PKM : Digitalisasi Aktivitas Geowisata Kawasan Geopark Bayah Dome untuk Mendukung Pariwisata Berkelanjutan
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v6i2.2444Keywords:
Kawasan Geopark Bayah Dome, Pariwisata Berkelanjutan, Digitalisasi, Aplikasi Mobile, Pengabdian kepada MasyarakatAbstract
Perubahan digital telah merubah berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam sektor pariwisata pada masa sekarang ini. Dalam hal ini, Digitalisasi dalam pariwisata merujuk pada pemanfaatan teknologi digital untuk memperkenalkan, meningkatkan, dan mengelola destinasi geowisata. Meskipun Kawasan Geopark Bayah Dome memiliki potensi alam yang luar biasa, kekurangan digitalisasi dalam kegiatan pariwisata telah menjadi hambatan bagi pengembangan pariwisata berkelanjutan di kawasan ini. Proyek pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep digitalisasi dalam kegiatan pariwisata di Kawasan Geopark Bayah Dome sebagai langkah strategis untuk mendukung pariwisata berkelanjutan. Melalui kolaborasi antara peneliti dari akademisi, masyarakat lokal kawasan, dan otoritas terkait, kami berhasil mengembangkan solusi digital yang dapat meningkatkan pengalaman wisatawan, mempromosikan warisan budaya lokal, dan mendukung pelestarian lingkungan, Dalam pengabdian ini, kami membantu paguyuban UMKM melalui pengurus dan pengelola kawasan geowisata, pelaku kriya dan homestay di sekitar desa sawarna dengan mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan daya saing destinasi geowisata mereka diantaranya dengan mempromosikan bisnis dengan google bisnisku serta content promosi berupa editing foto dan video dengan canva. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengedukasi masyarakat lokal kawasan geowisata tentang potensi dan manfaat digitalisasi geowisata dan membantu pengembangan dan promosi destinasi geowisata lokal melalui pemanfaatan platform digital.
References
Ali, M. dan H. F. (2021). Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan Dimasa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 121–127.
Arribathi, A. H., Saryani, S., & Haris, H. (2019). Perancangan Aplikasi Smart Seminar Dan Workshop Berbasis Website. Journal CERITA, 5(2), 156–164. https://doi.org/10.33050/cerita.v5i2.409
Asaniyah, N. (2017). Pelestarian Informasi Koleksi Langka: Digitalisasi, Restorasi, Fumigasi. Buletin Perpustakaan, 57, 85–94.
Darsiharjo, Supriatna, U., & Saputra, I. M. (2016). Pengembangan Geopark Ciletuh Berbasis. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 13(1), 55–60.
Jafar Adrian, Q., Putri, N. U., Jayadi, A., Sembiring, J. P., Sudana, I. W., Darmawan, O. A., Nugroho, F. A., & Ardiantoro, N. F. (2022). Pengenalan Aplikasi Canva Kepada Siswa/Siswi Smkn 1 Tanjung Sari, Lampung Selatan. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 187. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2020
Komalasari, Y., Muharrom, M., & Sumbaryadi, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 71–77. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.380
Ni Komang Sri Yuliastini, Ni Luh Putu Cahayani, Ni Putu Yuniarika Parwati, & Luh De Liska. (2021). Digital Marketing “Google Bisnisku” Pada Umkm Untuk Meningkatkan Pemasaran Dan Penjualan Produk Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(1), 103–109. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i1.1593
Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Studi Literatur: Kemampuan Komunikasi Metematis Mahasiswa Pada Materi Integral. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(2), 94.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Rolly Maulana Awangga, Dani Leonidas Sumarna, Tamadara Hilman, Muchamad Innal Kariem, M. W. A. I. (2020). Pelatihan Google Bisnisku Dalam Rangka Pemetaan DigitaL UKM di Desa Wangunharja. Jurnal Merpati, 1(2), 47–49. https://www.academia.edu/download/81366787/Prosiding_Seminar_Nasional_Pengabdian_Kepada_Masyarakat_SN_PKM_Padang_20_November_2021.pdf#page=57
Sakti, I. M., Pratiwi, D. C., & Jati, S. C. (2022). Pelatihan Fotografi dan Editing untuk Meningkatkan Promosi Produk Kerajinan Rajut. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 02(03), 451–464. https://ejournal.uksw.edu/jms/article/view/6825
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
Tri Yulianti, D., & Tri Prastowo, A. (2021). Pengembangan Digitalisasi Perawatan Kesehatan Pada Klink Pratama Sumber Mitra Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 32–39. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster. Fordicate, 1(2), 192–199. https://doi.org/10.35957/fordicate.v1i2.2418
Yuliani, N., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan Google Bisnisku Sebagai Upaya Meningkatkan Rangking Bisnis Lokal ( Studi Kasus?: UMKM Gresik , Jawa Timur ) Universitas Esa Unggul. Ikraith-Abdimas, 5(1), 146–157. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-23413-11_2333.pdf
Zuchriadi, A., Rahayu, F., Waluyo, M. R., & Bagas, A. (2021). Pelatihan Optimasi Google Bisnisku Antuk Umkm Anggota Komunitas Tangan Diatas (Tda) Jakarta Timur Agar Bisa Bertahan Saat …. Prosiding, 4. https://www.academia.edu/download/81366787/Prosiding_Seminar_Nasional_Pengabdian_Kepada_Masyarakat_SN_PKM_Padang_20_November_2021.pdf#page=57
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.