Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Manipulatif Bernuansa Budaya Lokal di SD Negeri II Kedungjaya Kabupaten Cirebon

Authors

  • Setiyani Setiyani Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon
  • Ferry Ferdianto Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon
  • Tarmidzi Tarmidzi Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon
  • Dina Pratiwi Dwi Santi Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon
  • Jaufillaili Jaufillaili Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon
  • Turini Erawati Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v3i2.1431

Keywords:

Alat Peraga Manipulatif, Pelatihan Guru SD, Pembelajaran SD

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas dengan menggunakan media pembelajaran yaitu alat peraga manipulatif. Sumber daya lingkungan sekitar sekolah dapat dimanfaatkan untuk membuat alat peraga yang sederhana. Konsep matematika yang abstrak dapat dijembatani dengan keberadaan bahan manipulatif ini. Selain itu, siswa sekolah dasar yang pola perkembangan kognitifnya berada pada tahapan operasional konkrit, dapat lebih mudah memahami konsep matematika dan lebih termotivasi lagi untuk belajar. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan di SDN II Kedungjaya Kabupaten Cirebon, diperoleh informasi bahwa guru memberikan materi dengan berpedoman pada buku paket saja, dan jarang menggunakan alat peraga. Guru sering kehabisan waktu jika menggunakan alat peraga. Adapun tujuan dari pengabdian ini yaitu memberikan pelatihan, keterampilan pada guru untuk mengembangkan dan membuat alat peraga manipulatif dengan bahan utama botol atau plastik. Metode pengabdian ini terbagi menjadi tiga tahap, yaitu analisis, desain dan pembuatan alat peraga manipulatif. Instrumen yang digunakan meliputi wawancara terstruktur, angket dan dokumentasi. Dari hasil pengabdian yang telah diselenggarakan, guru-guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan workshop. Hal ini ditandai dengan banyaknya pertanyaan, dan sharing tentang pembelajaran yang telah dilakukan selama ini. Guru-guru pun mencoba membuat alat peraga dari bahan manipulatif yang akan diimplementasikan di kelas nya masing-masing.

References

Basri, H. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Alat Ukur dengan Menggunakan Alat Peraga. Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK), 2(3), 448–467. http://ojs.serambimekkah.ac.id/JKK/article/view/2161

Fahradina, N., Ansari, B. I., & Saiman, S. 2014. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa smp dengan menggunakan model investigasi kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 54-64. http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2077

Febrianti, Y., Djahir, Y., & Fatimah, S. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dengan Memanfaatkan Lingkungan pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 3(1), 121–127. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5561

Hanafi, Y., Murtadho, N., & Ikhsan, M. A. 2020. Reinforcing Public University Student’s Worship Education by Developing and Implementing Mobile-Learning Management System in the ADDIE Instructional Design Model. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(2), 215-241. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i02.11380

Hidayah, I., & Wijaya, M. 2014. Keefektivan Pembelajaran Matematika di SD dengan Memanfaatkan Alat Bantu Pembelajaran Berbasis Konservasi. Seminar Nasional Konservasi Dan Kualitas Pendidikan 2014. 47-57. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/23408/

Hidayati, A. U. 2017. Melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 143–156. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/2222

Jamun, Y. M. 2018. Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54

Kanastren, O. R., Bintoro, H. S., & Zuliana, E. 2018. Pendekatan RME Berbantuan Alat Peraga Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Sambiroto. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 195–204. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/609

Kho, R., & Tyas, D. K. N. 2020. Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika bagi Guru-Guru SD YPK Yoka Baru Waena Kota Jayapura. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2), 97-100, http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1072

Pangaribuan, F., & Pangaribuan, R. K. 2021. Pengembangan Alat Peraga Dari Limbah Plastik Untuk Materi Geometri Bidang Datar Jenjang Sekolah Dasar [Creating Teaching Aid From Plastic Waste On Plane Geometry In Elementary School]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 31–43. https://ojs.uph.edu/index.php/JOHME/article/view/3528

Posamentier, A. S., Smith, B. S., & Stepelman, J. 2010. Teaching secondary mathematics: Teaching and enrichment units. Boston, MA: Allyn & Bacon. https://www.google.co.id/books/edition/_/lVHqPgAACAAJ?hl

Sari, V. F., Pebriyani, D., & Afriyenti, M. 2020. Pemantapan Materi Akuntansi Desa Sebagai Upaya Persiapan Guru Smk Mengajar Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Desa. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 64–70. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.662

Shavira, L. E. 2021. Penggunaan alat peraga ABD Ajaib dalam pembelajaran matematika realistik berbasis budaya. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 225–235. http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/8850

Susanta, A., Susanto, E., & Rusdi, R. 2021. Pelatihan pembuatan alat peraga matematika kreatif berbahan kertas bekas untuk Guru MI Humairah Kota Bengkulu. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/dr.v19i1.13089

Wahyudin. 2010. Materi Pembelajaran Matematika Kelas Rendah. Bandung: Mandiri

Yusuf, W. F. Y. W. F. 2015. Media Limbah Botol Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pai Di Ra Miftahul Khoir I Karangrejo Purwosari. Jurnal Al-Murabbi, 1(1), 117–140. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/390

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Setiyani, S., Ferdianto, F., Tarmidzi, T., Santi, D. P. D., Jaufillaili, J., & Erawati, T. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Manipulatif Bernuansa Budaya Lokal di SD Negeri II Kedungjaya Kabupaten Cirebon. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 3(2), 107–114. https://doi.org/10.31092/kuat.v3i2.1431