Geliat Bisnis Jahe Merah Seduh Siap Saji di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31092/kuat.v3i1.1193Keywords:
Covid-19, Jahe Merah Instan, Pengabdian Masyarakat, SaronggeAbstract
Tingginya permintaan akan jahe seduh siap saji selama masa pandemi yang tidak diiringi dengan jumlah suplai bahan baku jahe yang memadai menjadi tantangan tersendiri bagi UMKM Jahe Merah Sarongge. Belum lagi terputusnya konsinyasi dengan beberapa toko oleh-oleh karena berlakunya pembatasan social berskala besar. Tujuan kegiatan community development ini adalah untuk membantu mitra mencari supplier jahe dengan harga kompetitif dan peningkatan penjualan secara online. Melalui kegiatan ini kami berkesempatan mendampingi mitra untuk mencari supplier alternatif dan beralih pada penjualan sepenuhnya online. Metode yang kami gunakan adalah dengan pendampingan penuh dengan cara live-in di rumah mitra selama 31 hari dan pendampingan lanjutan untuk kepentingan konsultasi secara online selama empat bulan setelan live-in. Hasil dari kegiatan ini adalah didapatkannya supplier jahe merah dengan harga kompetitif dan penerapan beberapa strategi untuk meningkatkan penjualan secara online. Setelah kegiatan pendampingan ini selesai, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mitra untuk secara terus-menerus melakukan terobosan dan inovasi dalam penjualan produk dalam keadaan apapun.
References
Argawan, B., Halim, B., Wijaya, J., Ekaputri, K., Aditia, K. C., Prasetya, N. R., Candra, T., & Yuliati, R. 2019. Pemanfaatan Digital Marketing Channel dalam Upaya Memperluas Pemasaran Produk Jahe Merah Instan Sarongge. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 1(1), 187–203. http://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/299
Arief, G. M., & Millanyani, H. 2015. Pengaruh social media marketing melalui instagram terhadap minat beli konsumen sugar tribe. EProceedings of Management, 2(3). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/1494
Chen, S. C., & Dhillon, G. S. 2003. Interpreting Dimensions of Consumer Trust in E-Commerce. Information Technology and Management, 4(2), 303–318. https://doi.org/10.1023/A:1022962631249
Fithriya, D. N. L. 2020. Capaian Unggahan Konten Akun Instagram Gembira Loka Zoo (Glzoo) Yogyakarta Terhadap Online. Jurnal Sosiologi Reflektif, 15(1), 81–102. https://doi.org/10.14421/jsr.v15i1.1980
Hedynata, M. L., & Radianto, W. E. D. 2016. Strategi promosi dalam meningkatkan Penjualan luscious chocolate potato snack. Strategi Promosi, 1, 1–10. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/108
Keller, K. L. 2009. Choosing brand elements to build brand equity. Strategic Brand Management. 3rd Ed. Delhi: Dorling Kindersley, 187–196. https://www.managementstudyguide.com/choosing-brand-elements-to-build-brand-equity.htm
Ngatirah, N. 2020. Pelatihan Pengemasan Gula Jahe dan Pengembangan Produk Permen Jahe Pada IRT Jahe Instan" Merapi Mantap". Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 39–48. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5129
Putri, S. A. 2019. Desain Kemasan untuk Mendukung Pemasaran Produk Olahan Pangan Kelompok Wanita Tani Kreatif Permata. Charity, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.25124/charity.v2i1.2143
Sadjoli, N., Yuliati, R., Reynaldi, W., Anggraini, S. D., Debian, R., Yedidya, S., & Kenneth, H. 2020. Peningkatan Daya Tarik Produk UMKM Teh Sereh Seungit dengan Kemasan Kekinian. Journal of Dedicators Community, 3(3), 58–72. https://doi.org/10.34001/jdc.v3i3.1022
Yuliani, R., & Widyakanti, W. 2020. Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan dan Label Pada UMKM. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2 SE-Articles), 71–76. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.990
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.