UMKMAbstract
Pelatihan ini bertujuan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar mempunyai kemampuan dalam peningkatan penjualan dan jangkauan pasar melalui media digital. UMKM yang dipilih sebagai obyek pelatihan adalah anggota yang mendapatkan pembiayaan dari Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Fadhilah Sentosa. Tujuan lain yang diharapkan dari pelatihan ini adalah UMKM mampu mengelola produk makanan tradisional sehingga menjadi ekosistem produk unggulan halal di Kabupaten Sukoharjo. Metode yang digunakan adalah Pelatihan tatap muka dengan materi Teknik foto produk, pencatatan keuangan secara digital, optimalisasi pemasaran melalui marketplace dan beberapa persiapan untuk perijinan produk makanan halal. Hasil yang didapatkan adalah Peserta mampu mengikuti dan melaksanakan materi pelatihan dengan baik. Hambatan-hambatan yang muncul pada saat monitoring adalah kekurangan sumber daya yang mengurus khususnya pemasaran online dan pencatatan keuangan.
References
Amarul, A., Suryaman, S., & Azis, A. 2018. Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Yang Kreaktif Dan Inovatif Melalui Pemasaran Berbasis Online. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(1), 21–25. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.458
Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo. 2021. DPKUKM Dalam Angka. https://dpkukm.sukoharjokab.go.id/dpkukm-dalam-angka/umkm
Djuari, M. N., & Yuwono, C. J. 2018. Media Promosi “Cakery Mamah Hani†di Era Digital, Jangan Lupakan Promosi Offline. Kuat: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(1), 63–69. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.464
Febriandirza, A. 2020. Perancangan Aplikasi Absensi Online Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Kotlin. Pseudocode, (2), 123-133, https://doi.org/10.33369/pseudocode.7.2.123-133
Handika, F., & Azhara, S. 2018. Membangun Ekonomi Masyarakat Melalui Edukasi Dan Pelatihan Wirausaha Kreatif. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(2), 83–88. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i2.467
Haptari, V. D., & Nugroho, R. 2019. Literasi Akuntansi Dan Pemasaran Online Bagi Umkm Desa Tirtonirmolo Kabupaten Bantul. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(3), 190–193. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i3.632
Ingratubun, M. A., Fahly, A. P., Cahyadie, B., Nizara, N. I., & Rantini, R. R. 2021. Dutch Curse on Indonesia: Unemployment by Asian Development Bank (ADB) Loan Projects. Gadjah Mada International Journal of Business, 23(2), 113-136. https://doi.org/10.22146/gamaijb.63409
Irawan, P. L. T., & Prilianti, K. R. 2020. Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Melalui Implementasi
E-Commerce Di Kelurahan Tlogomas. Jurnal Solma, 9(1), 33-44. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4347
Mulyadi, M. 2020. Analisis Promosi Dan Branding Untuk Penguatan Eksistensi Kampung Wayang Kepuhsari, Manyaran. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.826
Sudaryanto, R., & Wijayanti, R. R. 2013. Strategi pemberdayaan UMKM menghadapi pasar bebas Asean. Pusat Kebijakan Ekonomi Makro. Badan Kebijakan Fiskal. Kementerian Keuangan, Jakarta. https://kemenkeu.go.id/sites/default/files/strategi%20pemberdayaan%20umkm.pdf
Suprayogi, B., & Razak, A. 2019. Implementasi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku UMKM Pamokolan Ciamis. Produktif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 16-24. https://umtas.ac.id/journal/index.php/produktif/article/view/669
Tambunan, T. 2020. Pasar Tradisional dan Peran UMKM. PT Penerbit IPB Press. https://books.google.co.id/books?id=P6_1DwAAQBAJ&dq
Zulpahmi, Z., Sumardi, S., & Setiawan, E. 2018. Pembekalan Bisnis Digital Bagi Angkatan Muda
Muhammadiyah Kabupaten Bogor. Syukur (Jurnal Inovasi Sosial Dan Pengabdian Masyarakat), 1(1), 90-97, https://doi.org/10.22236/syukur_vol1/is1pp90-97
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.