Peningkatan Produksi dan Pengetahuan Diversifikasi Produk Olahan Pala: Pemanfaatan Teknologi, Strategi Pemasaran, serta Pelaporan Keuangan Usaha Mikro

Authors

  • Dewi Sarifah Tullah Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Fatimah Abdillah Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Sudradjat Sudradjat Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Siti Asyifa Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Febriyan Febriyan Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Christine Callista Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v7i1.2855

Keywords:

Diversifikasi Produk, Strategi Pemasaran, Pelaporan Keuangan, Usaha Mikro

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini berfokus pada pemberdayaan UMKM melalui pengetahuan diversifikasi dalam produksi olahan daging buah pala, strategi pemasaran dengan memanfaatkan digitalisasi dan pengelolaan keuangan. Sari Buah Idaman (SBI) Kecamatan Ciampea merupakan UMKM yang memproduksi minuman sari buah pala menjadi mitra sasaran dalam program pengabdian masyarakat ini. Kegiatan diselenggarakan oleh tim PkM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan Bogor yang terdiri dari dosen dan mahasiswa pada program Pendanaan PkM: Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat yang didanai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kegiatan PkM ini meliputi aspek produksi, pemasaran dan manajemen pengelolaan keuangan dengan metode sosialisasi, pelatihan, bimbingan teknis (bimtek), fasilitasi, simulasi dan pendampingan. Hasil dari kegiatan PkM adalah bertambahnya pengetahuan mitra terkait diversifikasi produk, proses produksi yang baik, penggunaan teknologi tepat guna dalam penentuan standarisasi produk, strategi pemasaran digital melalui instagram dan e-commerce shopee, desain kemasan, pengelolaan keuangan dalam menentukan harga pokok produk, harga jual dan laporan keuangan dengan menggunakan program microsoft excel.

References

Abdillah, F., & Pradana, E. A. (2024). Pendampingan Pembuatan Struktur Organisasi dan Perluasan Pengetahuan Pemasaran Digital pada Yayasan PIPAYA Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 5(1), 107-112. https://doi.org/10.37641/jadkes.v5i1.2585.

Abdillah, F., Tullah, D. S. ., Sudradjat, Asyifa , S. ., Febriyan, Callista, C., Febrian, J., & Lauwsetia, C. A. . (2025). Enhancing Efficiency Via Digital Marketing and Financial Management of MSME Sari Buah Idaman. Empowerment Society, 8(1), 34–42.

Arief, R. W., Firdausil, A. B., & Asnawi, R. (2015). Potensi pengolahan daging buah pala menjadi aneka produk olahan bernilai ekonomi tinggi. Bul. Littro, 26(2), 165-174.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2003). Marketing: an introduction. Pearson Educación.

Bulan, T. P. L. (2017). Pengaruh diversifikasi produk dan harga terhadap kepuasan konsumen pada juragan Jasmine Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 679-687.

Febriyanrti, D., Pani, R.P.V.D,, & Kardiyono. (2022). Diversifikasi Produk Olahan Pala. Pertanian Press.

Hisnul, H., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Umkm Dimasa Pandemi Covid 19 Berdampak Pada Teknology Dan Digitalisasi Pada Pusat Oleh Oleh Rahma Di Desa Kendalrejo. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 49-58.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2018). Standard Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (SAK EMKM). Jakarta.

Kementerian Pertanian. (2022). Outlook Komoditas Perkebunan Pala. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian.

Mahmud, M. D. B., & Quilim, C. A. (2024). Pendampingan Penyusunan Perencanaan Bisnis dalam Mendukung Kearifan Lokal Maluku Utara Sebagai Produk Unggulan Nasional. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 6(2), 105-112.

Nadjib, A. N., & Kadir, S. (2023). Diversifikasi Olahan Buah Pala Sebagai Salah Satu Cara Memberdayakan Perempuan di Desa Kasimbar Barat. Jurnal Pengabdian Farmasi dan Sains, 2(1), 32-40.

Rahayu, W., Anam, C., & Riptanti, W. (2018). Peningkatan usaha keripik singkong rasa gadung menuju ukm yang berdaya saing. Inoteks, 22(1), 34-40.

Safriani, S., & Humaira, P. (2022). Produk Olahan Buah Pala (Myristica Fragrans) Di Desa Padang Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Penunjang Perekonomian Masyarakat. In Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Vol. 10, No. 2, pp. 237-243).

Sutarti, S., Fadillah, A., Hermawan, Y., & Maulina, D. (2023). Pendampingan Pengembangan Usaha melalui Perbaikan Tata kelola, Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan dan Pemanfaatan Teknologi Pada Unit Pengelola dan Unit Usaha Ibu Ibu Anggota UPPKS. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 4(1), 1-18.

Tullah, D. S. (2024). Pendampingan Kompilasi Laporan Keuangan Koperasi Wanita Patra/Pertamina Balongan Indramayu. Dimas Canthing: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 33-39.

Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV (Vol. 4), 327–337.

Downloads

Published

2025-03-27

How to Cite

Tullah, D. S. ., Abdillah, F. ., Sudradjat, S., Asyifa, S., Febriyan, F., & Callista, C. (2025). Peningkatan Produksi dan Pengetahuan Diversifikasi Produk Olahan Pala: Pemanfaatan Teknologi, Strategi Pemasaran, serta Pelaporan Keuangan Usaha Mikro. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.31092/kuat.v7i1.2855

Issue

Section

Articles