Pengembangan Usaha Tunggak Jati Menuju UMK Naik Kelas di Desa Tremes Kabupaten Wonogiri

Authors

  • Malik Cahyadin Universitas Sebelas Maret
  • Rahma Anggana Rarastyasa Universitas Sebelas Maret
  • Qurrota ’Aini Universitas Sebelas Maret
  • Autiya Za’im Mar’atu Hanifah Universitas Sebelas Maret
  • Ratih Evy Muharromy Universitas Sebelas Maret
  • Dina Lusyana Universitas Sebelas Maret
  • Osama Wara Pambayun Universitas Sebelas Maret
  • Leony Candra Kirana Universitas Sebelas Maret
  • Rizal Muhaimin Qudsi Universitas Sebelas Maret
  • Ningam Subekti Universitas Sebelas Maret
  • Binar Satrio Sutardi Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v6i2.2429

Keywords:

Tunggak Jati, UMK Naik Kelas, Partisipatoris

Abstract

Usaha Tunggak Jati merupakan salah satu usaha yang berkontribusi signifikan terhadap perekonomian Desa Tremes Kabupaten Wonogiri. Ketersediaan pohon jati yang mencukupi menjadi salah satu faktor para pelaku usaha kayu membuat produk tunggak jati. Hasil penjualan produk tersebut berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan keluarga. Oleh sebab itu, pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi usaha tunggak jati menjadi usaha mikro kecil naik kelas. Pendampingan ini dilakukan selama bulan Juli-Agustus 2023. Metode partisipatoris digunakan untuk menjabarkan tujuan kegiatan. Temuan kegiatan mengungkap bahwa pelaku usaha tunggak jati telah mampu mengembangkan usaha mulai dari faktor produksi, pemasaran, dan keuangan untuk mendukung usaha kecil yang berkelanjutan. Pencapaian proses skala usaha ini berimplikasi terhadap jumlah produksi, jumlah pembeli, dan pendapatan keluarga yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Dengan demikian, pemerintah daerah dapat memfasilitasi peningkatan kualitas produk tunggak jati untuk mendorong daya saing di pasar global.

References

Amarul, A., Suryaman, S., & Azis, A. (2018). Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Yang Kreaktif Dan Inovatif Melalui Pemasaran Berbasis Online. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(1), 21–25. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.458

Andriany, D. (2015). Pengembangan Model Pendekatan Partisipatif Dalam Memberdayakan Masyarakat Miskin Kota Medan Untuk Memperbaiki Taraf Hidup. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (SNEMA), 30–39. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. http://fe.unp.ac.id/

Anggraini, N.T. (2020). Strategi Bertahan Kelangkaan Bahan Baku Industri Kecil Mebel Kayu Di Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat. Medan: UIN Sumatera Utara.

Arsanto, D. F. E., Arifa, A., Calosa, A. B., Yulianto, B., Wibowo, D. N. P., Meisari, D., Pramesti, E. S., Mahdafikia, G., Luthfiyah, Q., Azizah, R. R. N., & Mujiyo, M. (2022). Pemetaan Data Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Pendaftaran Nomor Induk Berusaha di Desa Tremes, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. AgriHealth: Journal of Agri-Food, Nutrition and Public Health, 2(2), 147. https://doi.org/10.20961/agrihealth.v2i2.57287

Dhamayanti, D. A. M., Putra, I G. C., & Sukerta, I M. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Ukiran Kayu Putra Mandiri Di Desa Timuhun, Kabupaten Klungkung. Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar “Pengabdian Masyarakat Tematik Kreasi Harmoni : Bangkit dan Tumbuh Bersama”, 1(1), 106-113.

Endarwati, M. L., Sutopo, Faraz, N. J. & Hendri, Z. (2016). Peningkatan Produktivitas Ekspor Kerajinan Mainan Edukatif Berbahan Kayu Di Kabupaten Bantul DIY. Proceeding Seminar Nasional Peningkatan Kapabilitas UMKM dalam Mewujudkan UMKM Naik Kelas, 395-406.

Hakiki, A. (2023). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Kinerja Pemasaran pada Produk Kerajinan UMKM Kota Pontianak Melalui Keunggulan Bersaing, 939-952. https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2023/03/84.pdf

Hakim, A. R., & Mulyadi, T. M. L. R. (2020). Digital Branding Dan Desain Optimalisasi Peningkatan Penjualan Produk Umkm Makanan Tradisional Di Kabupaten Sukoharjo. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 125–130. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.1068

Kuspriyono, T., & Nurelasari, E. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Bonding dan Purchase to Intention. CAKRAWALA, 18(2), 235-242. https://doi.org/10.31294/jc.v18i2

Lagata, M. R. (2022). Implementasi Program UMKM Naik Kelas Dalam Kemitraan Bank Indonesia Dengan Pengrajin Karawo Di Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo, 1-8. http://eprints.ipdn.ac.id/11611/

Marsoem, S. N., Prasetyo, V. E., Sulistyo, J., Sudaryono, S. & Lukmandaru, G. (2014). Studi Mutu Kayu Jati di Hutan Rakyat Gunungkidul III Sifat Fisika Kayu. Jurnal Ilmu Kehutanan, 8(2), 75-88. https://doi.org/10.22146/jik.10162

Mulyadi, M. (2020). Analisis Promosi dan Branding Untuk Penguatan Eksistensi Kampung Wayang Kepuhsari, Manyaran. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.826

Ngau, A. (2021). Strategi Bauran Pemasaran Dalam Pengembangan Umkm Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di Kerajinan Kayu UD. Tohu Srijaya Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Rahayu, A. A. W. (2022) Analisis Peningkatan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Tunggakjati. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(1), 805-813.

Salam, M. D. & Prathama, A. (2022). Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan UMKM. Jurnal Kebijakan Publik, 13(2), 137-143.

Sari, G. G., & Gusti, G. E. (2017). Penerapan Strategi Word To Mouth Dalam Sistem Jual Beli Di Kelompok Pengajian Salafi Kota Pekanbaru. Jurnal LONTAR, 5(1), 17–26.

Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Fitriawati, D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 125–136. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4864

Susanto (2012). Pengaruh persepsi kemudahan, promosi mulut ke mulut, persepsi resiko terhadap keputusan pembelian online shop yang dimediasi rasa percaya. Purwokerto: Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Sudirman.

Sutandi, Vikaliana, R., Hidayat, Y. R. & Evitha, Y. (2019). Strategi Peningkatan Kinerja UMKM melalui “UMKM Naik Kelas” Pada UMKM di Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 159 – 163.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Cahyadin, M., Rarastyasa, R. A. ., ’Aini, Q., Hanifah, A. Z. M. ., Muharromy, R. E. ., Lusyana, D. ., Pambayun, O. W. ., Kirana, L. C. ., Qudsi, R. M. ., Subekti, N. ., & Sutardi, B. S. . (2024). Pengembangan Usaha Tunggak Jati Menuju UMK Naik Kelas di Desa Tremes Kabupaten Wonogiri. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 6(2). https://doi.org/10.31092/kuat.v6i2.2429