Pendampingan Peningkatan Ekonomi Kreatif Kelurahan Pabuaran Kecamatan Walantaka Kota Serang Melalui Implementasi Kano Model dan E-commerce
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v3i2.1432Keywords:
E-commerce, Kano Model, Program Kemitraan MasyarakatAbstract
Produk kerajinan bambu memiliki potensi untuk dikembangkan dan dapat menjadi komoditas unggulan di kelurahan pabuaran, namun mutu produk kerajinan bambu yang terdapat saat ini masih mempunyai kelemahan sehingga belum bisa bersaing di pasaran. Fokus utama program pengabdian adalah memberikan sosialisasi serta pelatihan baik secara teori ataupun aplikasi dalam pengembangan produk kerajinan bambu serta pemanfaatan teknologi guna memasarkan produk secara luas serta bernilai jual. Tujuan spesial yang diharapkan tercapai lewat program pengabdian masyarakat ini adalah kerajinan bambu sebagai industri kreatif yang bisa meningkatkan perekonomian di kelurahan pabuaran. Adapun metode yang digunakan meraih tujuan tersebut dengan penerapan Kano Model serta strategi E-commerce. Program pengabdian kepada masyarakat ini sudah 100% dilaksanakan dan telah menghasilkan luaran diantaranya yaitu (1) Produk yang cukup berkualitas sehingga dapat terjual di pasaran, (2) terlaksananya strategi pemasaran secara online melalui sosial media dan marketplace (3) meningkatkan kreativitas masyarakat untuk terus mengembangkan kerajinan bambu sebagai bagian dari industri kreatif.
References
BPS Provinsi Banten, 2019. Pertumbuhan Produksi IBS Triwulan I 2019 turun 1,17 Persen sementara Pertumbuhan Produksi IMK Triwulan I 2019 naik 2,31 Persen, BPS Provinsi Banten, https://banten.bps.go.id/pressrelease/2019/05/02/489/pertumbuhan-produksi-ibs-triwulan-i-2019-turun-1-17-persen-sementara-pertumbuhan-produksi-imk-triwulan-i-2019-naik-2-31-persen.html
Chaffey, D., Ellis-Chadwick, F., Mayer, R., & Johnston, K. 2009. Internet marketing: strategy, implementation and practice. Pearson Education. https://books.google.co.id/books/about/Internet_Marketing.html?id=G9smMWZ-DWgC&redir_esc=y
Dzakiya, N., Fidelis Saka SDC, F. S. S., Rizki Eko Prasetyo, R. E. P., & Dwi Cahyo Bawono, D. C. B. 2020. Kampung Mompreneur: Pembinaan Dan Pemberdayaan Anggota Pkk Putat Wetan Berbasis Kewirausaan. In seminar nasional ke-6 LPPM UPN “VETERAN†Yogyakarta Implementasi Bela Negara Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (No. 12, pp. 123-134). LPPM UPN Veteran Yogyakarta. https://eprints.akprind.ac.id/269/
Falgenti, K., & Pahlevi, S. M. 2013. Evaluasi Kesuksesan Sistem Informasi ERP pada Usaha Kecil Menengah Studi Kasus: Implementasi SAP B1 di PT. CP. Jurnal Manajemen Teknologi, 12(2), 161-183. https://journal.sbm.itb.ac.id/index.php/mantek/article/view/497
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. 2019. Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. 2018. Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), 1(2), 61-76. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/article/view/175
Grandon, E., & Pearson, J. M. 2004. E-commerce adoption: perceptions of managers/owners of small and medium sized firms in Chile. Communications of the Association for Information Systems, 13(1), 81-102. https://aisel.aisnet.org/cgi/viewcontent.cgi?article=3226&context=cais
Irmawati, D. 2011. Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis–VI, 161-171. https://orasibisnis.files.wordpress.com/2012/05/dewi-imarwati_pemanfaatan-e-commerce-dalam-dunia-bisnis.pdf
Juniardi, J., & So, I. G. 2012. E-Marketing Berbasis Web untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Binus Business Review, 3(1), 413-424. https://doi.org/10.21512/bbr.v3i1.1330
Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Marketing management. Person Education. https://books.google.co.id/books/about/Marketing_Management.html?id=eMZRYgEACAAJ&redir_esc=y
Lasalewo, T. 2017. Integrasi Model Kano dan Teknik QFD dalam Kegiatan Pengembangan Produk: Suatu Tinjauan Kritis. In Seminar Nasional Seni dan Desain 2017 (pp. 380-385). State University of Surabaya. https://onesearch.id/Record/IOS3887.196105
Matzler, K., Bailom, F., von den Eichen, S. F., & Kohler, T. 2013. Business model innovation: coffee triumphs for Nespresso. Journal of Business Strategy.34(2), 30-37. https://doi.org/10.1108/02756661311310431
Nawangsasi, E. 2018. Penyuluhan Strategi Pemasaran Jajanan Pasar Pada Kelompok Ukm Di Desa Karangpandan, Kecamatan Karang Pandan, Kabupaten Karanganyar. WASANA NYATA, 2(2), 59-68. https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/wasana_nyata/article/view/356
Pawirosumarto, S., Katidjan, P. S., & Mulyanto, A. D. 2015. Pengaruh Computer Self-Efficacy Terhadap Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Penggunaan, Kepuasan Pengguna, Dan Dampak Individu. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(2), 310-327, https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/Jurnal_Mix/article/view/621
Permana, A. A., Handayani, N., & Taufiq, R. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pelatihan Pengolahan Sukun Menjadi Produk yang Memiliki Nilai Jual Tinggi. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(2), 105–110. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i2.470
Satyarini, R. 2016. Strategi diferensiasi sebagai alat untuk memenangkan persaingan pada industri kreatif di bandung. Bina Ekonomi, 20(1), 47-56. https://journal.unpar.ac.id/index.php/BinaEkonomi/article/view/1905
Schaupp, L. C. 2010. Web site success: Antecedents of web site satisfaction and re-use. Journal of Internet Commerce, 9(1), 42-64. https://doi.org/10.1080/15332861.2010.487414
Widioatmodjo, S. 2005. New Bussiness Model. Jakarta: Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=mfktwqH5NZsC&dq
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.