PKM : Digitalisasi Aktivitas Geowisata Kawasan Geopark Bayah Dome untuk Mendukung Pariwisata Berkelanjutan

Authors

  • Dentik Karyaningsih Universitas Serang Raya
  • Tb Ai Munandar Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v6i2.2444

Keywords:

Kawasan Geopark Bayah Dome, Pariwisata Berkelanjutan, Digitalisasi, Aplikasi Mobile, Pengabdian kepada Masyarakat

Abstract

Perubahan digital telah merubah berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam sektor pariwisata pada masa sekarang ini. Dalam hal ini, Digitalisasi dalam pariwisata merujuk pada pemanfaatan teknologi digital untuk memperkenalkan, meningkatkan, dan mengelola destinasi geowisata. Meskipun Kawasan Geopark Bayah Dome memiliki potensi alam yang luar biasa, kekurangan digitalisasi dalam kegiatan pariwisata telah menjadi hambatan bagi pengembangan pariwisata berkelanjutan di kawasan ini. Proyek pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep digitalisasi dalam kegiatan pariwisata di Kawasan Geopark Bayah Dome sebagai langkah strategis untuk mendukung pariwisata berkelanjutan. Melalui kolaborasi antara peneliti dari akademisi, masyarakat lokal kawasan, dan  otoritas terkait, kami berhasil mengembangkan solusi digital yang dapat meningkatkan pengalaman wisatawan, mempromosikan warisan budaya lokal, dan mendukung pelestarian lingkungan, Dalam pengabdian ini, kami membantu paguyuban UMKM melalui pengurus dan pengelola kawasan geowisata, pelaku kriya dan homestay di sekitar desa sawarna dengan mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan daya saing destinasi geowisata mereka diantaranya dengan mempromosikan bisnis dengan google bisnisku serta content promosi berupa editing foto dan video dengan canva. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengedukasi masyarakat lokal kawasan geowisata tentang potensi dan manfaat digitalisasi geowisata dan membantu pengembangan dan promosi destinasi geowisata lokal melalui pemanfaatan platform digital.

References

Ali, M. dan H. F. (2021). Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan Dimasa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 121–127.

Arribathi, A. H., Saryani, S., & Haris, H. (2019). Perancangan Aplikasi Smart Seminar Dan Workshop Berbasis Website. Journal CERITA, 5(2), 156–164. https://doi.org/10.33050/cerita.v5i2.409

Asaniyah, N. (2017). Pelestarian Informasi Koleksi Langka: Digitalisasi, Restorasi, Fumigasi. Buletin Perpustakaan, 57, 85–94.

Darsiharjo, Supriatna, U., & Saputra, I. M. (2016). Pengembangan Geopark Ciletuh Berbasis. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 13(1), 55–60.

Jafar Adrian, Q., Putri, N. U., Jayadi, A., Sembiring, J. P., Sudana, I. W., Darmawan, O. A., Nugroho, F. A., & Ardiantoro, N. F. (2022). Pengenalan Aplikasi Canva Kepada Siswa/Siswi Smkn 1 Tanjung Sari, Lampung Selatan. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 187. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2020

Komalasari, Y., Muharrom, M., & Sumbaryadi, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 71–77. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.380

Ni Komang Sri Yuliastini, Ni Luh Putu Cahayani, Ni Putu Yuniarika Parwati, & Luh De Liska. (2021). Digital Marketing “Google Bisnisku” Pada Umkm Untuk Meningkatkan Pemasaran Dan Penjualan Produk Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(1), 103–109. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i1.1593

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Studi Literatur: Kemampuan Komunikasi Metematis Mahasiswa Pada Materi Integral. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(2), 94.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Rolly Maulana Awangga, Dani Leonidas Sumarna, Tamadara Hilman, Muchamad Innal Kariem, M. W. A. I. (2020). Pelatihan Google Bisnisku Dalam Rangka Pemetaan DigitaL UKM di Desa Wangunharja. Jurnal Merpati, 1(2), 47–49. https://www.academia.edu/download/81366787/Prosiding_Seminar_Nasional_Pengabdian_Kepada_Masyarakat_SN_PKM_Padang_20_November_2021.pdf#page=57

Sakti, I. M., Pratiwi, D. C., & Jati, S. C. (2022). Pelatihan Fotografi dan Editing untuk Meningkatkan Promosi Produk Kerajinan Rajut. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 02(03), 451–464. https://ejournal.uksw.edu/jms/article/view/6825

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Tri Yulianti, D., & Tri Prastowo, A. (2021). Pengembangan Digitalisasi Perawatan Kesehatan Pada Klink Pratama Sumber Mitra Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 32–39. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster. Fordicate, 1(2), 192–199. https://doi.org/10.35957/fordicate.v1i2.2418

Yuliani, N., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan Google Bisnisku Sebagai Upaya Meningkatkan Rangking Bisnis Lokal ( Studi Kasus?: UMKM Gresik , Jawa Timur ) Universitas Esa Unggul. Ikraith-Abdimas, 5(1), 146–157. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-23413-11_2333.pdf

Zuchriadi, A., Rahayu, F., Waluyo, M. R., & Bagas, A. (2021). Pelatihan Optimasi Google Bisnisku Antuk Umkm Anggota Komunitas Tangan Diatas (Tda) Jakarta Timur Agar Bisa Bertahan Saat …. Prosiding, 4. https://www.academia.edu/download/81366787/Prosiding_Seminar_Nasional_Pengabdian_Kepada_Masyarakat_SN_PKM_Padang_20_November_2021.pdf#page=57

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Karyaningsih, D., & Munandar, T. A. (2024). PKM : Digitalisasi Aktivitas Geowisata Kawasan Geopark Bayah Dome untuk Mendukung Pariwisata Berkelanjutan. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 6(2), 93–98. https://doi.org/10.31092/kuat.v6i2.2444