Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Manipulatif Bernuansa Budaya Lokal di SD Negeri II Kedungjaya Kabupaten Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v3i2.1431Keywords:
Alat Peraga Manipulatif, Pelatihan Guru SD, Pembelajaran SDAbstract
Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas dengan menggunakan media pembelajaran yaitu alat peraga manipulatif. Sumber daya lingkungan sekitar sekolah dapat dimanfaatkan untuk membuat alat peraga yang sederhana. Konsep matematika yang abstrak dapat dijembatani dengan keberadaan bahan manipulatif ini. Selain itu, siswa sekolah dasar yang pola perkembangan kognitifnya berada pada tahapan operasional konkrit, dapat lebih mudah memahami konsep matematika dan lebih termotivasi lagi untuk belajar. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan di SDN II Kedungjaya Kabupaten Cirebon, diperoleh informasi bahwa guru memberikan materi dengan berpedoman pada buku paket saja, dan jarang menggunakan alat peraga. Guru sering kehabisan waktu jika menggunakan alat peraga. Adapun tujuan dari pengabdian ini yaitu memberikan pelatihan, keterampilan pada guru untuk mengembangkan dan membuat alat peraga manipulatif dengan bahan utama botol atau plastik. Metode pengabdian ini terbagi menjadi tiga tahap, yaitu analisis, desain dan pembuatan alat peraga manipulatif. Instrumen yang digunakan meliputi wawancara terstruktur, angket dan dokumentasi. Dari hasil pengabdian yang telah diselenggarakan, guru-guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan workshop. Hal ini ditandai dengan banyaknya pertanyaan, dan sharing tentang pembelajaran yang telah dilakukan selama ini. Guru-guru pun mencoba membuat alat peraga dari bahan manipulatif yang akan diimplementasikan di kelas nya masing-masing.
References
Basri, H. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Alat Ukur dengan Menggunakan Alat Peraga. Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK), 2(3), 448–467. http://ojs.serambimekkah.ac.id/JKK/article/view/2161
Fahradina, N., Ansari, B. I., & Saiman, S. 2014. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa smp dengan menggunakan model investigasi kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 54-64. http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2077
Febrianti, Y., Djahir, Y., & Fatimah, S. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dengan Memanfaatkan Lingkungan pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 3(1), 121–127. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5561
Hanafi, Y., Murtadho, N., & Ikhsan, M. A. 2020. Reinforcing Public University Student’s Worship Education by Developing and Implementing Mobile-Learning Management System in the ADDIE Instructional Design Model. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(2), 215-241. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i02.11380
Hidayah, I., & Wijaya, M. 2014. Keefektivan Pembelajaran Matematika di SD dengan Memanfaatkan Alat Bantu Pembelajaran Berbasis Konservasi. Seminar Nasional Konservasi Dan Kualitas Pendidikan 2014. 47-57. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/23408/
Hidayati, A. U. 2017. Melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 143–156. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/2222
Jamun, Y. M. 2018. Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54
Kanastren, O. R., Bintoro, H. S., & Zuliana, E. 2018. Pendekatan RME Berbantuan Alat Peraga Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Sambiroto. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 195–204. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/609
Kho, R., & Tyas, D. K. N. 2020. Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika bagi Guru-Guru SD YPK Yoka Baru Waena Kota Jayapura. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2), 97-100, http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1072
Pangaribuan, F., & Pangaribuan, R. K. 2021. Pengembangan Alat Peraga Dari Limbah Plastik Untuk Materi Geometri Bidang Datar Jenjang Sekolah Dasar [Creating Teaching Aid From Plastic Waste On Plane Geometry In Elementary School]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 31–43. https://ojs.uph.edu/index.php/JOHME/article/view/3528
Posamentier, A. S., Smith, B. S., & Stepelman, J. 2010. Teaching secondary mathematics: Teaching and enrichment units. Boston, MA: Allyn & Bacon. https://www.google.co.id/books/edition/_/lVHqPgAACAAJ?hl
Sari, V. F., Pebriyani, D., & Afriyenti, M. 2020. Pemantapan Materi Akuntansi Desa Sebagai Upaya Persiapan Guru Smk Mengajar Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Desa. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 64–70. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.662
Shavira, L. E. 2021. Penggunaan alat peraga ABD Ajaib dalam pembelajaran matematika realistik berbasis budaya. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 225–235. http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/8850
Susanta, A., Susanto, E., & Rusdi, R. 2021. Pelatihan pembuatan alat peraga matematika kreatif berbahan kertas bekas untuk Guru MI Humairah Kota Bengkulu. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/dr.v19i1.13089
Wahyudin. 2010. Materi Pembelajaran Matematika Kelas Rendah. Bandung: Mandiri
Yusuf, W. F. Y. W. F. 2015. Media Limbah Botol Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pai Di Ra Miftahul Khoir I Karangrejo Purwosari. Jurnal Al-Murabbi, 1(1), 117–140. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/390
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.