Literasi Keuangan Pasar Modal bagi Siswa SMK Bina Profesi Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v5i2.2241Keywords:
Literasi Keuangan, Pasar Modal, SMK Bina Profesi PekanbaruAbstract
Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019 menunjukkan tingkat literasi keuangan sektor pasar modal paling rendah yaitu sebesar 4,29% dan persentase literasi keuangan berdasarkan klasifikasi usia yang paling rendah pada kelompok usia 15 – 17 tahun yaitu sebesar 15,92%. Kemudian hasil SNLIK tahun 2022 menunjukkan tingkat literasi keuangan sektor pasar modal juga paling rendah bahkan turun dibanding tahun 2019 yaitu sebesar 4,11%. Disamping itu, hasil SNLIK tahun 2022 berdasarkan kategori pendidikan juga menunjukkan tingkat literasi keuangan lulus SMP dan SMA masih rendah, masing-masing sebesar 46,61% dan 52,88%. Dengan demikian Siswa SLTA menjadi sasaran penyuluhan untuk meningkatkan literasi keuangan khususnya tentang pasar modal. SMK Bina Profesi Pekanbaru adalah salah satu mitra FEB Unilak dalam melakukan tridharma perguruan tinggi. Berdasarkan hasil wawancara Tim PKM FEB dengan Kepala Sekolah SMK Bina Profesi Pekanbaru, diperoleh informasi bahwa Siswa SMK Bina Profesi Pekanbaru belum pernah mendapatkan literasi keuangan pasar modal sehingga literasi keuangan pasar modal siswa di sekolah tersebut masih rendah. PKM ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan pasar modal terkait pengetahuan tentang definisi pasar modal dan investasi, pentingnya investasi, saham, obligasi, reksadana, pengetahuan tentang tempat transaksi berinvestasi, peran bursa efek, produk-produk yang diperdagangkan di bursa efek. Metode yang digunakan adalah melakukan pre test, ceramah, tanya jawab, dan post test. Hasil yang dicapai dari Kegiatan PKM ini diperoleh dari perbandingan hasil post test dengan hasil pre test. Hasil perbandingan post test dengan hasil pre test menunjukkan bahwa sebelum dilakukan PKM, Siswa SMK Bina Profesi hanya memiliki pengetahuan tentang pentingnya berinvestasi dan setelah dilakukan PKM, ada peningkatan literasi keuangan pasar modal secara keseluruhan.
References
Anggarini, D. R., Putri, A. D., & Lina, L. F. (2021). Literasi Keuangan untuk Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 147-152, https://jamsi.jurnal-id.com/index.php/jamsi/article/view/42
Koran Sindo (2021). Generasi Milenial Melek Pasar Modal, https://nasional.sindonews.com-diakses 24 Feb 2022
Mulyani, E., Fitra, H., Taqwa, S., Agustin, H., & Arza, F. I. (2020). PKM Literasi Keuangan Melalui Pelatihan Trading Saham Syariah Pada Guru-Guru MGMP Akuntansi dan Ekonomi SMA Se-Kota Pariaman. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2(4), 3553-3557, http://jea.ppj.unp.ac.id/index.php/jea/article/view/303
Otoritas Jasa Keuangan (2022). Infografis Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Infografis-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx
Otoritas Jasa Keuangan (2021). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021 - 2025
Perwitasari, A. W., Cahyono, H., Risfanasari, L., & Salsabila, R. (2023). Penyuluhan dan Sosialisasi Pasar Modal bagi Siswa SMA/SMK di Gresik. Jurnal Abdidas, 4(1), 108-113., https://www.abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/762
Septiani, D., Martono, A., & Ferdiansyah, L. K. (2020). Pengenalan Manajemen Investasi Dan Pasar Modal Bagi Siswa/I Dan Guru Akuntansi Smk Bintang Nusantara. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2(1), 58-63, https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.681
Tandelilin, E. (2017). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio, BPFE
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.