Peningkatan Kinerja Penjualan Olahan Beku Melalui Pemasaran Digital Produk Mendekati Kedaluwarsa pada UKM Pasar Ciroyom
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v6i2.2576Keywords:
Olahan Produk Beku, Usaha Mikro, Penjualan, Aplikasi E-Commerce, Produk Menjelang KedaluwarsaAbstract
Rumah olahan produk beku di Pasar Ciroyom salah satunya adalah UKM Rumah Beku dan PD Ajat yang berlokasi di Kelurahan Ciroyom, Kec. Andir, Kota Bandung. UKM Rumah Beku dan PD Ajat termasuk dalam klaster Usaha Kecil bidang Penjualan Produk Beku (Frozen Food). Dalam menjual produknya Organisasi UKM Rumah Beku dan PD Ajat masih mengadopsi metode tradisional dalam strategi pemasaran dan penjualan produk mereka, tanpa memanfaatkan aplikasi. Berdasarkan temuan dari wawancara dan observasi langsung dengan pemilik bisnis, beberapa tantangan telah diidentifikasi. Salah satu masalah utama adalah ketidakmampuan mengendalikan masa kedaluwarsa produk, yang menyebabkan produk yang sudah kedaluwarsa harus dibuang dan tidak dapat dijual lagi. Untuk menanggulangi masalah tersebut, langkah yang diambil adalah menerapkan sebuah aplikasi yang telah dirancang dan disesuaikan khusus, bertujuan untuk memperkuat strategi pemasaran dan penjualan produk yang mendekati masa kedaluwarsa. Hal ini diharapkan dapat mengoptimalkan penjualan sebelum produk melewati tanggal kedaluwarsa, serta meningkatkan pendapatan bagi UKM Rumah Beku dan PD Ajat. Berdasarkan temuan dari mitra yang telah dinilai, dapat disimpulkan bahwa mereka memerlukan sebuah platform yang mampu memasarkan dan menjual produk yang dekat dengan tanggal kedaluwarsa dengan harga diskon. Diharapkan langkah ini mampu meningkatkan performa penjualan usaha mereka melalui pemanfaatan teknologi informasi.
References
Ambarwati, R. D., Rachma A., & Bagas J. (2024). Pendampingan Pengembangan Kapasitas Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah ‘HD Production (Dapur HD Bintaro)’ di Kota Tangerang Selatan. KUAT?: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan 6(1 SE-Articles):18–22.
Andrianto, M. S., Raharjo, T., Rismawan, R., Huda, A.N., & Kurniana K. (2023). Pendampingan Inovasi Strategi Pemasaran UKM Tunas Jaya Tenda. KUAT?: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan 5(1):47–52.
Avianti, I., & Syahrir, S. (2020). Digital Governance Inovasi dengan Etika dan Integritas. Cetakan Pe. Jakarta: PT. Kaptain Komunikasi Indonesia.
Dyah, L., & Arini, D. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Dan Karakteristik Makanan Kadaluarsa Yang Berdampak Buruk Pada Kesehatan Masyarakat. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan 2(1):15–24.
Pambreni, Y., Maghfuriyah, A., & Udriyah, U. (2024). Peningkatan Usaha Keripik Singkong Berbasis Teknologi Tepat Guna Menuju UMKM yang Berdaya Saing Pasca Pandemi. KUAT?: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan 6(1 SE-Articles):35–40.
Supriyati, S., & Bahri, R.S. (2020). Model Design of Accounting Information Systems for Village Owned Enterprises ({BUMDes}). {IOP} Conference Series: Materials Science and Engineering 879:12093.
Supriyati, S., Bahri, R.S., & Maulana, D.F. (2021). Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Laporan Keuangan Pondok Pesantren Pada Forum Pondok Pesantren Jawa Barat. Al-Khidmat Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2):137–45.
Supriyati, S., Nelfianti, F., Hrp, A.K.Z, Bilgies, A.F, Rahmat, R., Suwarni, T., Ismawati, L., Dewi, I.C., Hasan, M., Oktiani, N., Supriadi, B., Maryam, S., & Rahayu, S. (2023). Sumber Daya Manusia Organisasi Kewirausahaan. Bandung: Media Sains Indonesia.
Supriyati, S., Radiansyah, A., Maulidizen, A., Harahap, M.G., Irawan, J.L., Desti, Y, Rohima, S., Sangkala, M., Polimpung, L.J.C., Sakinah. Y.P., & others. (2023). Kewirausahaan Era Society 5.0.
Supriyati, S., & Bahri, R. S. (2020). Model Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Laporan Keuangan Pondok Pesantren Berbasis SAK ETAP. @is The Best?: Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise 4(2):151–65.
Supriyati, S., Bahri, R. S., Khoerunisa, A., Natansya, T.S.F., Nissa, R.S., & Fernaldy, K. (2024). Implementasi aplikasi pemasaran digital olahan beku hampir kedaluarsa pada pedagang Pasar Ciroyom Bandung. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 7(1):19.
Supriyati, S., Bahri, R.S., Nugraha, S.C., & Fernaldy, K. (2023). Implementasi aplikasi digital marketing sebagai strategi penjualan untuk meningkatkan kinerja pendapatan UMKM di wilayah Cisaranten Kulon.” KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 6(1):25–37.
Supriyati, S., Mulyani, S., Suharman, H., & Supriadi, T. (2022). The Influence of Business Models, Information Technology on the Quality of Accounting Information Systems Digitizing MSMEs Post-COVID-19. Jurnal Sistem Informasi 18(2):36–49.
Supriyati, S., Sampe, F., Pakiding, D.L., Yuniar, C.R., Polimpung, L.J.C., Ambartiasari, G., Margono, B., Rivai, D.R., Junaida, E., Sirojudin, H.A., Tahendrika, A,, Basmar, E., Fitriani, N., Ariyandani, N., & Sastaviana, D. (2023). Ekonomi Manajerial & Strategi Bisnis. diedit oleh M. R. Kurnia, A. Nugraha, dan S. Y. Mutiara. Kab. Serang Banten: PT Sada Kurnia Pustaka.
Supriyati, S., Suharman, H., & Supriadi, T. (2023). Business strategy and use of information technology toward ASEAN MSMEs performance in the post-pandemic crisis. Journal of Eastern European and Central Asian Research (JEECAR) 10(5):886–97.
Supriyati, S., Supriyati, S., & Bahri, R.S. (2022). Peningkatan Kapasitas Kinerja Relawan Karang Taruna Jawa Barat Dalam Membantu Pembuatan Laporan Pengelolaan Penggunaan Dana Covid-19 Untuk Pemerintah Kota/Desa. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(1):10–17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.