Pendampingan Penyusunan Perencanaan Bisnis dalam Mendukung Kearifan Lokal Maluku Utara Sebagai Produk Unggulan Nasional

Authors

  • Muhammad Daud Bin Mahmud IAIN Ternate
  • Cici Aryansi Quilim IAIN Ternate

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v6i2.2527

Keywords:

Perencanaan Bisnis, UMKM, Kearifan lokal, Produk Nasional

Abstract

Perencanaan bisnis yang baik dapat meningkatkan kinerja suatu bisnis sehingga dapat memberikan dampak positif dalam menghadapi persaingan bisnis yang kompetitif. Begitu juga dengan pengelolaan bisnis yang tidak direncanakan dengan baik dapat menjadi penyebab suatu bisnis tidak dapat bertahan lama (unsustainable). Masalah yang selalu menjadi temuan pada pengelolaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah minimnya kesadaran pelaku usaha tentang pentingnya perencanaan bisnis pada tahapan memulai bisnis. Masalah tersebut menjadi alasan dilakukannya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini, yaitu untuk mendampingi pelaku usaha yang baru memulai bisnis untuk merencanakan pengelolaan bisnisnya agar dapat bertahan dalam menghadapi persaingan bisnis. Metode yang digunakan yaitu pendampingan intensif selama 6 bulan. Hasil evaluasi dari kegiatan yang dilakukan selama 6 bulan menunjukan bahwa tahapan yang direncanakan dalam perencanaan PKM ini telah terealisasi dengan baik. Tahapan tersebut meliputi perumusan nama produk, perancangan desain kemasan, perhitungan harga pokok produksi untuk penetapan harga jual produk, analisis potensi pasar dan perencanaan strategi bisnis, penyusunan bisnis model canvas, penyusunan program kerja pengembangan, dan rekomendasi pengajuan label halal produk. 

References

Ambarwati, R. D., Aprilia, R., & Johantri, B. (2024). Pendampingan Pengembangan Kapasitas Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah “HD Production (Dapur HD Bintaro)” di Kota Tangerang Selatan. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 6(1), 18-22. https://doi.org/10.31092/kuat.v6i1.2292

Andrianto, M. S., Raharjo, T., Rismawan, R., Huda, A. N., & Kurniana, K. (2023). Pendampingan Inovasi Strategi Pemasaran UKM Tunas Jaya Tenda. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 5(1), 47-52. https://doi.org/10.31092/kuat.v5i1.2158.

Artika, I. B. E., & Marini, I. A. K. (2016). Analisis Nilai Tambah (Value Added) Buah Pisang Menjadi Keripik Pisang di Kelurahan Babakan Kota Mataram. Jurnal Ganec Swara, 1(1), 94–98.

Barbosa, M., Castañeda-Ayarza, J. A., & Ferreira, D. H. L. (2020). Sustainable strategic management (GES): Sustainability in small business. Journal of cleaner production, 258, 120880.

Bin Mahmud, M. D. (2022). Pendampingan UMKM Dalam Penataan Catatan Keuangan Bisnis Menggunakan Lamikro Di Kota Ternate. Prosiding Sembadha, 3, 21-26.

Bin Mahmud, M. D. (2023). Pendampingan proses produk halal (self declare) dalam pengajuan sertifikasi halal produk usaha mikro kecil. Al-Mulk: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-11.

BPS Malut. (2021). Statistik Pertanian Hortikultura Sayuran Dan Buah-Buahan Provinsi Maluku Utara. Ternate: Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku Utara.

BPS RI. (2021). Statistik Hortikultura 2021. edited by Direktorat Statistik Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan. Jakarta: Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.

Charity, M. L. (2017). Jaminan produk halal di Indonesia (Halal products guarantee in Indonesia). Jurnal Legislasi Indonesia, 14(01), 99-108.

Fathurrahman, A., & Anggesti, M. (2021). Pengaruh gaya hidup, label halal dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik (Studi Kasus pada Produk Safi). JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(2), 113-127.

Hidayat, S., & Setiawan, K. B. (2018). Visualisasi Kemasan Keripik Pisang Aneka Sebagai Kuliner Khas Lampung. Titik Imaji, 1(2).

Indah (2023). Sertifikasi Halal Gratis 2023 Dibuka , Ada 1 Juta Kuota.” Kementrian Agama. Retrieved April 26, 2023 (https://kemenag.go.id/pers-rilis/sertifikasi-halal-gratis-2023-dibuka-ada-1-juta-kuota-69hqib).

Johadi, J., Suhardjanto, D., & Harsono, M. (2023). Pengembangan Produk Olahan Pangan Berbahan Baku Singkong di Suku Samin Blora. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 5(2), 109-114.

Masnita, Y., Nurhaida, D., & Pohan, H. T. (2020). Penyusunan Rencana Bisnis UMKM. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, 33-42..

Maulana, D., Raharjo, T., & Marianto, M. (2023). Mengelola Potensi Desa Sebagai Modal Bisnis Badan Usaha Milik Gampong Bakau Hulu. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 5(2), 71-77. https://doi.org/10.31092/kuat.v5i2.2166.

Mohebbi, B. (2014). The art of packaging: An investigation into the role of color in packaging, marketing, and branding. International journal of organizational leadership, 3, 92-102.

Mandei, J. R., & Dumais, J. N. (2017). Nilai tambah keripik pisang pada industri rumah tangga Ibu Dewi (Studi Kasus Kecamatan Malalayang). Agri-Sosioekonomi, 13(3A), 27-32.

Nadja, R. A., & Halimah, A. S. (2021). Segmentasi Pasar Produk Keripik Pisang Industri Rumah Tangga Morinawa. Jurnal ekonomi pertanian dan agribisnis, 5(2), 334-342.

Natasha, P. (2013). Analisa Pengaruh Strategic Planning Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Perusahaan. Business Accounting Review, 1(2), 185-196.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot Rating Dan OCAI. Cet. 18. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rahman, S. (2015). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Chips Jagung. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan 4(3). https://doi.org/10.17728/jatp.v4i3.136.

Segati, A. (2018). Pengaruh persepsi sertifikasi halal, kualitas produk, dan harga terhadap persepsi peningkatan penjualan. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 159-169.

Waimahing, W. S., Roini, C., Papuangan, N., & Suparman, S. (2022). Pengaruh Media Kultur Pisang Lokal Ternate Terhadap Fekunditas Lalat Buah (Drosophila Melanogaster Meigen 1979) Strain NormaL. Jurnal Bioedukasi, 5(1), 59-63.

Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98-112.

Westerveld, P., Fielt, E., Desouza, K. C., & Gable, G. G. (2023). The business model portfolio as a strategic tool for value creation and business performance. The Journal of Strategic Information Systems, 32(1), 101758.

Yayat H., Cahyaningrum, H,, Ramdhani, M., Brimadyasti, S.P., Nafiah, A., & Hudayana, M.H. (2021). Mulu Bebe, Pisang Unggulan Maluku Utara. Bogor: Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP).

Downloads

Published

2024-11-26

How to Cite

Bin Mahmud, M. D., & Quilim, C. A. (2024). Pendampingan Penyusunan Perencanaan Bisnis dalam Mendukung Kearifan Lokal Maluku Utara Sebagai Produk Unggulan Nasional . KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 6(2), 105–112. https://doi.org/10.31092/kuat.v6i2.2527