Pendampingan Go Digital Beras Organik Poktan Sejahtera Desa Kaibon Kabupaten Madiun
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v7i1.2718Keywords:
Beras Organik, Pemasaran Digital, Pertanian, Poktan SejahteraAbstract
Konsumen beras organik memiliki pangsa pasar berbeda dengan konsumen beras biasa. Beras organik menjadi produk yang yang memiliki segmen pasar yang kompetitif, namun petani mempunyai keterbatasan dalam memasarkan produknya menjadi suatu masalah yang harus diselesaikan oleh petani padi organik pada kelompok tani desa Kaibon. Diperlukan adanya pendampingan mengenai bagaimana pemasaran dan penjualan digital melalui platform-platform digital kepada petani padi organik. Pendampingan dilakukan secara klasikal yaitu memberikan pengetahuan tentang pemasaran digital produk pertanian dan kemampuan untuk melakukan promosi secara digital agar petani dapat memasarkan produk beras organik lebih luas lagi. Kontribusi pengabdian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan wadah platform digital yang memfasilitasi promosi maupun penjualan produksi pertanian kelompok tani Sejahtera di Desa Kaibon, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun. Diharapkan pula dapat berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan para petani pada kelompok tani Sejahtera.
References
Anggraini, N., Sutarni, S., Fatih, C., Zaini, M., Analianasari, A., & Humaidi, E. (2020). Digital marketing produk pertanian di desa sukawaringin kecamatan bangunrejo kabupaten lampung tengah. Jurnal Pengabdian Nasional, 1(1), 36–45.
Anwar, M., Purnomo, E. ., & Suwailim, G. T. (2023). Transformasi Pengelolaan untuk Peningkatan Produktivitas Sektor Pertanian. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.31092/kuat.v5i1.1802.
Hillen, J., & Fedoseeva, S. (2021). E-commerce and the end of price rigidity?. Journal of Business Research, 125, 63-73. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.11.052
Krisnawati, I., Ubaidi, I. A., Rais, H., & Batu, R. L. (2019). Strategi digital marketing dalam perdagangan hasil tani untuk meningkatkan pendapatan Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 10(2), 70-75. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v10i2.838.
Nordhagen, S., Igbeka, U., Rowlands, H., Shine, R. S., Heneghan, E., & Tench, J. (2021). COVID-19 and small enterprises in the food supply chain: Early impacts and implications for longer-term food system resilience in low-and middle-income countries. World Development, 141, 105405. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2021.105405.
Novia Indah, L., & Ramadani, M. (2022). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 4(2), 79–85. https://doi.org/10.31092/kuat.v4i2.1697.
Nurngaeni, E. (2017). Pemanfaatan Media Sosial (Online) sebagai Distribusi Barang Era Digital di Pasar Klewer Surakarta. Jurnal Analisa Sosiologi, 6(1), 55-64.
Murugan, M., & Prabadevi, M. N. (2023). Impact of Industry 6.0 on MSME Entrepreneur's Performance and Entrepreneur's Emotional Intelligence in the Service Industry in India. Revista de Gestão Social e Ambiental, 17(4), 1-15.
Sharma, P., Shah, J., & Patel, R. (2022). Artificial intelligence framework for MSME sectors with focus on design and manufacturing industries. Materials Today: Proceedings, 62, 6962-6966. https://doi.org/10.1016/j.matpr.2021.12.360.
Utami, D. P. (2020). Pengenalan digital marketing dalam pemasaran produk pertanian untuk petani milenial Desa Wonotulus Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. In Prosiding Seminar Nasional Pertanian (Vol. 1, No. 1, pp. 25-32).
Sanjaya, H. (2022). Meningkatkan Produksi Pertanian Dengan Menggunakan Teknologi Terbarukan. PERSPEKTIF: Sudut Pandang Lintas Pengetahuan, 1(1), 436-440.
Zhang, J., Cai, M. X., Lu, T., Sun, X. H., & Jia, J. L. (2016). Lumbar spinal stenosis treated with polyetheretherketone pedicle screw fixation combined with interbody fusion: A follow-up assessment focusing on bone fusion rate. Chinese Journal of Tissue Engineering Research, 20(12), 1684. https://doi.org/10.3969/j.issn.2095-4344.2016.12.002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.