Sosialisasi dan Pendampingan Bagi Orang Tua dan Guru Sebagai Solusi Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak

Authors

  • Aliva Rosdiana Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
  • Dina Amalia Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v5i2.2291

Keywords:

Cerita Bergambar, Lembaga Bimbingan Belajar, Membaca, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Permendikbud No. 1 tahun 2021 pasal 31 ayat 3 menyatakan dihapusnya tes baca, tulis, dan hitung dalam syarat penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SD/MI. Namun beberapa sekolah masih menerapkan syarat ini khususnya pada kemampuan anak membaca karena dianggap sebagai satu-satunya bukti keber­hasilan belajar. Guru dan orang tua belum memiliki strategi yang tepat dalam membimbing proses pembelajaran membaca bagi anak. Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah sosialisasi dan pendam­pingan bagi guru dan orang tua sebagai solusi untuk meningkatkan kemam­puan anak membaca dengan menggunakan media cerita bergambar di Lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel) Ilman Nafi' Kabupaten Kudus. Metode pengabdian ini berupa sosialisasi dan pendampingan. Sosiali­sasi berupa penyuluhan mengenai strategi mengajarkan membaca melalui media cerita bergambar (pictorial story) kepada guru dan orang tua. Pendampingan yang dilakukan berupa praktek guru dan orang tua mengajarkan anak membaca dengan media cerita bergambar (pictorial story). Tahapan pelaksanaan kegiatan meliputi kunjungan lapangan, wawancara, sosialisasi, pendam­pingan, dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diperoleh peningkatan pengetahuan mengenai strategi cara membimbing anak membaca dengan menggunakan media cerita bergambar (pictorial story) bagi guru dan orang tua. Hal ini terlihat dari sebelum sosialisasi materi dengan angket skor 15% meningkat menjadi 80% pada angket setelah diberikan materi.

 

References

Amalia, D., & Rosdiana, A. (2023). Strategi Mendampingi dan Menstimulasi dalam Meningkatkan Membaca Anak Usia Dini melalui Cergam (Cerita Bergambar). Sarwahita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(2), 172-181. https://doi.org/10.21009/sarwahita.202.6

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994-1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492

Bachtiar, M. Y. (2016). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Metode Cerita Bergambar (Srudi Kasus pada TK Tunas Harapan di Bulukamba). Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(1), 24-29.

Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan untuk Anak Usia Dini dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(4), 332-342. https://doi.org/10.36294/pionir.v5i4.1290

Ihsan, D. (2023). Syarat Calistung Masuk SD Dihapus, Pakar UM: Anak Bisa Bertahap Asah Kemampuan. https://www.kompas.com/edu/read/2023/03/30/214836971/syarat-calistung-masuk-sd-dihapus-pakar-um-anak-bisa-bertahap-asah-kemampuan?page=all

Kusuma, A. W., & Sari, C. K. (2023). Penerapan Model Belajar Calistung untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1), 18-25. https://doi.org/10.23917/bppp.v5i1.22936

Latifah, & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program Calistung untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kleas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 6(3), 5021-5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003

Makariem, N. A. (2021). jdih.kemdikbud.go.id. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/PERMENDIKBUD%20NOMOR%201%20TAHUN%202021.pdf

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa': Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116-152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Marni, S., & Eliza, D. (2022). Pengenalan Sains dan Literasi Berbasis Budaya Alam Minangkabau dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Nurhayani, & Nurhafizah. (2022). Media dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh . Jurnal Basicedu, 6(6), 9333-9343.

Paramita, G. A., Agung, A. A., & Abadi, I. B. (2022). Buku Cerita Bergambar Guna Meningkatkan Keterampilan Membaca Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(1), 11-19.

Sapri, M. A., & Zunidar. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Media Buku Cerita Bergambar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 524-532.

Setiyani, Ferdianto, F., Tarmidzi, Santi, D. P., Jaufillaili, & Erawati, T. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Manipulatif Bernuansa Budaya Lokal di SD Negeri II Kedungjaya Kabupaten Cirebon. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 3(2), 107-114. https://doi.org/10.31092/kuat.v3i2.1431

Sinaga, E. S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2022). Pengaruh Lingkungan Literasi di Kelas terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 279-287.

Suarniti, G. A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Ba¬hasa Inggris SD Negeri 1 Petang Suci Me-lalui Bimbingan dan Pengajaran di Kelas. Com¬munity Services Journal (CSJ), 3(2), 89-92

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Aliva Rosdiana, & Amalia, D. . (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Bagi Orang Tua dan Guru Sebagai Solusi Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 5(2), 115–120. https://doi.org/10.31092/kuat.v5i2.2291