Literasi Keuangan Pasar Modal bagi Siswa SMK Bina Profesi Pekanbaru

Authors

  • Neneng - Salmiah Universitas Lancang Kuning
  • Rita Wiyati Universitas Lancang Kuning
  • Afred Suci Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v5i2.2241

Keywords:

Literasi Keuangan, Pasar Modal, SMK Bina Profesi Pekanbaru

Abstract

Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019 menunjukkan tingkat literasi keuangan sektor pasar modal paling rendah yaitu sebesar 4,29% dan persentase literasi keuangan berdasarkan klasifikasi usia yang paling rendah pada kelompok usia 15 – 17 tahun yaitu sebesar 15,92%. Kemudian hasil SNLIK tahun 2022 menunjukkan tingkat literasi keuangan sektor pasar modal juga paling rendah bahkan turun dibanding tahun 2019 yaitu sebesar 4,11%. Disamping itu, hasil SNLIK tahun 2022 berdasarkan kategori pendidikan juga menunjukkan tingkat literasi keuangan lulus SMP dan SMA masih rendah, masing-masing se­besar 46,61% dan 52,88%.  Dengan demikian Siswa SLTA menjadi sasaran penyuluhan untuk meningkatkan literasi keuangan khususnya tentang pasar modal. SMK Bina Profesi Pekanbaru adalah salah satu mitra FEB Unilak dalam melakukan tridharma perguruan tinggi. Berdasarkan hasil wawancara Tim PKM FEB dengan Kepala Sekolah SMK Bina Profesi Pekanbaru, diperoleh informasi bahwa Siswa SMK Bina Profesi Pekanbaru belum pernah mendapatkan literasi keuangan pasar modal sehingga literasi keuangan pasar modal siswa di sekolah tersebut masih rendah. PKM ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan pasar modal terkait pengetahuan tentang definisi pasar modal dan investasi, pentingnya investasi, saham, obligasi, reksadana, pengetahuan tentang tempat transaksi berinvestasi, peran bursa efek, produk-produk yang diperdagangkan di bursa efek. Metode yang digunakan adalah melakukan pre test, ceramah, tanya jawab, dan post test. Hasil yang dicapai dari Kegiatan PKM ini diperoleh dari perbandingan hasil post test dengan hasil pre test. Hasil perbandingan post test dengan hasil pre test menunjukkan bahwa sebelum dilakukan PKM, Siswa SMK Bina Profesi hanya memiliki pengetahuan tentang pentingnya berinvestasi dan setelah dilakukan PKM, ada peningkatan literasi keuangan pasar modal secara keseluruhan. 

 

Author Biography

Neneng - Salmiah, Universitas Lancang Kuning

Akuntansi

References

Anggarini, D. R., Putri, A. D., & Lina, L. F. (2021). Literasi Keuangan untuk Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 147-152, https://jamsi.jurnal-id.com/index.php/jamsi/article/view/42

Koran Sindo (2021). Generasi Milenial Melek Pasar Modal, https://nasional.sindonews.com-diakses 24 Feb 2022

Mulyani, E., Fitra, H., Taqwa, S., Agustin, H., & Arza, F. I. (2020). PKM Literasi Keuangan Melalui Pelatihan Trading Saham Syariah Pada Guru-Guru MGMP Akuntansi dan Ekonomi SMA Se-Kota Pariaman. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2(4), 3553-3557, http://jea.ppj.unp.ac.id/index.php/jea/article/view/303

Otoritas Jasa Keuangan (2022). Infografis Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Infografis-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx

Otoritas Jasa Keuangan (2021). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021 - 2025

Perwitasari, A. W., Cahyono, H., Risfanasari, L., & Salsabila, R. (2023). Penyuluhan dan Sosialisasi Pasar Modal bagi Siswa SMA/SMK di Gresik. Jurnal Abdidas, 4(1), 108-113., https://www.abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/762

Septiani, D., Martono, A., & Ferdiansyah, L. K. (2020). Pengenalan Manajemen Investasi Dan Pasar Modal Bagi Siswa/I Dan Guru Akuntansi Smk Bintang Nusantara. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2(1), 58-63, https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.681

Tandelilin, E. (2017). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio, BPFE

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Salmiah, N. .-., Wiyati, R., & Suci, A. . (2023). Literasi Keuangan Pasar Modal bagi Siswa SMK Bina Profesi Pekanbaru. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 5(2), 97–103. https://doi.org/10.31092/kuat.v5i2.2241