Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan PECS-PB Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru-Guru TK Tarbiyatul Athfal 03 Pengkol

Authors

  • Aliva Rosdiana Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
  • Dina Amalia Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
  • Syailin Nichla Choirin Attalina Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
  • Amna Falak Awan Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
  • Siti Nur Intan Awaliyah Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
  • Laela Sitarusmi Danadyaksa Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v7i1.2923

Keywords:

PECS-PB, Augmented Reality, Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Sekolah, Media Pembelajaran Interaktif

Abstract

Picture Exchange Communication System Phonic Board (PECS-PB) adalah media interaktif pembelajaran Bahasa Inggris yang dirancang bagi guru-guru di TK Tarbiyatul Athfal 03 Pengkol Jepara. Media ini dilengkapi gambar phonic flash card dengan papan magnet untuk memudahkan para siswa menyusun kata menjadi kalimat. PECS-PB berbasis digital ini dilengkapi QR-Code yang memudahkan siswa menerapkan pelafalan kata dalam Bahasa Inggris secara tepat. Tujuan PkM ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan bagi guru TK Tarbiyatul Athfal 03 Pengkol Jepara untuk membuat PECS-PB sebagai media interaktif berbasis Augmented Reality (AR). Metode yang digunakan adalah kerjasama kemitraan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pembuatan media interaktif PECS-PB melalui tahapan sosialisasi, pelatihan, pembuatan, pendampingan, dan evaluasi. Solusi dan target pendampingan ini adalah untuk meningkatkan kreativitas guru membuat media interaktif melalui pembuatan PECS-PB berbasis AR. Hasil pengabdian ini diperoleh bahwa 1) sebanyak 35 guru terlibat dalam pembuatan PECS-PB berbasis AR, 2) peningkatan 85% dari 35 guru terbantu dalam praktik penerapan PECS-PB; 15% dari 35 guru menganggap media ini mudah digunakan dalam pembelajaran dan 75% dari 35 guru mengatakan media PECS-PB sangat mudah diterapkan dalam pembelajaran; dan 40% dari 35 guru menyatakan PECS-PB cocok diterapkan untuk kelompok usia pra-sekolah atau taman kanak-kanak (TK). Sementara itu, hasil evaluasi peserta didik melalui wawancara membuktikan efektivitas media PECS-PB dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris ditunjukkan bahwa lebih dari 80% anak menikmati pengalaman belajar dengan media PECS-PB dan 100% anak ingin kembali belajar dengan media PECS-PB.

References

Arfi, Q. '. (2021). Penerapan Metode Picture Exchange Communication System (PECS) Terhadap Keterampilan Komunikasi Amak Spektrum Autisme. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 126-137. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p126-137

Badr, A. A. H. (2024). The effectiveness of the Picture Exchange Communication System (PECS) in developing some communication skills for students with Autism Spectrum Disorder in Qatar. Journal of Educational Sciences–Qatar University, 24(1).

Jailani, M. S. (2018). Perkembangan Bahasa Anak dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Innovatio: Journal of Religious-Innovation Studies, 13(1), 15-26.

Khomsiyatun, U., & Samiaji, M. H. (2022, Agustus 22). Membaca Proses Pemerolehan Bahasa Anak. Retrieved from Badan pengembangan dan Pembinaan Bahasa: https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/3692/membaca-proses-pemerolehan-bahasa-anak

May, R. J., Salman, H., Neill, S. J., Denne, L., Grindle, C., Cross, R., . . . Games, C. (2024). Exploring the Use of the Pucture Exchange Communication System (PECS) in Special Education Settings. Journal of Autism and Developmental Disorders, 1-15. https://doi.org/10.1007/s10803-023-06194-1

Mubarroroh, A., Arafik, M., & Arifin, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fun and Happy Fonetik untuk Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia 4-5 Tahun. Murhum Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 732-745.

