Geliat Bisnis Jahe Merah Seduh Siap Saji di Masa Pandemi

Authors

  • Alberta Yoshi Hasmoro Bisnis, Universitas Prasetiya Mulya
  • Dahlia Dahlia Bisnis, Universitas Prasetiya Mulya
  • Edwin Susanto Finance, Universitas Prasetiya Mulya
  • I Kadek Agus Suardijaya Matematika Bisnis, Universitas Prasetiya Mulya
  • Livya Monica Bisnis, Universitas Prasetiya Mulya
  • Ryan Kencana Bisnis, Universitas Prasetiya Mulya
  • Retno Yuliati Akuntansi, Universitas Prasetiya Mulya

DOI:

https://doi.org/10.31092/kuat.v3i1.1193

Keywords:

Covid-19, Jahe Merah Instan, Pengabdian Masyarakat, Sarongge

Abstract

Tingginya permintaan akan jahe seduh siap saji selama masa pandemi yang tidak diiringi dengan jumlah suplai bahan baku jahe yang memadai menjadi tantangan tersendiri bagi UMKM Jahe Merah Sarongge. Belum lagi terputusnya konsinyasi dengan beberapa toko oleh-oleh karena berlakunya pembatasan social berskala besar. Tujuan kegiatan community development ini adalah untuk membantu mitra mencari supplier jahe dengan harga kompetitif dan peningkatan penjualan secara online. Melalui kegiatan ini kami berkesempatan mendampingi mitra untuk mencari supplier alternatif dan beralih pada penjualan sepenuhnya online. Metode yang kami gunakan adalah dengan pendampingan penuh dengan cara live-in di rumah mitra selama 31 hari dan pendampingan lanjutan untuk kepentingan konsultasi secara online selama empat bulan setelan live-in. Hasil dari kegiatan ini adalah didapatkannya supplier jahe merah dengan harga kompetitif dan penerapan beberapa strategi untuk meningkatkan penjualan secara online. Setelah kegiatan pendampingan ini selesai, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mitra untuk secara terus-menerus melakukan terobosan dan inovasi dalam penjualan produk dalam keadaan apapun.

References

Argawan, B., Halim, B., Wijaya, J., Ekaputri, K., Aditia, K. C., Prasetya, N. R., Candra, T., & Yuliati, R. 2019. Pemanfaatan Digital Marketing Channel dalam Upaya Memperluas Pemasaran Produk Jahe Merah Instan Sarongge. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 1(1), 187–203. http://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/299

Arief, G. M., & Millanyani, H. 2015. Pengaruh social media marketing melalui instagram terhadap minat beli konsumen sugar tribe. EProceedings of Management, 2(3). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/1494

Chen, S. C., & Dhillon, G. S. 2003. Interpreting Dimensions of Consumer Trust in E-Commerce. Information Technology and Management, 4(2), 303–318. https://doi.org/10.1023/A:1022962631249

Fithriya, D. N. L. 2020. Capaian Unggahan Konten Akun Instagram Gembira Loka Zoo (Glzoo) Yogyakarta Terhadap Online. Jurnal Sosiologi Reflektif, 15(1), 81–102. https://doi.org/10.14421/jsr.v15i1.1980

Hedynata, M. L., & Radianto, W. E. D. 2016. Strategi promosi dalam meningkatkan Penjualan luscious chocolate potato snack. Strategi Promosi, 1, 1–10. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/108

Keller, K. L. 2009. Choosing brand elements to build brand equity. Strategic Brand Management. 3rd Ed. Delhi: Dorling Kindersley, 187–196. https://www.managementstudyguide.com/choosing-brand-elements-to-build-brand-equity.htm

Ngatirah, N. 2020. Pelatihan Pengemasan Gula Jahe dan Pengembangan Produk Permen Jahe Pada IRT Jahe Instan" Merapi Mantap". Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 39–48. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5129

Putri, S. A. 2019. Desain Kemasan untuk Mendukung Pemasaran Produk Olahan Pangan Kelompok Wanita Tani Kreatif Permata. Charity, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.25124/charity.v2i1.2143

Sadjoli, N., Yuliati, R., Reynaldi, W., Anggraini, S. D., Debian, R., Yedidya, S., & Kenneth, H. 2020. Peningkatan Daya Tarik Produk UMKM Teh Sereh Seungit dengan Kemasan Kekinian. Journal of Dedicators Community, 3(3), 58–72. https://doi.org/10.34001/jdc.v3i3.1022

Yuliani, R., & Widyakanti, W. 2020. Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan dan Label Pada UMKM. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2 SE-Articles), 71–76. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.990

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Hasmoro, A. Y., Dahlia, D., Susanto, E., Suardijaya, I. K. A., Monica, L., Kencana, R., & Yuliati, R. (2021). Geliat Bisnis Jahe Merah Seduh Siap Saji di Masa Pandemi. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 3(1), 39–43. https://doi.org/10.31092/kuat.v3i1.1193

Issue

Section

Articles