Pendampingan Peningkatan Ekonomi Kreatif Kelurahan Pabuaran Kecamatan Walantaka Kota Serang Melalui Implementasi Kano Model dan E-commerce

Authors

  • M Nurhaula Huddin Universitas Serang Raya
  • Nafiudin Nafiudin Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v3i2.1432

Keywords:

E-commerce, Kano Model, Program Kemitraan Masyarakat

Abstract

Produk kerajinan bambu memiliki potensi untuk dikembangkan dan dapat menjadi komoditas unggulan di kelurahan pabuaran, namun mutu produk kerajinan bambu yang terdapat saat ini masih mempunyai kelemahan sehingga belum bisa bersaing di pasaran. Fokus utama program pengabdian adalah memberikan sosialisasi serta pelatihan baik secara teori ataupun aplikasi dalam pengembangan produk kerajinan bambu serta pemanfaatan teknologi guna memasarkan produk secara luas serta bernilai jual. Tujuan spesial yang diharapkan tercapai lewat program pengabdian masyarakat ini adalah kerajinan bambu sebagai industri kreatif yang bisa meningkatkan perekonomian di kelurahan pabuaran. Adapun metode yang digunakan meraih tujuan tersebut dengan penerapan Kano Model serta strategi E-commerce. Program pengabdian kepada masyarakat ini sudah 100% dilaksanakan dan telah menghasilkan luaran diantaranya yaitu (1) Produk yang cukup berkualitas sehingga dapat terjual di pasaran, (2) terlaksananya strategi pemasaran secara online melalui sosial media dan marketplace (3) meningkatkan kreativitas masyarakat untuk terus mengembangkan kerajinan bambu sebagai bagian dari industri kreatif.

References

BPS Provinsi Banten, 2019. Pertumbuhan Produksi IBS Triwulan I 2019 turun 1,17 Persen sementara Pertumbuhan Produksi IMK Triwulan I 2019 naik 2,31 Persen, BPS Provinsi Banten, https://banten.bps.go.id/pressrelease/2019/05/02/489/pertumbuhan-produksi-ibs-triwulan-i-2019-turun-1-17-persen-sementara-pertumbuhan-produksi-imk-triwulan-i-2019-naik-2-31-persen.html

Chaffey, D., Ellis-Chadwick, F., Mayer, R., & Johnston, K. 2009. Internet marketing: strategy, implementation and practice. Pearson Education. https://books.google.co.id/books/about/Internet_Marketing.html?id=G9smMWZ-DWgC&redir_esc=y

Dzakiya, N., Fidelis Saka SDC, F. S. S., Rizki Eko Prasetyo, R. E. P., & Dwi Cahyo Bawono, D. C. B. 2020. Kampung Mompreneur: Pembinaan Dan Pemberdayaan Anggota Pkk Putat Wetan Berbasis Kewirausaan. In seminar nasional ke-6 LPPM UPN “VETERAN†Yogyakarta Implementasi Bela Negara Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (No. 12, pp. 123-134). LPPM UPN Veteran Yogyakarta. https://eprints.akprind.ac.id/269/

Falgenti, K., & Pahlevi, S. M. 2013. Evaluasi Kesuksesan Sistem Informasi ERP pada Usaha Kecil Menengah Studi Kasus: Implementasi SAP B1 di PT. CP. Jurnal Manajemen Teknologi, 12(2), 161-183. https://journal.sbm.itb.ac.id/index.php/mantek/article/view/497

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. 2019. Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. 2018. Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), 1(2), 61-76. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/article/view/175

Grandon, E., & Pearson, J. M. 2004. E-commerce adoption: perceptions of managers/owners of small and medium sized firms in Chile. Communications of the Association for Information Systems, 13(1), 81-102. https://aisel.aisnet.org/cgi/viewcontent.cgi?article=3226&context=cais

Irmawati, D. 2011. Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis–VI, 161-171. https://orasibisnis.files.wordpress.com/2012/05/dewi-imarwati_pemanfaatan-e-commerce-dalam-dunia-bisnis.pdf

Juniardi, J., & So, I. G. 2012. E-Marketing Berbasis Web untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Binus Business Review, 3(1), 413-424. https://doi.org/10.21512/bbr.v3i1.1330

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Marketing management. Person Education. https://books.google.co.id/books/about/Marketing_Management.html?id=eMZRYgEACAAJ&redir_esc=y

Lasalewo, T. 2017. Integrasi Model Kano dan Teknik QFD dalam Kegiatan Pengembangan Produk: Suatu Tinjauan Kritis. In Seminar Nasional Seni dan Desain 2017 (pp. 380-385). State University of Surabaya. https://onesearch.id/Record/IOS3887.196105

Matzler, K., Bailom, F., von den Eichen, S. F., & Kohler, T. 2013. Business model innovation: coffee triumphs for Nespresso. Journal of Business Strategy.34(2), 30-37. https://doi.org/10.1108/02756661311310431

Nawangsasi, E. 2018. Penyuluhan Strategi Pemasaran Jajanan Pasar Pada Kelompok Ukm Di Desa Karangpandan, Kecamatan Karang Pandan, Kabupaten Karanganyar. WASANA NYATA, 2(2), 59-68. https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/wasana_nyata/article/view/356

Pawirosumarto, S., Katidjan, P. S., & Mulyanto, A. D. 2015. Pengaruh Computer Self-Efficacy Terhadap Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Penggunaan, Kepuasan Pengguna, Dan Dampak Individu. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(2), 310-327, https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/Jurnal_Mix/article/view/621

Permana, A. A., Handayani, N., & Taufiq, R. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pelatihan Pengolahan Sukun Menjadi Produk yang Memiliki Nilai Jual Tinggi. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(2), 105–110. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i2.470

Satyarini, R. 2016. Strategi diferensiasi sebagai alat untuk memenangkan persaingan pada industri kreatif di bandung. Bina Ekonomi, 20(1), 47-56. https://journal.unpar.ac.id/index.php/BinaEkonomi/article/view/1905

Schaupp, L. C. 2010. Web site success: Antecedents of web site satisfaction and re-use. Journal of Internet Commerce, 9(1), 42-64. https://doi.org/10.1080/15332861.2010.487414

Widioatmodjo, S. 2005. New Bussiness Model. Jakarta: Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=mfktwqH5NZsC&dq

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Huddin, M. N. ., & Nafiudin, N. (2021). Pendampingan Peningkatan Ekonomi Kreatif Kelurahan Pabuaran Kecamatan Walantaka Kota Serang Melalui Implementasi Kano Model dan E-commerce . KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 3(2), 121–129. https://doi.org/10.31092/kuat.v3i2.1432