Pengembangan Usaha Tunggak Jati Menuju UMK Naik Kelas di Desa Tremes Kabupaten Wonogiri
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v6i2.2429Keywords:
Tunggak Jati, UMK Naik Kelas, PartisipatorisAbstract
Usaha Tunggak Jati merupakan salah satu usaha yang berkontribusi signifikan terhadap perekonomian Desa Tremes Kabupaten Wonogiri. Ketersediaan pohon jati yang mencukupi menjadi salah satu faktor para pelaku usaha kayu membuat produk tunggak jati. Hasil penjualan produk tersebut berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan keluarga. Oleh sebab itu, pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi usaha tunggak jati menjadi usaha mikro kecil naik kelas. Pendampingan ini dilakukan selama bulan Juli-Agustus 2023. Metode partisipatoris digunakan untuk menjabarkan tujuan kegiatan. Temuan kegiatan mengungkap bahwa pelaku usaha tunggak jati telah mampu mengembangkan usaha mulai dari faktor produksi, pemasaran, dan keuangan untuk mendukung usaha kecil yang berkelanjutan. Pencapaian proses skala usaha ini berimplikasi terhadap jumlah produksi, jumlah pembeli, dan pendapatan keluarga yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Dengan demikian, pemerintah daerah dapat memfasilitasi peningkatan kualitas produk tunggak jati untuk mendorong daya saing di pasar global.
References
Amarul, A., Suryaman, S., & Azis, A. (2018). Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Yang Kreaktif Dan Inovatif Melalui Pemasaran Berbasis Online. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(1), 21–25. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.458
Andriany, D. (2015). Pengembangan Model Pendekatan Partisipatif Dalam Memberdayakan Masyarakat Miskin Kota Medan Untuk Memperbaiki Taraf Hidup. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (SNEMA), 30–39. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. http://fe.unp.ac.id/
Anggraini, N.T. (2020). Strategi Bertahan Kelangkaan Bahan Baku Industri Kecil Mebel Kayu Di Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat. Medan: UIN Sumatera Utara.
Arsanto, D. F. E., Arifa, A., Calosa, A. B., Yulianto, B., Wibowo, D. N. P., Meisari, D., Pramesti, E. S., Mahdafikia, G., Luthfiyah, Q., Azizah, R. R. N., & Mujiyo, M. (2022). Pemetaan Data Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Pendaftaran Nomor Induk Berusaha di Desa Tremes, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. AgriHealth: Journal of Agri-Food, Nutrition and Public Health, 2(2), 147. https://doi.org/10.20961/agrihealth.v2i2.57287
Dhamayanti, D. A. M., Putra, I G. C., & Sukerta, I M. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Ukiran Kayu Putra Mandiri Di Desa Timuhun, Kabupaten Klungkung. Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar “Pengabdian Masyarakat Tematik Kreasi Harmoni : Bangkit dan Tumbuh Bersama”, 1(1), 106-113.
Endarwati, M. L., Sutopo, Faraz, N. J. & Hendri, Z. (2016). Peningkatan Produktivitas Ekspor Kerajinan Mainan Edukatif Berbahan Kayu Di Kabupaten Bantul DIY. Proceeding Seminar Nasional Peningkatan Kapabilitas UMKM dalam Mewujudkan UMKM Naik Kelas, 395-406.
Hakiki, A. (2023). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Kinerja Pemasaran pada Produk Kerajinan UMKM Kota Pontianak Melalui Keunggulan Bersaing, 939-952. https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2023/03/84.pdf
Hakim, A. R., & Mulyadi, T. M. L. R. (2020). Digital Branding Dan Desain Optimalisasi Peningkatan Penjualan Produk Umkm Makanan Tradisional Di Kabupaten Sukoharjo. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 125–130. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.1068
Kuspriyono, T., & Nurelasari, E. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Bonding dan Purchase to Intention. CAKRAWALA, 18(2), 235-242. https://doi.org/10.31294/jc.v18i2
Lagata, M. R. (2022). Implementasi Program UMKM Naik Kelas Dalam Kemitraan Bank Indonesia Dengan Pengrajin Karawo Di Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo, 1-8. http://eprints.ipdn.ac.id/11611/
Marsoem, S. N., Prasetyo, V. E., Sulistyo, J., Sudaryono, S. & Lukmandaru, G. (2014). Studi Mutu Kayu Jati di Hutan Rakyat Gunungkidul III Sifat Fisika Kayu. Jurnal Ilmu Kehutanan, 8(2), 75-88. https://doi.org/10.22146/jik.10162
Mulyadi, M. (2020). Analisis Promosi dan Branding Untuk Penguatan Eksistensi Kampung Wayang Kepuhsari, Manyaran. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.826
Ngau, A. (2021). Strategi Bauran Pemasaran Dalam Pengembangan Umkm Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di Kerajinan Kayu UD. Tohu Srijaya Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rahayu, A. A. W. (2022) Analisis Peningkatan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Tunggakjati. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(1), 805-813.
Salam, M. D. & Prathama, A. (2022). Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan UMKM. Jurnal Kebijakan Publik, 13(2), 137-143.
Sari, G. G., & Gusti, G. E. (2017). Penerapan Strategi Word To Mouth Dalam Sistem Jual Beli Di Kelompok Pengajian Salafi Kota Pekanbaru. Jurnal LONTAR, 5(1), 17–26.
Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Fitriawati, D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 125–136. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4864
Susanto (2012). Pengaruh persepsi kemudahan, promosi mulut ke mulut, persepsi resiko terhadap keputusan pembelian online shop yang dimediasi rasa percaya. Purwokerto: Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Sudirman.
Sutandi, Vikaliana, R., Hidayat, Y. R. & Evitha, Y. (2019). Strategi Peningkatan Kinerja UMKM melalui “UMKM Naik Kelas” Pada UMKM di Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 159 – 163.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.