Pendampingan Go Digital Beras Organik Poktan Sejahtera Desa Kaibon Kabupaten Madiun

Authors

  • Selfia Bintariningtyas Universitas Sebelas Maret
  • , Aulia Hapsari Juwita Universitas Sebelas Maret
  • Lukman Hakim Universitas Sebelas Maret
  • Mulyanto Mulyanto Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v7i1.2718

Keywords:

Beras Organik, Pemasaran Digital, Pertanian, Poktan Sejahtera

Abstract

Konsumen beras organik memiliki pangsa pasar berbeda dengan konsumen beras biasa. Beras organik menjadi produk yang yang memiliki segmen pasar yang kompetitif, namun petani mempunyai keterbatasan dalam memasarkan produknya menjadi suatu masalah yang harus diselesaikan oleh petani padi organik pada kelompok tani desa Kaibon. Diperlukan adanya pendampingan mengenai bagaimana pemasaran dan penjualan digital melalui platform-platform digital kepada petani padi organik. Pendampingan dilakukan secara klasikal yaitu memberikan pengetahuan tentang pemasaran digital produk pertanian dan kemampuan untuk melakukan promosi secara digital agar petani dapat memasarkan produk beras organik lebih luas lagi. Kontribusi pengabdian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan wadah platform digital yang memfasilitasi promosi maupun penjualan produksi pertanian kelompok tani Sejahtera di Desa Kaibon, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun. Diharapkan pula dapat berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan para petani pada kelompok tani Sejahtera.

References

Anggraini, N., Sutarni, S., Fatih, C., Zaini, M., Analianasari, A., & Humaidi, E. (2020). Digital marketing produk pertanian di desa sukawaringin kecamatan bangunrejo kabupaten lampung tengah. Jurnal Pengabdian Nasional, 1(1), 36–45.

Anwar, M., Purnomo, E. ., & Suwailim, G. T. (2023). Transformasi Pengelolaan untuk Peningkatan Produktivitas Sektor Pertanian. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.31092/kuat.v5i1.1802.

Hillen, J., & Fedoseeva, S. (2021). E-commerce and the end of price rigidity?. Journal of Business Research, 125, 63-73. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.11.052

Krisnawati, I., Ubaidi, I. A., Rais, H., & Batu, R. L. (2019). Strategi digital marketing dalam perdagangan hasil tani untuk meningkatkan pendapatan Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 10(2), 70-75. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v10i2.838.

Nordhagen, S., Igbeka, U., Rowlands, H., Shine, R. S., Heneghan, E., & Tench, J. (2021). COVID-19 and small enterprises in the food supply chain: Early impacts and implications for longer-term food system resilience in low-and middle-income countries. World Development, 141, 105405. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2021.105405.

Novia Indah, L., & Ramadani, M. (2022). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 4(2), 79–85. https://doi.org/10.31092/kuat.v4i2.1697.

Nurngaeni, E. (2017). Pemanfaatan Media Sosial (Online) sebagai Distribusi Barang Era Digital di Pasar Klewer Surakarta. Jurnal Analisa Sosiologi, 6(1), 55-64.

Murugan, M., & Prabadevi, M. N. (2023). Impact of Industry 6.0 on MSME Entrepreneur's Performance and Entrepreneur's Emotional Intelligence in the Service Industry in India. Revista de Gestão Social e Ambiental, 17(4), 1-15.

Sharma, P., Shah, J., & Patel, R. (2022). Artificial intelligence framework for MSME sectors with focus on design and manufacturing industries. Materials Today: Proceedings, 62, 6962-6966. https://doi.org/10.1016/j.matpr.2021.12.360.

Utami, D. P. (2020). Pengenalan digital marketing dalam pemasaran produk pertanian untuk petani milenial Desa Wonotulus Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. In Prosiding Seminar Nasional Pertanian (Vol. 1, No. 1, pp. 25-32).

Sanjaya, H. (2022). Meningkatkan Produksi Pertanian Dengan Menggunakan Teknologi Terbarukan. PERSPEKTIF: Sudut Pandang Lintas Pengetahuan, 1(1), 436-440.

Zhang, J., Cai, M. X., Lu, T., Sun, X. H., & Jia, J. L. (2016). Lumbar spinal stenosis treated with polyetheretherketone pedicle screw fixation combined with interbody fusion: A follow-up assessment focusing on bone fusion rate. Chinese Journal of Tissue Engineering Research, 20(12), 1684. https://doi.org/10.3969/j.issn.2095-4344.2016.12.002.

Downloads

Published

2025-03-29

How to Cite

Bintariningtyas, S., Juwita, , A. H., Hakim, L., & Mulyanto, M. (2025). Pendampingan Go Digital Beras Organik Poktan Sejahtera Desa Kaibon Kabupaten Madiun. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 7(1), 32–36. https://doi.org/10.31092/kuat.v7i1.2718

Issue

Section

Articles