Transformasi Komunikasi Pemasaran pada UMKM Melalui Pendampingan dalam Mengelola Konten Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v6i2.2439Keywords:
Sosial Media, Komunikasi Pemasaran, UMKMAbstract
“Kue Bangkit Fafin” merupakan UMKM yang menjadi unggulan di Kota Serang, namun saat ini menghadapi masalah penurunan omset akibat pandemi COVID-19. Untuk mengatasi masalah ini, ”Kue Bangkit Fafin” perlu meningkatkan komunikasi pemasaran dalam media digital. Pada kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra yaitu ‘Kue Bangkit Fafin’ dalam komunikasi pemasaran di media sosial. Metode untuk implementasi kegiatan pengabdian meliputi survei; persiapan; pelaksanaan; dan evaluasi. Program pengabdian melalui pendampingan komunikasi pemasaran telah berhasil dilaksanakan. Keberhasilan program terlihat melalui peningkatan pengetahuan mitra tentang komunikasi pemasaran di sosial media sebesar 44,44 persen. Selain itu, kemampuan mitra untuk membuat pesan interaktif, informasi, edukasi, dan hiburan untuk komunikasi pemasaran di sosial media Instagram juga meningkat.
References
Ari, S. Y., Putri, R. A., & Mukaromah, H. (2023). Perubahan karakteristik aktivitas perdagangan sebelum dan saat pandemi Covid-19 ( studi kasus?: kawasan perdagangan jasa Pasar Kliwon , Surakarta ). Region: Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Perencanaan Partisipatif, 18(2), 487–503. https://doi.org/10.20961/region.v18i2.59577
Aufa, I., Kaukab, M. E., & Nugroho, A. F. (2023). Peran Pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam Pemulihan UMKM Pasca Pandemi Covid-19. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 2(1), 30–44.
Awaliyah, R., Widarwati, E., & Nurmalasari, N. (2022). Teknologi Digital sebagai terobosan Strategi Bisnis untuk Keberlanjutan UKM di Masa Pandemi: Survei pada UKM di Kota Subang Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional FEB Unikal, 5(1), 360–368.
Fadhilah, Saputra, G. G., & Lusianingrum, F. P. W. (2023). Scale Up UMKM melalui Pemasaran Digital untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Masyarakat Desa Puser, Banten. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.56303/jppmi.v2i1.111
Haryani, D. S., & Fauzar, S. (2021). Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pada UMKM Chacha Flowers. Jurnal Manajerial Dan Bisnis Tanjungpinang, 4(1).
Hidayah, A., Purbohastuti, A. W., & Lusianingrum, F. P. W. (2021). Pengayaan E-Commerce Visual Merchandising Untuk Produk Umkm Ansor Ritel Kabupaten Serang. Jces, 4(4).
Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi, A. (2018). Efektivitas Promosi Melalui Instagram pada UMKM Sektor Makanan dan Minuman Di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita, 3(2). https://doi.org/10.22216/jbe.v3i2.2738
Kornitasari, Y., Nurul, D., Mustika, A., Bisnis, E., & Nasional, U. (2023). Oikonomia?: Jurnal Manajemen Kinerja Usaha Mikro , Kecil Dan Menengah ( UMKM ) Pada Saat Covid-19 Di Jawa Timur. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 19(1), 29–46.
Kunhadi, D. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Sambal Pecel Khas Magetan Dalam Rangka Menciptakan Competitive Advantages. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan, Dan Informatika (MANEKIN), 1(4), 268–276.
Mudjiarto, & Rika, A. M. (2020). Efektivitas Online Promotion Mix Melalui Media Sosial Facebook Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan Umkm Di Wilayah Kebayoran Lama. Jurnal Manajemen, 16(1).
Mulyana. (2022). KADIN: UMKM Banten Perlu Lebih Kencang Bertumbuh. https://banten.antaranews.com/
Nirad, D. W. S., Hadiguna, R. A., Ndrapriyatna, A. S. I., Wahyudi, W., Akbar, R., Hanim, H., Andre, H., Vadreas, A. K., Fajri, A., & Zulkarnaen, G. A. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Digitalisasi UMKM menggunakan Aplikasi Marketplace “Bulagat.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 532–540. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i2.323
Othysalonika, O., Muhaimin, A. W., & Faizal, F. (2022). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Konsumen pada Usaha Makanan Sehat di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(3). https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.32
Pertiwi, W. N. . (2023). Pengaruh Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM di Kota Serang. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, 7(2), 433–441.
Pertiwi, W. N. B., Aini, G. N., Priwisastra, K., & Audy, N. (2023). Pendampingan Pengelolaan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran UMKM Gipang IKE-KE Cilegon. Indonesian Collaboration Journal of Community Service, 3(2), 100–107. https://doi.org/10.53067/icjcs.v3i2
Pertiwi, W. N. B., & Uzliawati, L. (2022). Strategi Usaha Konveksi pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Serang. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 7(1), 1. https://doi.org/10.32503/jmk.v7i1.1950
Putri, A. D., Permatasari, B., & Suwarni, E. (2023). Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 119–123. https:/https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2658
Sarif, R. (2023). Peran UMKM dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Kebijakan Ekonomi Dan Moneter, 1(1), 68–73.
Shanti Meyske Karim, D., Rahmad Pakaya, A., & Lesmana Radji, D. (2022). Peran Media Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM Tinelo Putri Di Desa Popalo Kabupaten Gorontalo Utara Kecamatan Anggrek. Jambura, 5(2).
Tolstoy, D., Nordman, E. R., & Vu, U. (2022). The indirect effect of online marketing capabilities on the international performance of e-commerce SMEs. International Business Review, 31(3). https://doi.org/10.1016/j.ibusrev.2021.101946
Viska. (2022). UMKM Kembali Jadi Pahlawan Ekonomi di Tahun 2023. https://www.kominfo.go.id/content/detail/46385/umkm-kembali-jadi-pahlawan-ekonomi-di-tahun-2023/0/berita
Widjaja, W., Syahril, L. M., Sudi, M., & Hamidah, E. (2023). Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran Online dalam Meningkatkan Brand Awareness. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 180–187. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm/article/view/97
Yudhi. (2023). Perekonomian Dunia Melambat, Pemprov Banten Giatkan UMKM. https://suarasiber.co.id/2023/06/01/perekonomian-dunia-melambat-pemprov-banten-giatkan-umkm/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.