Peningkatan Produksi dan Pengetahuan Diversifikasi Produk Olahan Pala: Pemanfaatan Teknologi, Strategi Pemasaran, serta Pelaporan Keuangan Usaha Mikro
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v7i1.2855Keywords:
Diversifikasi Produk, Strategi Pemasaran, Pelaporan Keuangan, Usaha MikroAbstract
Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini berfokus pada pemberdayaan UMKM melalui pengetahuan diversifikasi dalam produksi olahan daging buah pala, strategi pemasaran dengan memanfaatkan digitalisasi dan pengelolaan keuangan. Sari Buah Idaman (SBI) Kecamatan Ciampea merupakan UMKM yang memproduksi minuman sari buah pala menjadi mitra sasaran dalam program pengabdian masyarakat ini. Kegiatan diselenggarakan oleh tim PkM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan Bogor yang terdiri dari dosen dan mahasiswa pada program Pendanaan PkM: Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat yang didanai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kegiatan PkM ini meliputi aspek produksi, pemasaran dan manajemen pengelolaan keuangan dengan metode sosialisasi, pelatihan, bimbingan teknis (bimtek), fasilitasi, simulasi dan pendampingan. Hasil dari kegiatan PkM adalah bertambahnya pengetahuan mitra terkait diversifikasi produk, proses produksi yang baik, penggunaan teknologi tepat guna dalam penentuan standarisasi produk, strategi pemasaran digital melalui instagram dan e-commerce shopee, desain kemasan, pengelolaan keuangan dalam menentukan harga pokok produk, harga jual dan laporan keuangan dengan menggunakan program microsoft excel.
References
Abdillah, F., & Pradana, E. A. (2024). Pendampingan Pembuatan Struktur Organisasi dan Perluasan Pengetahuan Pemasaran Digital pada Yayasan PIPAYA Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 5(1), 107-112. https://doi.org/10.37641/jadkes.v5i1.2585.
Abdillah, F., Tullah, D. S. ., Sudradjat, Asyifa , S. ., Febriyan, Callista, C., Febrian, J., & Lauwsetia, C. A. . (2025). Enhancing Efficiency Via Digital Marketing and Financial Management of MSME Sari Buah Idaman. Empowerment Society, 8(1), 34–42.
Arief, R. W., Firdausil, A. B., & Asnawi, R. (2015). Potensi pengolahan daging buah pala menjadi aneka produk olahan bernilai ekonomi tinggi. Bul. Littro, 26(2), 165-174.
Armstrong, G., & Kotler, P. (2003). Marketing: an introduction. Pearson Educación.
Bulan, T. P. L. (2017). Pengaruh diversifikasi produk dan harga terhadap kepuasan konsumen pada juragan Jasmine Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 679-687.
Febriyanrti, D., Pani, R.P.V.D,, & Kardiyono. (2022). Diversifikasi Produk Olahan Pala. Pertanian Press.
Hisnul, H., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Umkm Dimasa Pandemi Covid 19 Berdampak Pada Teknology Dan Digitalisasi Pada Pusat Oleh Oleh Rahma Di Desa Kendalrejo. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 49-58.
Ikatan Akuntan Indonesia. (2018). Standard Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (SAK EMKM). Jakarta.
Kementerian Pertanian. (2022). Outlook Komoditas Perkebunan Pala. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian.
Mahmud, M. D. B., & Quilim, C. A. (2024). Pendampingan Penyusunan Perencanaan Bisnis dalam Mendukung Kearifan Lokal Maluku Utara Sebagai Produk Unggulan Nasional. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 6(2), 105-112.
Nadjib, A. N., & Kadir, S. (2023). Diversifikasi Olahan Buah Pala Sebagai Salah Satu Cara Memberdayakan Perempuan di Desa Kasimbar Barat. Jurnal Pengabdian Farmasi dan Sains, 2(1), 32-40.
Rahayu, W., Anam, C., & Riptanti, W. (2018). Peningkatan usaha keripik singkong rasa gadung menuju ukm yang berdaya saing. Inoteks, 22(1), 34-40.
Safriani, S., & Humaira, P. (2022). Produk Olahan Buah Pala (Myristica Fragrans) Di Desa Padang Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Penunjang Perekonomian Masyarakat. In Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Vol. 10, No. 2, pp. 237-243).
Sutarti, S., Fadillah, A., Hermawan, Y., & Maulina, D. (2023). Pendampingan Pengembangan Usaha melalui Perbaikan Tata kelola, Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan dan Pemanfaatan Teknologi Pada Unit Pengelola dan Unit Usaha Ibu Ibu Anggota UPPKS. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 4(1), 1-18.
Tullah, D. S. (2024). Pendampingan Kompilasi Laporan Keuangan Koperasi Wanita Patra/Pertamina Balongan Indramayu. Dimas Canthing: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 33-39.
Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV (Vol. 4), 327–337.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.