Literasi dan Inklusi Keuangan pada Gen Z guna Mendukung Agenda SDG’s di Indonesia

Authors

  • Mila Indriastuti Universitas Muhamadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Elsa Rosalinda Universitas Muhamadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Mutia Maulida Universitas Muhamadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Nabila Samiha Universitas Muhamadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Siti Ismawati Universitas Muhamadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v5i2.2289

Keywords:

Gen Z, Literasi keuangan, Inklusi Keuangan, Inklusi keuangan, Literasi Keuangan, SDG's, SDG’s

Abstract

Pemahaman literasi dan inklusi keuangan bagi Generasi Z (Gen Z) memiliki peran strategis dalam mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan bagi Gen Z di lingkungan SMK yang berlokasi di Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam program ini adalah Community-Based Participant Research (CBPR) yang dimulai dengan observasi permasalahan mitra, sosialisasi serta melakukan seminar yang meliputi tema pemanfaatan uang, pengenalan OJK, industri jasa keuangan mulai dari bank sampai dengan financial technology P2P Lending. Guna mengetahui tingkat efektivitas program ini, maka dilakukan pretest dan posttest terhadap semua peserta seminar. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman siswa sebesar 50% setelah mendapatkan materi oleh narasumber. Nilai ini diambil dari 59 siswa, sebelum pretest siswa yang memiliki nilai di range 70-100 hanya sebesar 49,2%. Sementara presentasi posttest pada range nilai yang sama mengalami peningkatan sebesar 88,3%. Hasil evaluasi ini akan menjadi dasar bagi Tim PKM FEB UHAMKA untuk melanjutkan upaya serupa di berbagai sekolah menengah kejuruan di wilayah Jabodetabek agar semua siswa teredukasi literasi keuangan dan tidak terjebak dengan masalah finansial di masa yang akan datang.

References

BAPPENAS. (2023). Apa itu SDGs? https://sdgs.bappenas.go.id

BPS. (2023). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Ribu Jiwa), 2021-2023. https://www.bps.go.id/indicator/12/1975/1/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun.html

Indriastuti, M., Akbari, D. A., Widarey, A. V. Y., Maulana, G., Munawati, A., Chassman, P. V. M., & Fahrini, A. D. (2022). Workshop Digital Marketing dan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Siswa SMKN 51 Jakarta. Jurnal Abdi Mandala, 1(2), 46–58.

OJK. (2022). Otoritas Jasa Keuangan. In Siaran Pers: Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx

Rakhmah, D. N., & Azizah, S. N. (2021). GenZ dominan, apa maknanya bagi pendidikan kita. Masyarakat Indonesia, 46(1), 49–64.

Viana, E. D., Febrianti, F., & Dewi, F. R. (2021). Literasi keuangan, inklusi keuangan dan minat investasi generasi z di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(3), 252–264.

Yamane, T., & Kaneko, S. (2021). Is the younger generation a driving force toward achieving the sustainable development goals? Survey experiments. Journal of Cleaner Production, 292, 125932.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Indriastuti, M., Rosalinda, E. ., Maulida, M. ., Samiha, N. ., & Ismawati, S. . (2023). Literasi dan Inklusi Keuangan pada Gen Z guna Mendukung Agenda SDG’s di Indonesia. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 5(2), 91–96. https://doi.org/10.31092/kuat.v5i2.2289