Sosialisasi dan Pendampingan Bagi Orang Tua dan Guru Sebagai Solusi Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v5i2.2291Keywords:
Cerita Bergambar, Lembaga Bimbingan Belajar, Membaca, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Permendikbud No. 1 tahun 2021 pasal 31 ayat 3 menyatakan dihapusnya tes baca, tulis, dan hitung dalam syarat penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SD/MI. Namun beberapa sekolah masih menerapkan syarat ini khususnya pada kemampuan anak membaca karena dianggap sebagai satu-satunya bukti keberhasilan belajar. Guru dan orang tua belum memiliki strategi yang tepat dalam membimbing proses pembelajaran membaca bagi anak. Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah sosialisasi dan pendampingan bagi guru dan orang tua sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan anak membaca dengan menggunakan media cerita bergambar di Lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel) Ilman Nafi' Kabupaten Kudus. Metode pengabdian ini berupa sosialisasi dan pendampingan. Sosialisasi berupa penyuluhan mengenai strategi mengajarkan membaca melalui media cerita bergambar (pictorial story) kepada guru dan orang tua. Pendampingan yang dilakukan berupa praktek guru dan orang tua mengajarkan anak membaca dengan media cerita bergambar (pictorial story). Tahapan pelaksanaan kegiatan meliputi kunjungan lapangan, wawancara, sosialisasi, pendampingan, dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diperoleh peningkatan pengetahuan mengenai strategi cara membimbing anak membaca dengan menggunakan media cerita bergambar (pictorial story) bagi guru dan orang tua. Hal ini terlihat dari sebelum sosialisasi materi dengan angket skor 15% meningkat menjadi 80% pada angket setelah diberikan materi.
References
Amalia, D., & Rosdiana, A. (2023). Strategi Mendampingi dan Menstimulasi dalam Meningkatkan Membaca Anak Usia Dini melalui Cergam (Cerita Bergambar). Sarwahita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(2), 172-181. https://doi.org/10.21009/sarwahita.202.6
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994-1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492
Bachtiar, M. Y. (2016). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Metode Cerita Bergambar (Srudi Kasus pada TK Tunas Harapan di Bulukamba). Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(1), 24-29.
Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan untuk Anak Usia Dini dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(4), 332-342. https://doi.org/10.36294/pionir.v5i4.1290
Ihsan, D. (2023). Syarat Calistung Masuk SD Dihapus, Pakar UM: Anak Bisa Bertahap Asah Kemampuan. https://www.kompas.com/edu/read/2023/03/30/214836971/syarat-calistung-masuk-sd-dihapus-pakar-um-anak-bisa-bertahap-asah-kemampuan?page=all
Kusuma, A. W., & Sari, C. K. (2023). Penerapan Model Belajar Calistung untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1), 18-25. https://doi.org/10.23917/bppp.v5i1.22936
Latifah, & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program Calistung untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kleas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 6(3), 5021-5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003
Makariem, N. A. (2021). jdih.kemdikbud.go.id. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/PERMENDIKBUD%20NOMOR%201%20TAHUN%202021.pdf
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa': Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116-152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Marni, S., & Eliza, D. (2022). Pengenalan Sains dan Literasi Berbasis Budaya Alam Minangkabau dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Nurhayani, & Nurhafizah. (2022). Media dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh . Jurnal Basicedu, 6(6), 9333-9343.
Paramita, G. A., Agung, A. A., & Abadi, I. B. (2022). Buku Cerita Bergambar Guna Meningkatkan Keterampilan Membaca Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(1), 11-19.
Sapri, M. A., & Zunidar. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Media Buku Cerita Bergambar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 524-532.
Setiyani, Ferdianto, F., Tarmidzi, Santi, D. P., Jaufillaili, & Erawati, T. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Manipulatif Bernuansa Budaya Lokal di SD Negeri II Kedungjaya Kabupaten Cirebon. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 3(2), 107-114. https://doi.org/10.31092/kuat.v3i2.1431
Sinaga, E. S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2022). Pengaruh Lingkungan Literasi di Kelas terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 279-287.
Suarniti, G. A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Ba¬hasa Inggris SD Negeri 1 Petang Suci Me-lalui Bimbingan dan Pengajaran di Kelas. Com¬munity Services Journal (CSJ), 3(2), 89-92
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.