Novrani, A., Caturwulandari, D., Purwestri, D., Annisa, E., & Faridah, I. (2021). Buku Saku Pengembangan Literasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jakarta: UNICEF.

Permatasari, A. P., Fauzia, S. N., Saidah, N., Rosdiana, A., Ramadhan, G., Hakim, A. T., . . . Faricha, A. (2022). Pelatihan dan Klinik Review Artikel bagi Guru Sekolah Dasar se Desa Ngasem Batealit Jepara Jawa Tengah. The 1st Seno Dimas (pp. 507-516). Jepara: Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) jepara.

Pratiwi, I. R., & Maulidiyah, E. C. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fonik Berbasis Audiovisual Untuk Pemahaman Keaksaraan Awal Pada Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai. 2023, 12(1), 1-7.

Putri, N. A., Rahmawati, I. Y., & Kristiana, D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cerdas Berbahasa Indonesia Fonik (CBI FONIK) dalam Menstimulus Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. . Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 9(4), 772-781.

Rosdiana, A. (2017). Perancangan Buku Interaktif Belajar Baca Tulis Bagi Orangtua Anak Penderita Disleksia di Kota Surabaya. Proceedings of the the 3rd International Conference on TEYLIN. 9, pp. 13-22. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Rosdiana, A., & Amalia, D. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Bagi Orang Tua dan Guru Sebagai Solusi Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 5(2), 115-120.

Rosdiana, A., Widiyono, A., Milkhaturrohman, & Lailiyah, N. N. (2022). Gerakan Literasi Menulis (GLM) Berbasis Digital Bagi Guru-Guru Se-Kabupaten Jepara. Madaniya, 3(3), 507-516. https://doi.org/10.53696/27214834.241

Rosdiana, A., Widiyono, A., Milkhaturrohman, & Lailiyah, N. N. (2023). Upaya Menulis Kreatif Bagi Guru dalam Gerakan Literasi Guru Menulis (GLGM). Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 1-10. https://doi.org/10.29040/budimas.v5i2.7880

Safira, N., & Dewi, E. M. (2021). Efektivitas Penerapan Picture Exchange Communication System (PECS) Terhadap Kemampuan Berbicara Ekspresif Pada Anak Down Syndrome. Al Asma: Journal of Islamic Education, 3(1), 50-63. https://doi.org/10.24252/asma.v3i1.21072

Taryadi, Kurniawan, I., & Binabar. (2019). Improved Communication Skills of Children with Autism Spectrum Disorder Using Augmented Reality Based on PECS (Picture Exchange Communication System). Journal of Telematics and Informatics (JTI), 7(4), 185-197. https://doi.org/10.12928/jti.v7i4

Thiemann-Bourque, K., Brady, N., McGuff, S., Stump, K., & Naylor, A. (2016). Picture exchange communication system and pals: A peer-mediated augmentative and alternative communication intervention for minimally verbal preschoolers with autism. Journal of Speech, Language, and Hearing Research, 59(5), 1133-1145.

Virdyna, N. K. (2015). Penerapan Metode Fonik dalamPembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak Usia Dini. OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra., 9(1), 113-130. https://doi.org/10.19105/ojbs.v9i1.584

Vistasari, R., & Patria, B. (2019). Program PECS (Picture Exchange Communication System) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Terstruktur pada Anak Autis. Gadjah Mada Journal of Professional Technology, 5(1), 94-107.

Westhisi, S. M. (2019). Metode Fonik dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Bahasa Inggris Anak Usia

Downloads

Published

2025-03-27

How to Cite

Rosdiana, A., Amalia, D., Attalina, S. N. C. ., Awan, A. F. ., Awaliyah, S. N. I., & Danadyaksa, L. S. (2025). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan PECS-PB Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru-Guru TK Tarbiyatul Athfal 03 Pengkol . KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 7(1), 15–18. https://doi.org/10.31092/kuat.v7i1.2923

Issue

Section

Articles