Era Baru Program Relawan Pajak: Pemanfaatan Media Sosial dalam Penyuluhan Pajak

Authors

  • Asqolani Asqolani Politeknik Keuangan Negara STAN
  • Satria Adhitama Politeknik Keuangan Negara STAN
  • Bagas Johantri Politeknik Keuangan Negara STAN

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v6i2.2448

Keywords:

Relawan Pajak, Media Sosial, Surat Pemberitahuan (SPT), Penyuluh Perpajakan, Kepatuhan Pajak

Abstract

Penggunaan media sosial dalam penyuluhan pajak menjadi fenomena dalam upaya meningkatkan kepatuhan pajak. Penduduk Indonesia cukup banyak yang merupakan penduduk produktif berusia 15-64 tahun, yang termasuk Generasi Z (Gen Z). Generasi Z, yang lahir di era internet, dapat dimanfaatkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai relawan pajak. Mereka dapat membantu menyebarkan materi pendidikan perpajakan melalui teknologi internet serta memberikan bantuan dalam pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi di berbagai lokasi seperti Kantor Pelayanan Pajak (KPP), kantor wilayah DJP, dan tempat lain yang memerlukan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mendukung DJP dalam meningkatkan kepatuhan dan pemahaman masyarakat tentang perpajakan, terutama dalam pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Program relawan pajak diharapkan dapat secara aktif menyebarkan informasi melalui berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, TikTok, atau Spotify, sehingga generasi muda yang produktif dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai pajak. 

References

Alfreda, E., & Witono, A. (2022). Strategi Komunikasi Humas DJP dalam Mengedukasi Perpajakan Pada Generasi Z Melalui Tiktok. Cakrawala Repositori IMWI, 5(2), 458–470.

Avery, A. A. (2016). Pengaruh persepsi wajib pajak, kesiapan teknologi, pelayanan fiskus, dan sosialisasi perpajakan E-SPTterhadap tingkat kepatuhan wajib pajak (studi pada wajib …. SKRIPSI-2016. http://repository.trisakti.ac.id/usaktiana/index.php/home/detail/detail_koleksi/2/SKR/th_terbit/00000000000000082522/2011

Bettelheim, B. (1962). The problem of generations. Daedalus, 68–96.

Broadbent, E., Gougoulis, J., Lui, N., Pota, V., & Simons, J. (2017). Generation Z: Global citizenship survey. What the World's Young People Think and Feel, 4, 26–44.

Codrington, G. (2004). Mind the generation gap. MFSA Journal of Marketing, 10(6), 36–37.

Estralita, D. (2021). Pelayanan dan Asistensi Pengisian Pengisian SPT Wajib Pajak Orang Pribadi di Sekitar Kampus UNTAR. In … dan Asistensi Pengisian Pengisian SPT Wajib …. repository.untar.ac.id. http://repository.untar.ac.id/34933/1/B.35 Pelayanan dan Asistensi Pengisian SPT.pdf

Fitriyani, P. (2018). Pendidikan karakter bagi generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA). Jakarta, 23–25.

Kementerian Keuangan. (2023). Laporan Keuangan Pemerintah Pusat 2022.

Kristyowati, Y. (2021). Generasi “Z” Dan Strategi Melayaninya. Ambassadors: Journal of Theology and Christian Education, 2(1), 23–34.

Noviana, D. Y. (2012). Tinjauan Atas Pelaporan SPT Dalam Bentuk e-SPT Oleh Wajib Pajak Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pangkalan Kerinci Terkait Dengan …. repository.uin-suska.ac.id. http://repository.uin-suska.ac.id/9531/

Pajak, D. J. (2016). Pedoman Teknis Tata Cara Pemotongan, Penyetoran Dan Pelaporan Pajak Penghasilan Pasal 21 Dan/Atau Pajak Penghasilan Pasal 26 Sehubungan Dengan Pekerjaan, Jasa, Dan Kegiatan Orang Pribadi. In PER-16/PJ/2016.

Prabowo, D. (2018). Prosedur Pelaporan Spt Tahunan Orang Pribadi (Pns Dan Karyawan Swasta) Melalui E-Filing Pada Kpp Pratama Yogyakarta. dspace.uii.ac.id. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/8418/Destio%20Prabowo_15212021.pdf?sequence=1

Purba, H. B. (2020a). Tinjauan Atas Tingkat Kepatuhan Pelaporan Spt Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Binjai. repository.uhn.ac.id. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4098

Purba, H. B. (2020b). Tinjauan Atas Tingkat Kepatuhan Pelaporan Spt Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Binjai. repository.uhn.ac.id. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4098

Rahayu, N. (2017). Pengaruh pengetahuan perpajakan, ketegasan sanksi pajak, dan Tax amnesty terhadap kepatuhan wajib pajak. Akuntansi Dewantara, 1(1), 15–30.

Sari, E. W., Trisnasari, W. D., & Febriani, A. N. (2023). Membangun Budaya Sadar Pajak Pada Generasi Z. Madaniya, 4(1), 304–310.

Seftia, I. (2014). Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Penyampaian Spt Dan Pencairan Tunggakan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan …. eprints.polsri.ac.id. http://eprints.polsri.ac.id/536/

Sustiyo, J., & Hidayat, R. T. (2019). Literasi keuangan dan pajak pertambahan nilai (PPN) pada generasi z. JURNAL PAJAK INDONESIA (Indonesian Tax Review), 3(1).

Tapscott, D. (2008). Grown up digital. McGraw-Hill Education Boston.

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Asqolani, A., Adhitama, S., & Johantri, B. (2024). Era Baru Program Relawan Pajak: Pemanfaatan Media Sosial dalam Penyuluhan Pajak . KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 6(2), 99–105. https://doi.org/10.31092/kuat.v6i2.2448