Transformasi Komunikasi Pemasaran pada UMKM Melalui Pendampingan dalam Mengelola Konten Media Sosial

Authors

  • Farah Putri Wenang Lusianingrum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Widya Nur Bhakti Pertiwi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Muhammad Johan Widikusyanto Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Andini Puspitasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Naharotul Izza Rahmah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v6i2.2439

Keywords:

Sosial Media, Komunikasi Pemasaran, UMKM

Abstract

“Kue Bangkit Fafin” merupakan UMKM yang menjadi unggulan di Kota Serang, namun saat ini menghadapi masalah penurunan omset akibat pandemi COVID-19. Untuk mengatasi masalah ini, ”Kue Bangkit Fafin” perlu meningkatkan komunikasi pemasaran dalam media digital. Pada kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra yaitu ‘Kue Bangkit Fafin’ dalam komunikasi pemasaran di media sosial. Metode untuk implementasi kegiatan pengabdian meliputi survei; persiapan;  pelaksanaan; dan evaluasi. Program pengabdian melalui pendampingan komunikasi pemasaran telah berhasil dilaksanakan. Keberhasilan program terlihat melalui peningkatan pengetahuan mitra tentang komunikasi pemasaran di sosial media sebesar 44,44 persen. Selain itu, kemampuan mitra untuk membuat pesan interaktif, informasi, edukasi, dan hiburan untuk komunikasi pemasaran di sosial media Instagram juga meningkat.

References

Ari, S. Y., Putri, R. A., & Mukaromah, H. (2023). Perubahan karakteristik aktivitas perdagangan sebelum dan saat pandemi Covid-19 ( studi kasus?: kawasan perdagangan jasa Pasar Kliwon , Surakarta ). Region: Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Perencanaan Partisipatif, 18(2), 487–503. https://doi.org/10.20961/region.v18i2.59577

Aufa, I., Kaukab, M. E., & Nugroho, A. F. (2023). Peran Pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam Pemulihan UMKM Pasca Pandemi Covid-19. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 2(1), 30–44.

Awaliyah, R., Widarwati, E., & Nurmalasari, N. (2022). Teknologi Digital sebagai terobosan Strategi Bisnis untuk Keberlanjutan UKM di Masa Pandemi: Survei pada UKM di Kota Subang Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional FEB Unikal, 5(1), 360–368.

Fadhilah, Saputra, G. G., & Lusianingrum, F. P. W. (2023). Scale Up UMKM melalui Pemasaran Digital untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Masyarakat Desa Puser, Banten. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.56303/jppmi.v2i1.111

Haryani, D. S., & Fauzar, S. (2021). Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pada UMKM Chacha Flowers. Jurnal Manajerial Dan Bisnis Tanjungpinang, 4(1).

Hidayah, A., Purbohastuti, A. W., & Lusianingrum, F. P. W. (2021). Pengayaan E-Commerce Visual Merchandising Untuk Produk Umkm Ansor Ritel Kabupaten Serang. Jces, 4(4).

Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi, A. (2018). Efektivitas Promosi Melalui Instagram pada UMKM Sektor Makanan dan Minuman Di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita, 3(2). https://doi.org/10.22216/jbe.v3i2.2738

Kornitasari, Y., Nurul, D., Mustika, A., Bisnis, E., & Nasional, U. (2023). Oikonomia?: Jurnal Manajemen Kinerja Usaha Mikro , Kecil Dan Menengah ( UMKM ) Pada Saat Covid-19 Di Jawa Timur. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 19(1), 29–46.

Kunhadi, D. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Sambal Pecel Khas Magetan Dalam Rangka Menciptakan Competitive Advantages. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan, Dan Informatika (MANEKIN), 1(4), 268–276.

Mudjiarto, & Rika, A. M. (2020). Efektivitas Online Promotion Mix Melalui Media Sosial Facebook Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan Umkm Di Wilayah Kebayoran Lama. Jurnal Manajemen, 16(1).

Mulyana. (2022). KADIN: UMKM Banten Perlu Lebih Kencang Bertumbuh. https://banten.antaranews.com/

Nirad, D. W. S., Hadiguna, R. A., Ndrapriyatna, A. S. I., Wahyudi, W., Akbar, R., Hanim, H., Andre, H., Vadreas, A. K., Fajri, A., & Zulkarnaen, G. A. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Digitalisasi UMKM menggunakan Aplikasi Marketplace “Bulagat.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 532–540. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i2.323

Othysalonika, O., Muhaimin, A. W., & Faizal, F. (2022). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Konsumen pada Usaha Makanan Sehat di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(3). https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.32

Pertiwi, W. N. . (2023). Pengaruh Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM di Kota Serang. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, 7(2), 433–441.

Pertiwi, W. N. B., Aini, G. N., Priwisastra, K., & Audy, N. (2023). Pendampingan Pengelolaan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran UMKM Gipang IKE-KE Cilegon. Indonesian Collaboration Journal of Community Service, 3(2), 100–107. https://doi.org/10.53067/icjcs.v3i2

Pertiwi, W. N. B., & Uzliawati, L. (2022). Strategi Usaha Konveksi pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Serang. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 7(1), 1. https://doi.org/10.32503/jmk.v7i1.1950

Putri, A. D., Permatasari, B., & Suwarni, E. (2023). Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 119–123. https:/https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2658

Sarif, R. (2023). Peran UMKM dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Kebijakan Ekonomi Dan Moneter, 1(1), 68–73.

Shanti Meyske Karim, D., Rahmad Pakaya, A., & Lesmana Radji, D. (2022). Peran Media Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM Tinelo Putri Di Desa Popalo Kabupaten Gorontalo Utara Kecamatan Anggrek. Jambura, 5(2).

Tolstoy, D., Nordman, E. R., & Vu, U. (2022). The indirect effect of online marketing capabilities on the international performance of e-commerce SMEs. International Business Review, 31(3). https://doi.org/10.1016/j.ibusrev.2021.101946

Viska. (2022). UMKM Kembali Jadi Pahlawan Ekonomi di Tahun 2023. https://www.kominfo.go.id/content/detail/46385/umkm-kembali-jadi-pahlawan-ekonomi-di-tahun-2023/0/berita

Widjaja, W., Syahril, L. M., Sudi, M., & Hamidah, E. (2023). Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran Online dalam Meningkatkan Brand Awareness. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 180–187. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm/article/view/97

Yudhi. (2023). Perekonomian Dunia Melambat, Pemprov Banten Giatkan UMKM. https://suarasiber.co.id/2023/06/01/perekonomian-dunia-melambat-pemprov-banten-giatkan-umkm/

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Lusianingrum, F. P. W., Pertiwi, W. N. B. ., Widikusyanto, M. J. ., Puspitasari, A. ., & Rahmah, N. I. . (2024). Transformasi Komunikasi Pemasaran pada UMKM Melalui Pendampingan dalam Mengelola Konten Media Sosial. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 6(2), 84–92. https://doi.org/10.31092/kuat.v6i2.2439